The Will To Learn : Deefo



Tidak cukup satu kata untuk menggambarkan DJ berkacamata yang tergabung di manajemen Rumus. Beragam prestasi telah diraihnya, baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Semua yang diraihnya sekarang tidak lepas dari jerih payahnya selama ini.

Adalah DJ Deefo –yang bernama asli Hendika Herdiman– memiliki bakat alami luar biasa. Sebut saja 2nd winner Crossfader DJ Mixing Competitions 2005, 2nd winner Pioneer Pro DJ 2006, 1st winner DJ Quest 2008, 2nd winner DJ Quest Regional Final at Malaysia 2008, Best "Rookie of the year" Paranoia Award 2008 adalah sebagian kecil dari prestasi yang ia punya. Ditambah lagi, ia adalah salah satu pendiri dari Rumus DJ School yang telah melahirkan banyak DJ handal.

Di tengah kesibukannya, ia sempat bercerita kepada Ravelex mengenai pengalaman-pengalamannya di dunia dance scene. Awal sebelum jadi DJ pada April 2005, ia pernah mengikuti kompetisi Remix “Philips Be DJ Mix Master Search” pada 2004 silam. Lalu ia menang dan jadi duta Indonesia untuk berangkat ke Cape Town di South Africa.

“Kalo nggak salah, di sana gue juara 2 dari 5 negara yang ikutan. Kalo nggak salah, ya”, ujar DJ yang mengaku suka banget sama Sasha ini.

Dari kejuaraan itu, akhirnya DJ Deefo jatuh cinta dengan dance scene dan dari situlah ia ingin menjadi seorang DJ. Faktor lainnya, sewaktu masih duduk di bangku sekolah dasar, om dan tantenya juga suka mengoleksi lagu-lagu bergenre house music. Itu juga yang membuat DJ Deefo makin fall in love with dance scene.
Pengalaman ke Cape Town – South Africa itu diakuinya sebagai pengalaman yang paling berkesan, padahal waktu itu ia belum menjadi DJ. Perasaannya ketika itu campur aduk karena itu adalah kali pertamanya ikut kompetisi dengan berbagai negara. Terlebih lagi ketika remix yang dibuat oleh DJ Deefo diputar di club terbesar di Cape Town, Dogside, dan saat itu everybody’s screaming.



Ia sempat tertawa ketika Ravelex bertanya perihal ayahnya yang sering datang ketika awal berkarir sebagai DJ. “Hahaha.. Kok bisa tau kalo bokap gue dateng? Soalnya bokap suka sama dance music dan dulunya juga sama kayak kita, suka pergi ke club sama temen-temennya. Apalagi pas gue mulai menang kompetisi DJ, bokap gue makin support dan itu buat kemajuan/kesuksesan gue sendiri”. Awal nge-DJ, DJ Deefo memainkan music bergenre progressive and tribal karena waktu itu memang jamannya genre seperti itu. Namun, akhir-akhir ini ia lebih cenderung memainkan deep house dan kadang suka menyelipkan cosmic disco and techno.

“Gue ngerasa nyaman dengan genre yang sekarang ini meskipun kata temen-temen kalo pas gue lagi main, nggak sekenceng dulu hehe. Basicly sih gue suka semua genre dance music”, tutur DJ yang sempat bekerja di Juice Magazine ini.

Saat ini, DJ Deefo memiliki sideproject bersama dengan temannya, Juno Adhi, yang tentunya berhubungan dengan dunia DJ. Ia memiliki grup dengan nama “Deefo & Juno” dan sampai saat ini masih produksi kira-kira 5 track. “Beberapa label recording di luar sebenernya udah ada aja yang nawarin buat nge-release track kita, cuma belum kita approve aja. Masih mau discuss dulu”.

Meskipun demikian, tidak tertutup kemungkinan bagi DJ Deefo untuk membuat album ke depannya. Selain produksi lagu, DJ Deefo dan Juno juga main live ketika show. Konsepnya adalah mereka main Ableton live set, 2 laptop Mac, dan midi controller (Akai APC 40 & M Audio Trigger Finger). Juno sesekali main synth dengan MicroKorg XL-nya dan mereka juga memiliki vokalis yang bernama Rudi Silfa.

