Review : V-MODA Crossfader M-100 Headphone


 
V-MODA adalah pemain yang relatif baru di dunia Headphone, biasanya mereka memproduksi headphone untuk komunitas audiophile, tapi 2 tahun ini memberanikan diri untuk terjun ke dunia DJ. Mereka sempat mengeluarkan 2 seri headphone DJ yaitu Crossfader LP2 untuk mid class dan M-80 untuk kelas tertinggi. Headphone yang menjadi flagship mereka tahun ini adalah Crossfader M-100, headphone yang dibuat dengan proses crowdsourcing pertama di dunia. Crowdsourcing mereka lakukan dengan mengumpulkan saran dan masukan dari banyak pihak dengan cara hunting komentar di forum-forum DJ, musisi profesional, dan social media. Headphone ini menurut mereka dibuat oleh DJ untuk DJ. Hasil dari proses unik ini bisa dicek di review dibawah ini...

UNBOXING

Saat membuka boxnya, kita langsung bisa lihat tas headphone yang mungil, didalamnya kita bisa nemuin unit headphonenya, 2 kabel dan sebuah jack converter lapis emas. Tas headphonenya lumayan ringkas, besarnya satu setengah kepalan tangan dilengkapi dengan karabiner agar bisa dicantolkan di pinggang maupun tas.

Pengaturan ruang dari tas ini cukup efektif, sehingga bisa bawa kabel lengkap dengan headphonenya tanpa memakan tempat. Selain diatas, kita juga nemuin sebuah leaflet informasi dan kartu garansi. Headphone ini dijamin dengan garansi selama 2 tahun. 

Soal keaslian produk bisa dicek dengan cara menscan QR code yang ada di bungkusnya, nanti kita akan dibawa ke sebuah halaman web yang menunjukkan berapa kali nomer seri headphone ini di scan. Apabila barangnya telah di scan berkali kali, kemungkinan barang tidak otentik  atau bekas display. Proteksi ini tentunya menambah rasa aman mengingat sudah rahasia umum produk populer selalu diikuti dengan beredarnya produk tiruan. Pastikan beli produk ini di authorized dealer dan jangan lupa scan nomer serinya.

ila_rendered
ila_rendered
 
KABEL

Kabel yang berwarna hitam dengan bahan seperti tali sepatu dibagian luar dan didalamnya dilapis dengan Kevlar untuk memperkuat sekaligus mengisolasi agar tidak terjadi gangguan transmisi suara. Kabel sepanjang kurang lebih 1.5 meter ini cukup panjang untuk kebutuhan diatas dj booth, tapi mungkin untuk beberapa orang akan memilih coil cable.

Seperti kebanyakan headphone profesional, kabelnya tidak tersambung dengan speakernya, jadi kita bisa memakai kabel apapun yang sesuai dengan selera kita. Kabel ini unik karena ujungnya menekuk 45 derajat, yang menurut mereka lebih baik dibanding 90 derajat atau tegak lurus karena akan mengurangi stress pada ujung kabel, sehingga relatif tahan lama.

Kabel hitam ini punya fungsi yang menarik yaitu Shareplay. Awalnya kita sempat bingung kenapa diujung kabel bercabang jack female. Ternyata gunanya sebagai splitter 2 jalur. Hal ini bisa dimanfaatkan saat sedang back to back, atau main bersamaan. Selama ini saat main berdua, hanya DJ yang aktif yang mencolokkan headphone (atau tukeran), dengan sistim ini tidak perlu lagi. It’s  simple solution, tapi hebatnya mereka bisa mikirin sedetil itu sehingga kita gak perlu repot bawa splitter.

Kabel kedua berwarna oranye, panjangnya 1/3 kali lebih pendek. Kabel yang diberi nama speakeasy ini punya mic dan tombol remote, sehingga bisa dipakai untuk handsfree. Remotenya sendiri mendukung hampir semua smartphone yang ada saat ini, sayangnya tombolnya hanya satu yang berfungsi untuk stop / play, tapi kita bisa membeli aksesoris tambahan untuk fungsi 3 tombol (play/pause & volume).

ila_rendered
 
DESIGN

Inspired in Italy, Styled in Hollywood. Saat memegang headphone ini pertama kali terlihat beda dari headphone yang lain. Desainnya sangat sexy bagaikan sebuah mobil sport italia tapi kokoh bagai pesawat jet tempur. Warnanya yang hitam dimeriahkan aksen V disetiap ujungnya dari design plat pelindung sampai detil skrup mininya.

