Review : AIAIAI TMA-1 DJ Headphone



AIAIAI adalah sebuah audio design company bermarkas di Copenhagen, Denmark  yang memproduksi perangkat audio kualitas tinggi dengan design minimalis. Produk mereka antara lain adalah headphone, earphone dan laptop stand. Walau baru seumur jagung, produk mereka cukup dikenal di dunia DJ. So far mereka baru merilis beberapa tipe headphone berjenis on-ear yaitu TMA-1 Studio Headphone dan TMA-1 DJ Headphone. Kali ini kita berkesempatan untuk ngereview TMA-1 DJ, headphone yang adalah hasil kolaborasi dari 25 profesional dan DJ top seperti James Murphy (LCD Soundsystem), A-Trak, Seth Troxler, Erol Alkan, MSTRKRFT, Bookashade, Boyz Noize, Tiga dan masih banyak lagi.

Nama TMA-1 diambil dari film science fiction legendaris dari Stanley Kubrick yaitu “2001 : A Space Odyssey”. TMA-1  atau Tycho Magnetic Anomaly-1 adalah nama dari sebuah fenomena magnetik yang terjadi di Kawah Tycho yang berada di permukaan bulan. Fenomena magnetik itu disebabkan oleh sebuah monolit hitam yang terkubur didasar kawah. And so on, and so on... Sounds Cool aight? Apakah Headphone ini sekeren namanya? Let’s see...

UNBOXING

Box headphone yang kita terima lumayan besar, saat kita buka langsung nemuin unit headphone berwarna matte black yang diapit foam yang mirip dengan soundproof studio. Dibelakang headphonenya kita nemuin sebuah headphone bag dari kain, 1 buah coil cable + converter, sepasang earpad tambahan dan buku manual. No hidden gem, what you see is what you get.

Kabel yang menyertai headphone ini berjenis coil cable sepanjang 1.5 meter, cukup banget untuk manuver diatas panggung. Kabel berlapis karet ini cukup ringan, dan panjangnya cukup memadai  kalo nggak ditarik. Jack kabelnya bersudut 90 derajat dilengkapi dengan converter lapis emas. AIAIAI juga menyediakan paket dengan kabel handsfree tambahan. Kabel handsfree ini memiliki 3 tombol yang kompatibel dengan Iphone, bisa dibeli secara bundle atau terpisah.

Didalam bookletnya kita bisa baca instruksi pemakaian dalam beberapa bahasa plus informasi garansi. Headphone ini bergaransi distributor selama 1 tahun.

ila_rendered

DESIGN

Berasal dari negara Skandinavia yang terkenal dengan design minimalis tapi fungsional, AIAIAI mendesain berdasarkan filosofi KISS (Keep It Simple Stupid!). Buat penggemar desain minimalis, pasti demen banget dengan style headphone ini. It’s pretty well builded, dibuat dengan materi plastik kokoh yang dibalut dengan finishing karet antislip.

ila_rendered

Kalau diliat dari luar, kita nggak bakal nemuin tulisan apapun. Satu satunya logo yang kita bisa temuin adalah logo AIAIAI yang ter-embos dibagian dalam headbandnya. Headbandnya sendiri terbuat dari plastik keras dengan beberapa lubang diujungnya. Ujung berlubang yang menjadi ciri khas dari headphone ini  yang bisa digunakan untuk menyesuaikan panjang atau pendek earcupnya. Saat earcup disetel, kita akan mendengar suara klik yang menguncinya diposisi yang kita mau. Dibagian dalam headbandnya dibalut dengan karet tebal untuk kenyamanan saat dipakai.

ila_rendered
ila_rendered
ila_rendered

Sepasang earcupnya dimotori dengan speaker 40mm Titanium High Performance Driver yang katanya dapat memproduksi suara maksimal. Kabel headphone bisa kita colokin di earcup kiri yang dilengkapi dengan Cable Lock yang memastikan kabel kita tidak copot saat dipakai. Untuk kenyamanan, mereka memberikan 2 pasang earpad dengan materi berbeda. Yang terpasang di headphonenya adalah earpad kulit dan sebagai cadangan memakai materi sintetis. Earpad ini bisa dengan mudah dibongkar pasang, sehingga kita bisa mengganti earpad ini sesuai dengan selera kita.

ila_rendered
ila_rendered

AIAIAI tidak menyediakan warna lain selain hitam seperti unit demo yang kita terima tapi di websitenya mereka menyediakan beberapa variasi warna kabel yaitu kuning (Fool’s Gold) dan hijau (Beatport).