“Sebelumnya Gowa udah pernah bikin kompilasi album, track-track isinya dari Maliki, gw, Juno, Ade Ferdian, dan Jhudeth. Sebenernya Juno dan Rudi juga punya grup, namanya Candyflip”, kata DJ yang ter-influence sound dari Spirit Catcher, Funk D’Void, Hot Toddy, Lee Foss, Remy Irwan (Abang), Naro, dan Cream.
Ketika ditanya mengenai perkembangan dance scene terutama di Indonesia, ia melihat pertumbuhan yang cukup pesat, khususnya Jakarta. Terbukti dari banyaknya orang dari berbagai kalangan ingin belajar jadi DJ. Mengenai kualitas yang dihasilkan, menurutnya, balik lagi ke personal masing-masing orang yang harus bisa me-manage dirinya supaya bisa menjadi DJ yang bagus dan punya karakter sendiri.

Melihat perkembangan tersebut, ia dan Dudut membuat Rumus DJ School sebagai sarana/wadah untuk yang ingin menjadi DJ. Di Rumus, ia dan Dudut berperan sebagai founder dan juga talent. Awal sebelum Rumus terbentuk, Dudut punya ide untuk membuat sekolah DJ dan akhirnya dinamakan Rumus. Lalu berkembang sampai sekarang hingga terbentuk konsep DJ School yang sekarang berkembang lagi menjadi DJ Shop, Event Organizer, dan DJ Management.

Tidak hanya kolaborasi dengan para DJ, DJ Deefo juga ternyata sempat berkolaborasi dengan guru piano privat bernama Lissa dalam acara konser piano tahunan. DJ Deefo mengakui sulitnya menyatukan musik klasik versi Lissa dengan beat/efx dirinya dan scratching dari Dudut. Latihan yang cukup rumit tidak membuat DJ Deefo patah semangat, namun menjadikan hal itu sebagai pengalaman yang seru.

“Kebetulan waktu itu gue juga dibantu sama Marchel (Adagio) untuk membuat beat-nya. Kalo menurut gue, hal-hal seperti DJ dan kolaborasi dengan sesuatu itu perlu banget. Sebagai seorang DJ kalo bisa jangan stuck hanya sekedar main aja, kalo bisa membuat sesuatu yang berbeda saat tampil”.

Mengenai harapan-harapan ke depannya, DJ Deefo mengaku ingin fokus produksi dan mengurus grup bersama Juno Adhi. Mereka mau mengincar label recording di luar dan ingin go international. “Semua DJ pasti berkeinginan untuk bisa go international, dan alhamdulillah gue waktu itu berkesempatan main di Malaysia. Untuk urusan recording label di luar, kalo bisa sih sampe sign kontrak sebagai artisnya di label mereka hehehe. Amin”.

Dua jempol buat DJ Deefo. Ia mewakili generasi muda yang tekun, kreatif, dan “willing to learn” yang ingin sekali mewujudkan image dari dance music sebagai salah satu industri musik yang bisa berbaur dengan musik-musik lain.


19/02/11, 00:27 by Gober , Viewed 3740 times.

Comments

Please login or register to post comments.
    Pages: [1]