Bentuk speakernya sendiri tidak mengikuti pakem biasa yang membulat dengan mengambil bentuk hexagonal yang konsisten sampai ke lubang kabel. Dengan ini sepertinya V-MODA ingin menunjukkan bahwa headphone ini setangguh tank. Headphone ini cocok banget buat yang lagi nyari style yang berbeda.

Kebanyakan headphone DJ yang ada dipasaran menggunakan bahan plastik, hal ini bukannya tanpa alasan, plastik dipakai agar berat dari headphone bisa dikurangi, dan tentunya untuk mengurangi cost. V-MODA adalah salah satu produsen headphone yang mencoba untuk memakai plastik seminimal mungkin. Saat memegang M-100, kita bisa merasakan kekokohan body-nya dari bahan metal yang dimilikinya. Dengan penggunaan materi metal juga membuat headphone ini terlihat premium.
 
ila_rendered
ila_rendered

Tangkai headphone ini dibuat dengan kabel metal yang dilapisi dengan bahan kulit imitasi kualitas tinggi. Kabel metal ini surprisingly  tidak kaku dan keras, bahkan cukup lentur saat kita coba untuk membengkokkannya. V-MODA menjamin ketahanan headband ini sampai 1 juta kali putaran. Kelenturan tungkai metal ini juga berarti kita bisa menyesuaikan bentuk headphone ini agar menyesuaikan dengan kepala kita.  Tangkai headphonenya juga bisa disesuaikan panjang pendeknya.

Sepasang speakernya dipegang dengan tangkai metal berbentuk V. Untuk mobilitas tinggi, headphone ini bisa ditekuk kedalam dengan mekanisme “Cliqfold” yang berbekal engsel besi  kuat yang menjamin durability produk ini. Kemampuannya untuk ditekuk kedalam adalah yang membedakan seri headphone ini dengan pendahulunya yaitu LP2 dan M-80, sehingga ukurannya bisa menciut dan menghemat tempat.

Satu hal yang kita tidak temukan di headphone ini adalah kemampuan untuk diputar kesamping. Untungnya headbandnya cukup elastis sehingga bisa menyesuaikan kearah yang kita mau.

ila_rendered
ila_rendered
 
Untuk body speakernya menggunakan frame plastik dengan penutup samping metal dan bahan semi kulit yang membalut memory foam untuk earcupnya. Ukuran earcupnya walaupun lebih besar dari pendahulunya, relatif kecil untuk ukuran headphone DJ sekelas. Tapi untungnya saat dipakai tidak terasa sesak, karena dibantu dengan memory foam empuk yang bakal nyesuain dengan bentuk telinga kita.
 
Sepasang speakernya masing-masing mempunyai jack port. Kita bisa menyambungkan kabel headphonenya ke speaker kanan atau kiri. Dan fungsinya tidak selesai sampai disitu. Port headphone nganggur ini juga bisa disambungkan lagi ke headphone lain. Jadi dengan memakai kabel Shareplay, 3 headphone bisa mendengarkan source yang sama. Audio threesome...

Audio port dimasing masing headphone tidak dilengkapi locking system, jadi kabel bisa tercabut begitu saja, tanpa ada yang menahan. Hal ini ada bagusnya dan ada jeleknya, disaat headphone ini ditarik tidak sengaja, misalnya kita tiba tiba terpeleset, kemungkinan headphone di kepala tidak tertarik atau menarik benda yang tersambung, misalnya mixer. Disisi lain, tidak adanya sistem lock ini mungkin bisa bikin kabel yang lebih berat (coil cable misalnya) gampang copot.

ila_rendered
ila_rendered
 
Headphone ini tersedia dalam 3 jenis warna dasar, yaitu Matte Black (seperti unit test), White Silver dan Shadow yang adalah perpaduan hitam dengan aksen mengkilat.

Kita bisa membuat variasi warna dengan mengganti plat speaker (Shield) dan aksen tangkainya. Ada 13 warna plat yang bisa kita pilih di websitenya, dan kita bisa bikin lebih eksklusif lagi dengan mengukir logo kita di plat itu dengan memesan custom shield engraving yang akan dibuatkan langsung di markas V-MODA.