USAGE & DURABILITY

Memakai bahan plastik disekujur body-nya, headphone ini relatif ringan dengan bobot hanya 190gram. Dengan bobot yang ringan, mengenakan headphone ini dikepala seperti tidak berasa, dan kita bisa pakai juga untuk aktifitas outdoor lain selain nge-DJ. Tapi sayangnya headphone ini tidak bisa ditekuk, jadi kalau dibawa kemana mana agak besar.

Walau dibuat dengan plastik, headphone ini cukup kokoh saat dipegang. Headband elastisnya tidak patah saat kita puntir dan bisa kembali ke bentuk semula. Headband ini tidak terlalu keras mengapit kepala kita, dan sayangnya tidak bisa diadjust kekerasannya, mungkin untuk pemakai yang kepalanya relatif kecil akan merasakan headphone ini kurang pas dikepala. Satu satunya hal yang bisa dilakukan untuk mengobati ini adalah dengan menyesuaikan posisi speakernya.

Sesuai dengan tipe On-Ear, headphone ini menyandar ke telinga kita, bukan menutupi.  2 pasang earpad yang dibundle bisa kita ganti dengan mudah, apabila tidak cocok dengan earpad kulit, kita bisa ganti dengan earpad sintetis. Earcupnya sendiri tidak dalam posisi tetap (fixed),  bisa kita arahkan (swivel)  sehingga tetap mengarah ke kepala.

ila_rendered

Untuk memasang kabel headphone, sayangnya cuman diberikan 1 slot yaitu disebelah kiri. Untungnya kebanyakan mixer, seperti DJM 800, mempunyai jack headphone disebelah kiri. Untuk beberapa orang yang pengen kabel ada disebelah kanan harus membalik headphone ini yang berarti mengganti suara kanan ke kiri.
Lapisan karet antislipnya dapat kotor dengan mudah yang untungnya bisa dibersihkan cukup dengan kain. Konstruksi plastik keras yang dimiliki headphone ini cukup durable dan high quality.

ila_rendered

SOUND QUALITY

As far as sound goes, headphone minimalis ini punya suara yang memadai untuk disejajarkan dengan deretan headphone kelas atas. Spektrum suaranya cukup balance dan jernih. High dan mid cukup baik dan bassnya bulat. Desainnya mungkin minimalis tapi kualitas suaranya cukup baik. Kita bisa mendengar dengan baik suara dari low sampai high dengan perpindahan yang mulus. Bahkan saat kita naikkan gain sampai 150%, headphone ini masih bisa mengeluarkan suara bulat, tanpa distorsi.

Earpadnya yang kecil ternyata lumayan mumpuni untuk menahan suara dari luar masuk kedalam speaker sehingga tidak merusak kualitas suara yang kita dengar, walau tidak sebaik headphone dengan earcup yang lebih lebar, tapi bisa dibilang cukup ok. Untuk menambah isolasi suara dari luar bisa mengganti dengan earpad sintetis.

CONCLUSION

Buat yang fanatik dengan headphone minimalis, TMA-1 bisa dijadikan pilihan utama. Filosofi minimalnya bisa terlihat di sekujur body-nya yang juga menyimpan fungsionalitas yang cukup menarik, kita menyukai mekanisme setelan earcupnya yang juga menjadi bagian dari ciri khas dari tampilan headphone ini dan earpadnya yang mudah diganti sendiri oleh pemiliknya. Dan yang paling penting, Headphone dengan tampilan sederhana ini mempunyai kualitas suara yang baik.

WHAT WE LIKE
-   Desain minimalis yang keren.
-   2 pasang earpad yang mudah diganti.
-   High Quality antislip plastic material.
-   Kabel berkualitas dengan lock.
-   Kualitas suara yang baik.

WHAT’S MISSING
-   Headphone Jack hanya ada di satu speaker.
-   Ukuran Cup relatif kecil.

Recommended (4/5)

Harga : 200 USD (tanpa mic), 220 USD (dengan mic)

Official website : http://www.aiaiai.dk
Distributor Indonesia : Chandracom (+62 21 45876258, 45876259)




02/11/13, 17:11 by Gober , Viewed 767 times.

Comments

Please login or register to post comments.