    Write Comment

  • AndrE ClayZ  on 19/02/11, 12:44
    abis kolaborasi sama pianist kali aja besok2 bisa kolaborasi sama choir ya Fooo........ ;)
  • deefoundation  on 19/02/11, 16:19
    abis kolaborasi sama pianist kali aja besok2 bisa kolaborasi sama choir ya Fooo........ ;)
    Hehehe...Amin. Thanks ya ndre :)
  • ^rustyman^  on 19/02/11, 16:44
    uhuuy deefo :)

    canggih awww
  • dirtynumbangelboy  on 19/02/11, 19:42
    Live act nya keren! *bgs*
  • sssiiixxx  on 19/02/11, 19:46
    maju trus deefo  ;)
  • djdimboy  on 19/02/11, 19:47
    maaaanntttaaaappppp  *bgs* *bgs* *bgs* *bgs*
  • wendmyelect  on 19/02/11, 21:01
      8)  C O O L  *bgs*
  • Ricco.Sepet  on 19/02/11, 22:41
    cihuy deefo... mantappp *bgs*
  • DJ Rangga_Electros  on 20/02/11, 01:55
    Deefo emang paling keren + low profile.. blom pernah ni kolab kita..haha
  • zent  on 21/02/11, 03:49
     *tepuktangan* Edian Koe Fooo.. +62818284332
  • Jhone  on 21/02/11, 14:29
    ampun deh om yg satu ini,wuaaajib!
  • RUMUS  on 21/02/11, 17:13
    Yup....Talent kita dari Rumus yang satu ini sudah memberikan banyak konstribusi. Bukan hanya sebagai DJ, deefo juga banyak membantu dalam membuat konsep2 dari event rumus. Dibawah ini adalah linknya dari deefo :

    http://soundcloud.com/deefo

    http://soundcloud.com/deefojuno

    BIG Support from RUMUS  ;)
  • deefoundation  on 22/02/11, 01:24
    A Big Thank You To You All...!!  :)  :)
  • Debon  on 22/02/11, 15:18
    awww awww awwww...
  • egikagi  on 22/02/11, 19:28
    *tepuktangan* *tepuktangan* TIM HORE*tepuktangan* *tepuktangan*

    Orang pertama yang gw liat di embassy jakarta pas juara JUICE 2008.. *bgs* *bgs*
    tetep semangat dalam karier ya brad   ;) ;)
  • gung didit  on 22/02/11, 19:34
    Yup....Talent kita dari Rumus yang satu ini sudah memberikan banyak konstribusi. Bukan hanya sebagai DJ, deefo juga banyak membantu dalam membuat konsep2 dari event rumus. Dibawah ini adalah linknya dari deefo :

    http://soundcloud.com/deefo

    http://soundcloud.com/deefojuno

    BIG Support from RUMUS  ;)


    sukses fo , maju teruuusss ...

     *tepuktangan* *tepuktangan* *tepuktangan* *tepuktangan*
  • dirtynumbangelboy  on 22/02/11, 23:08
    Yup....Talent kita dari Rumus yang satu ini sudah memberikan banyak konstribusi. Bukan hanya sebagai DJ, deefo juga banyak membantu dalam membuat konsep2 dari event rumus. Dibawah ini adalah linknya dari deefo :

    http://soundcloud.com/deefo

    http://soundcloud.com/deefojuno

    BIG Support from RUMUS  ;)


    thx buat link soundcloudnya jooo..
  • bless the child  on 23/02/11, 00:22
    deefo...camik punya
  • LaSoya  on 23/02/11, 11:32
    ihhh mantabss bang deefo...emang oks bgt loe joo...hehehe...
  • EETZ_Feelz  on 23/02/11, 16:39
    deefo juaraaa dah... *bgs* *bgs*
  • wedhus  on 25/02/11, 22:12
    ciie bejo...

    dulu waktu pertama kali ketemu bejo (deefo) gw pikir guru matematika

    emang bener bgt tuh kalo bokapnya deefo sering ikutan kita kita, malah suka beliin es kopi buat gue ;D 8)

    there is a will there is a way
    watch you all the time jo... *bgs* *bgs*

  • Ijash  on 26/02/11, 14:56
    top lah deefo!!
  • mukemen  on 28/02/11, 01:47
    mantap.... sukses terus yah boy.. salam buat bokap... jgn sering ngupil hehehe...
  • boogiepimp12  on 03/03/11, 20:23
    aduuuh Kak Hendi dj favorit guee.. keseringan menang sampe lupa juara brp. Kak Hendi jangan sering2 lupa ya kak