USB Disk is DJ's New Best Friend



Masih ingatkah beberapa tahun lalu kita bisa mengidentifikasikan seorang DJ dengan mudahnya kalau pergi ke Club? Cari saja orang yang bawa bawa tas kedalam (mungkin bisa dibawakan asistennya). Tas trolley atau jinjing berbentuk kotak adalah hal yang biasa diliat. Beratnya kira kira 5 sampai 10 kilogram, seorang DJ harus menggotong gotong itu sebelum main. Ritual sebelum main vinyl adalah melakukan sorting track yang ingin dimainin, lagu dicari satu satu, lalu diletakkan secara diagonal sehingga mencuat keluar dari dj bag biar gampang ngambilnya saat main nanti. DJ yang sibuk bolak balik ngubek ngubek tasnya bisa jadi pelengkap aktivitas di atas booth. Hal ini bertahan cukup lama dari awal kultur ini ada sampai di awal tahun 2000.



Saat CD sudah mulai dikenal, trend ini berubah dengan cukup membawa CD Sleeve yang lebih ringan. Koleksi yang kita bawa tinggal dijinjing dan dengan mudah digelar pas lagi main. Kalau main CD ritual yang biasa dilakukan adalah ngeburn satu satu koleksi lagu yang baru didownload dari internet, lalu mengkategorikan lagu lagu itu berdasarkan genre, tempo dan elemen musiknya. Cara ini masih belum sempurna, karena media CD masih banyak dikeluhkan karena sangat rentan terhadap kerusakan misalnya baret dan pecah. Memutar lagu yang tersendat sendat bisa menjadi momen yang memalukan.



Setelah teknologi berkembang ke digital, vinyl dan cd  ditinggalkan, diganti dengan laptop. Tapi hal ini kadang bisa jadi lebih merepotkan, seorang dj belum terbebas dari kesibukan yang harus dilakukan sebelum main yaitu mensetup alat alat sebelumnya yang lumayan bikin pusing kepala. Selain laptop, seorang dj harus membawa alat lain seperti midi controller atau soundcard. Bisa jadi peralatan tempur yang harus dibawa jadi lebih berat. Walau kelihatan canggih, belum jadi solusi terbaik untuk membawa musik dari rumah ke dalam club.



Waktu bergulir dan teknologi terus berganti untuk mempermudah hidup kita. Lambat tapi pasti hal hal diatas akan menjadi nostalgia. Dimasa mendatang seorang di bisa nge-blend dengan pengunjung club lain, masuk tanpa bawa apa apa, tiba tiba udah nongol diatas panggung mainin lagunya dengan hanya bermodal sebuah sebuah stik berukuran tak lebih dari korek api gas yang bisa memuat ribuan lagu koleksinya. Sangat praktis, bisa dibawa kemana mana, tanpa ada masalah standart seperti lagu skip, rusak, bahkan hilang, karena kalau itu terjadi tinggal kopi saja dari komputer dirumah. Lagipula tidak ada salahnya membawa beberapa USB buat jaga jaga kalau terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Tinggal colok, langsung main.

Trend baru ini terjadi saat venue-venue yang mulai mengupdate pemutar lagunya yang lebih USB Friendly misalnya CDJ 900 dan CDJ 2000. DJ Top seperti David Guetta, Timo Maas dan Junior Vasques adalah beberapa orang yang sudah mengikuti trend ini.



"Before, I used to come to clubs with vinyls [sic], tonnes of vinyls. My back was hurting [carrying them], it was terrible, Then I moved to playing CDs. Now this is what I use at my shows, I have all my music on this – 32 gigabytes" kata David Guetta dalam sebuah interview.



Timo Maas yang sudah menjadi USB freak sejak kemunculan CDJ 2000 mengatakan bahwa dia tidak suka main dengan Laptop, karena tidak suka dengan keharusan setup alat sebelumnya yang menurut dia tidak praktis. Dia juga berpendapat seorang DJ yang memakai Laptop keliatan tidak serius. Banyak DJ dengan laptopnya bahkan tidak memakai headphone lagi, cukup mengandalkan melihat layar dan lakukan sync. Selain boring, menggunakan laptop bertentangan dengan prinsipnya yang percaya kalau seorang DJ harus fokus kepada hal yang lebih penting dibanding memperhatikan layar komputer, yaitu berinteraksi dengan crowd.



House Legend dari New York,  Junior Vasques juga setuju dengan cara ini, walau dia masih membawa CD sebagai backup dia mengatakan bahwa CDJ 2000 adalah penemuan terbaik di dunia DJ.

“I don’t use a laptop. Times have really changed. The way I do it, I just need to put in the Flash drive (USB stick) with the folders. The thing with computers is that you don’t have enough time to perform and be dramatic in front of the crowd.” katanya kepada Steven Lewis dari blackbookmag.

