LA Indie Remix 2010 Winner : Deadmono



Deadmono, siapakah mereka? Bagi yang belum familiar dengan nama mereka mungkin akan bertanya tanya. Deadmono adalah duo asal kota Bandung yang terdiri dari Rama Rival dan Dimas Adista. Mereka bertemu di sebuah studio dj di bandung dan saat pertemuan itu tercetuslah ide untuk membuat grup live pa yang main secara decks and effects untuk bisa menciptakan sesuatu yang baru. Kata Deadmono sendiri berarti "switching off the mono to stereo".

Deamono adalah salah satu pemenang dari kompetisi LA Lights Indie Remix 2010, mereka sukses meremix lagu Demon by Coffee Reggae Stone. Berikut mereka menjawab beberapa pertanyaan yang kami kirim :

RVLX : Coba ceritakan kenapa lo tertarik ikutan LA Lights Indie Remix? Udah berapa kali ikut LA Lights Indie Remix?

Jwb : menurut kita apapun kesempatan yang ada harus kita coba semaksimal mungkin, apa lagi LAindieremix ngasi tantangan bwt ngeremix lagu dari band indie lokal, itu bikin  kita lebih semangat bwt nunjukin bahwa musik lokal itu berkualitas. Kebetulan kita baru kali ini ikut event indieremix.

RVLX : Udah Berapa lama lo produksi musik EDM? Coba deskripsikan musik yang biasa lo bikin?

Jwb : Untuk pembelajaran sendiri kita udah lumayan lama. Tapi kita mulai coba2 produksi EDM bareng baru tahun 2010 ini, awalnya dari explore masing-masing, makanya musik deadmono pun range nya luas, karena influence dari berbagai genre, dan kita berdua pun influence musiknya beda-beda, gak mau ngebatesin diri di genre tertentu, karena menurut kita, semakin banyak kita mencoba, semakin bnyk pula ilmu yg kita dapat.  Jd mungkin aja suatu saat deadmono bikin track yg berbau drum n bass , trip hop atau tiba2 kaya apparat atau bahkan celldweller,.Tapi kalau ada kesempatan perform di club mungkin kita lebih prefer memainkan house, tech house, atau electro.

RVLX : Sebutkan 3 musisi yang menjadi inspirasi buat lo & kenapa?

Jwb: 1st. is IMOGEN HEAP!! karena dia musisi multitalented yang nggak pernah ngebatesin dirinya dalam berkarya dan selalu bisa ngikutin teknologi / mengaplikasikan teknologi di musiknya dgn efektif dan bisa bikin stage perform yg kreatif, but the best things is she's a women, big thumbs up for her!!.
2nd. Telefon tel aviv, karena mereka punya beat-beat jenius yang masi bisa dinikmatin dan punya detail mixing yang bagus banget
3rd.laidback luke karena kita suka karya2 dia


RVLX : Kalau produksi musik, biasanya pakai apa aja? Coba jelaskan perlengkapan perang lo?

Jwb : kita produksi basicnya pake ableton live + reason dengan bantuan berbagai macem plug in. Tapi itu semua sesuai kebutuhan karena kadang inspirasi keluar berawal dari sound dulu, mungkin pas ngulik2 synth dari thor kita tiba2 dapet inspirasi, ya kita akan lebih banyak pake reason di track itu,atau dapet inspirasi pas ngacak2 operator/simpler bisa jadi track itu isinya pure ableton semua,kalau bwt kita sama kayak perang,makin banyak amunisi makin bagus,makin byk pilihan. untuk proses mixing biasanya kita pakai nuendo/protools karena banyak fitur yg lebih memudahkan untuk mixing.

RVLX : Apakah lo bisa main alat musik lain? Kalau iya coba jabarkan, apakah skill musik lo membantu lo sebagai produser elektronik?

Jwb : kebetulan masing2 dari kita basicnya "ngeband" jadi kita bisa drum, bass, keyboard, gitar (bisa bkn berarti jago, tapi bisa memainkan saja,hehee) dan itu ngebantu bgt di proses pembuatan musik elektronik seperti hitungan dlm drum ngebantu kita bikin beat dan penempatan fill in yg tepat dan kita pun pake midi controller yg basicnya keyboard jadi sangat membantu bgt.

RVLX : Untuk LA Lights Indie Remix 2010, berapa lama waktu yang lo butuhin untuk bikin remix kemenangan lo ini? Dan apa inspirasi yang terlintas saat bikin remix itu?

Jwb : kira2 prosesnya dasarnya 3 hari beres, yang bikin lama tuh karena nggak puas dengan sound/beat, jadi ditambah sana sini alhasil seminggu :D , kalo untuk inspirasinya sih macem-macem, pokonya kita pgn bikin lagunya CRS yang aslinya groovy bgt bisa dijadiin track tech house yg bisa dibawain di club manapun tanpa ngilangin flow notasi yg udah enak dari CRS, jd klo someday di bawakan Live, instrumen originalnya masi bisa kita aplikasikan.

RVLX : Apakah lo percaya bahwa musik dari remix bisa lebih sukses dari musik aslinya?

Jwb : percaya, karena ngmongin lagu kan basicnya komposisi, nah kalo ternyata lagu remix-an nya punya adonan komposisi yg lebih bagus, lagu itu akan bisa lbh sukses,padahal meskipun cuma ditambahkan beberapa instrument. Tapi ya who knows kalo ternyata si original dan remix sama-sama sukses.

RVLX : Bagaimana pendapat lo tentang perkembangan musik indonesia saat ini?

Jwb : musik indonesia keseluruhan saat ini lagi labil banget dari mulai media sama penikmat musiknya,kadang sampai nggak mikirin aspek kualitas. Tapi masi byk juga band2/produser yg masi mempertahankan kualitas dan berusaha membuat karya yg terbaik, kami salut dan support bwt orang-orang industri musik yg selalu berusaha menyuguhkan yg terbaik dalam setiap karyanya.

RVLX : Kira kira dalam waktu 5 tahun kedepan lo pengen ngapain? Apakah musik akan menjadi jalan hidup lo ataukah lo akan memilih profesi yang lebih menjanjikan?

Jwb : Mudah-mudahan kita bakal tetap bisa berkarya, dan yg pasti pengen sukses, terutama sukses di dunia international (amiinn....) Cita2 kita sih setinggi langit, tapi ya kalau memang rejekinya bisa hidup dari musik kenapa nggak? Karena suatu saat, hal yg kita jalani dengan sungguh2 akan jadi pekerjaan yg paling menyenangkan!!

RVLX : ada pesan yang mau disampaikan ke para produser lokal kita gak? terutama calon produser yang mungkin mau ikutan LA Lights Indieremix tahun depan?

Jwb : Harus bangga sama karya sendiri jangan pernah malu, dan harus selalu terima saran + kritik, karena itu bakal jadi motifasi kita untuk mencapai sebuah keberhasilan. Pokoknya mau seperti apapun karyanya itu sudah menunjukkan klo kita semua memiliki bakat. Jgn takut bwt mencoba, karena semua kesuksesan dimulai dari hal yg kecil. Dan yg nggak boleh ketinggalan sih banyak-banyak berdoa + bersyukur,hehee.

ila_rendered


01/09/10, 18:08 by Gober , Viewed 870 times.

Comments

Please login or register to post comments.
    Pages: [1]

    Write Comment

  • RAMARIVAL  on 01/09/10, 20:33
    wow... udah di post, thx paman  ;)
  • muldi  on 20/09/10, 23:39
    mo ngucapin congrat aja deh  *bgs* *piss*
  • RAMARIVAL  on 21/09/10, 02:53
    Thx sob :)