Custom shield ini bisa dipesan dengan menghubungi distributor lokal di masing masing negara, dengan biaya pasang dan ongkos kirim tentunya. Sudah banyak DJ Internasional yang memanfaatkan media ini untuk show off DJ Logo mereka, beberapanya adalah Avicii, Mobi, Paul Oakenfold, Hardwell, Nervo, Moguai, Deadmau5 dan masih banyak lagi.

ila_rendered
ila_rendered
 
USAGE & DURABILITY

Dengan bobot 280 gram headphone ini bisa dibilang terberat di kelasnya, apalagi dibandingkan dengan Sennheiser HD25 yang punya berat setengahnya. Untungnya headphone ini masih cukup  nyaman dipakai untuk durasi lama, berkat konstruksi headband elastis yang bisa menyesuaikan bentuk kepala, dan kabel kevlarnya yang ringan.

Tungkai metalnya bisa disesuaikan kekerasannya, sehingga bisa ngepas dengan kepala, tanpa terlalu menjepit. Kita coba headbang dan goyangkan kiri kanan, tapi headphonenya berhasil nempel terus dikepala kita.

Durabilitas produk ini sangat mengagumkan, kita coba putir headbandnya beberapa kali, bahkan kita luruskan kayak penggaris, tidak patah dan kembali ke bentuk awal. Sebuah hal yang kita gak berani lakukan di headphone plastik. Konstruksi solid itu juga yang membuat V-MODA berani menantang kita menjatuhkan headphone dari ketinggian 1.5 meter, sayangnya kita belum berani, tapi kita yakin headphone ini nggak bakal pecah dalam sekali jatuh.

Bak kucing yang mempunyai 9 nyawa, headphone ini tahan jatuh sebanyak 70 kali, sesuai yang tertulis di boxnya.  Kalaupun rusak, V-MODA memberikan jaminan lifetime yang bernama keren “Immortal Life”,  pemilik headphone V-MODA dapat membeli lagi headphone pengganti yang sama dengan discount 50%, diluar masa garansi 2 tahun tentunya. Sayangnya lifetime warranty ini tidak berlaku di Indonesia.

ila_rendered
ila_rendered

SOUND QUALITY

Bentuk yang keren dan segudang fasilitas gak berarti kalau suaranya tumpul. V-MODA menyadari bahwa di industri ini, kualitas suara adalah pilihan utama. Maka dari itu mereka benar-benar memikirkan departemen ini.

Headphone ini dipersenjatai dengan speaker 50mm yang mereka patenkan dengan merek dagang “Dual Diagphram Driver” yang memproduksi suara yang fantastis. Suara yang dihasilkan oleh speakernya memposisikan headphone ini di papan atas headphone DJ (bahkan Audiophile).

High dan midnya cukup jernih dan bass yang dihasilkan sangat bulat dan warm. Transisi dari low tone ke mid juga sangat halus. Speakernya mendukung frekuensi 5mhz s/d 30khz, saat kita tes frekuensi rendah 20hz bisa dikeluarkan dengan baik sampai dititik kuping tester tidak bisa dengar lagi, yaitu sekitar 18khz. Saat mendengar musik dengan volume 100%, terasa kuping bergetar dengan bassnya yang dalam, tapi masih sanggup mempertahankan soliditas suara yang dihasilkan tanpa distorsi. Kita coba memutar beberapa lagu dengan karakteristik suara berbeda seperti House, Trance sampai Dubstep dan suara yang dikeluarkan bisa dibilang sempurna.

Walaupun headphone ini ditargetkan untuk DJ, tapi kualitas suaranya sekelas studio monitor headphone. Speaker dari M-100 ini adalah penyempurnaan dari headphone sebelumnya yaitu M-80 yang banyak diakui sebagai salah satu headphone audiophile yang baik. FYI, speaker M-80 sama sama memakai Dual Diagphram, tapi ukurannya hanya 40mm.

Headphone ini bukan headphone dengan fasilitas noise canceling aktif. Headphone noise canceling membutuhkan sumber daya tambahan (baterai) yang bakal menambah berat, dan terkadang headphone dengan fasilitas ini cenderung mengorbankan kualitas suara. V-MODA menggantikan fungsi ini dengan Noise Isolating, dengan paduan earcup lembut dan headband yang fit di kepala, mereka bilang bisa sanggup mengurangi suara dari luar masuk ke dalam headphone.

Hal ini sayangnya tidak kita rasakan, suara keyboard saat mengetik review ini masih kita dengar. Sepertinya headphone ini kurang cocok untuk orang yang mengharapkan bisa meredam suara bising saat di kabin pesawat. Namun Noise isolation ini mampu meredam suara keluar dengan baik. Di volume 80% suara musik tidak mengganggu orang disebelah kita. Headphone cukup hemat daya dan sanggup memproduksi suara yang maximal walau hanya ditancapkan di gadget seperti smartphone.
 
CONCLUSION

Setelah sukses dengan seri Crossfader LP2 dan M80, V-MODA berhasil menyodorkan headphone DJ yang lebih berkualitas. Kesuksesan ini berbekal dari kemauan mereka mendengarkan input dari banyak pihak, sesuatu yang jarang kita temui di industri elektronik, dimana terkadang konsumenlah yang didikte. Banyak award dan rekomendasi yang mereka dapatkan salah satunya adalah predikat Headphone of the year dari DJ MAG Tech Award 2013.

Setelah mencoba produk ini, kita mendapatkan lebih banyak hal yang kita suka. Semua yang dibutuhkan DJ sepertinya bisa diakomodir dengan baik. Dari hal penting seperti konstruksi dan kualitas suara sampai ke detil kecil seperti kabel benar benar dipikirkan dengan baik demi memanjakan konsumen.

V-MODA mengerti bahwa headphone juga bisa dimanfaatkan sebagai fashion statement. Mereka mendesain headphone yang lain dari yang lain dengan tampilan semi-militer yang sexy dan fashionable. Tambahan Shield Engraving adalah langkah yang sangat inovatif yang dapat membuat tiap unit produk ini makin personal dan  eksklusif.

Headphone ini tidak hanya enak dilihat tapi juga dapat menghasilkan suara yang mengagumkan dalam kemasan yang minimal. Superior DJ Headphone, Eargasmly Recommended!

WHAT WE LIKE
- Konstruksi metal solid, durabilitas tinggi, tanpa bentuk yang bulky.
- Attention to detail, mini in size dengan fungsi maximal.
- Kabel kevlar yg kuat dan ringan dengan SharePlay dan Speakeasy.
- Engsel Cliqfold dengan Tas headphone yang kompak.
- Kualitas suara superior.
- Sangat nyaman dipakai.
- Plat speaker (shield) ekskusif yang bisa di customize.

WHAT’S MISSING
- Speaker tidak bisa diputar (swivel).
- Ukuran Cup relatif kecil.
- Audio Jack tanpa Cable Lock.

Highly Recommended (4.5/5)

<a href="http://www.youtube.com/watch?v=m0C6s1hQD58" target="_blank" class="aeva_link bbc_link new_win">http://www.youtube.com/watch?v=m0C6s1hQD58</a>


Harga : Rp. 3.799.000,00

Distributor Indonesia : PT Semesta Mitra Sejati (www.semitse.com)
Facebook Indonesia : facebook.com/VMODAIndonesia

Produk ini bisa didapatkan di:
Infinite: Grand Indonesia, Pacific Place, Senayan City, Pondok Indah Mal 2, Mal Kelapa Gading V
iBox: Plaza Indonesia, Kota Kasablanka, Mal Kelapa Gading III, Senayan City, Gandaria City, Pondok Indah Mal 1.
eStore: Plaza Senayan, Pondok Indah Mal 2
online: DinoMarket.com, Kantong-kresek.com, headphoniastore.com, dontblameyourears.com, toloalatdj.com, dsxdj.com


23/09/13, 17:45 by Gober , Viewed 1934 times.

Comments

Please login or register to post comments.
    Pages: [1]

    Write Comment

  • Gober  on 14/11/13, 13:30
    V-MODA Headphone Giveaway!
     
    1.  Like V-MODA Indonesia Facebook fanpage

    ATAU

    2.  Follow @VMODAIndonesia dan @LEVEL_II Twitter (LEVEL II adalah tempat dari acara Press Conference)

    3.  Jawab pertanyaan berikut di Facebook atau Twitter V-MODA Indonesia sebelum 20 November 2013 23.59 WIB

    I.  Sebutkan 2013 DJ Mag Headphone of the Year.
    II.  Headphone V-MODA dipakai oleh?
    a. AVICII
    b.Hardwell
    c. Morgan Page
    d.W&W
    e.Semuanya
  • djdhemitz  on 24/12/13, 15:52
    gan artikel ini seumpama ane tulis ulang (edit dikit2) di blog ane boleh gak? dengan ane sertakan sumbernya dari sini :) ... thanks