Apakah kita sudah siap dengan perubahan? USB stick akan menjadi teman baik semua DJ di masa mendatang. Akankah ini menjadi solusi jangka panjang kemajuan digital di dunia DJ untuk masa mendatang? Well See. Kedapannya trend ini mungkin membuat banyak DJ bisa mengurangi pengeluaran rutin pergi ke tempat pijet.

sumber : http://listn.to/JontySkrufff


08/09/11, 22:12 by Gober , Viewed 4930 times.

Comments

Please login or register to post comments.
    Pages: [1]

    Write Comment

  • echaaaa  on 08/09/11, 23:05
    usb enak sih kalo maen sejam dua jam , buat resident yang maen 3-4 jam and kudu adaptasi sama kondisi crowd usb is not a good choice , dvs masi lebih nyaman sih
  • Chris.M  on 09/09/11, 06:37
    entah kenapa gw justru kangen main vinyl, seninya lebih ada
  • djnard  on 09/09/11, 09:52
    setuju banget sm Timo Maas ...:-)

    "....Dia juga berpendapat seorang DJ yang memakai Laptop keliatan tidak serius. Banyak DJ dengan laptopnya bahkan tidak memakai headphone lagi, cukup mengandalkan melihat layar dan lakukan sync....."

  • 7  on 09/09/11, 10:52
    Hmm..sebenernya DJ make laptop juga ga salah-salah amat sih. Teknologi siapa yang bisa menghindar? Kecuali masih pada mau hidup di era purbakala. Gue berangkat dari vinyl, lalu ke cd, dan hampir setaun ini baru beralih ke laptop.
    Masalah auto sync, ya itu privilege dari era digital DJ-ing sih. Cuma sekarang gimana kita mengemas teknologi tersebut sehingga DJ-nya tidak terkesan "pilih lagu - auto sync - play - haha hehe sama orang di sebelahnya"

    Ambil contoh Joris Voorn. Gue nonton dia pas maen di Stadium beberapa waktu lalu. Dia pake laptop, iPad, dan Allen & Heath Xone 1D (apa 2D..lupa). Keliatan banget dia ga cuma pake controllernya buat pilih lagu, auto sync, lalu play. Teknologi-nya bener-bener dipake dan dikulik sedemikian rupa, sehingga gue yang nonton aja juga sampe amazed. Ya buat gue, DJ-ing saat ini ga cuma gimana lo milih lagu, muter lagu, atur flow yang baik...tapi juga how to maximize the technology.
    Memang sih kalo sudah live, DJ-DJ yang pake laptop "terlihat lebih santai". Tapi apakah lo pernah berpikir, saat sebelum mereka live, mereka sebenernya juga udah repot duluan di rumah buat nyiapin set-nya via laptop? Ngeset preset buat efek-efek di controller-nya? etc..etc..
    Masih kurang contoh? Tonton tuh Making Contakt-nya Richie Hawtin ;D
  • Gober  on 09/09/11, 16:20
    Tapi ini mungkin bisa jadi solusi jangka panjang. Standarisasi DJ Booth, tinggal colok USB disk. CDJ akan jadi backup seperti halnya vinyl player menjadi backup cdj beberapa tahun lalu.
  • 7  on 09/09/11, 18:50
    Bisa jadi, Yon. Sebenernya ya balik lagi. Mediumnya udah ada semua. DJ tinggal pilih mau pake yang mana hehe. Kaya di 365 Ecobar sendiri aja sekarang udah mulai kan nyediain Traktor beserta iMac-nya. DJ tinggal dateng bermodalkan external hd atau flash disk. It's your call now, guys ;)
  • Gober  on 09/09/11, 19:57
    Sori pertanyaan awam dj, emang bisa segitu simpelnya kah dengan traktor orang terus lo colokin harddisk. Bukannya harus bikin playlist dulu ya? Apa setup free?
  • 7  on 09/09/11, 20:07
    Bisa Yon. Untuk memudahkan DJ nyari lagu saat browsing di Explorer Traktor-nya, memang lebih baik di folderin dulu lagu-lagunya, supaya saat dia browsing lagunya ga ngebingungin sama folder lagu milik si empunya Traktor.
  • 7  on 09/09/11, 20:09
    Satu lagi, si Traktor ini kan dia ngebaca juga folder iTunes. Jadi lebih enak lagi sebenernya. Lo tinggal bikin folder sendiri di iTunes, saat main ya tinggal liat aja setnya based on iTunes Explorer yang ada di menu-nya Traktor :)
  • echaaaa  on 10/09/11, 02:24
    maen Sync enak kalo buat house or techno yang banyak main blend atau running beberapa channel skaligus , tapi mash up set yang banyak transisi BPM , make sync di jamin makin ribet hahahahahahaha
  • lazydog | rico  on 10/09/11, 16:30
    setujuhh, mediumnya udah ada n tersedia.. tinggal balik ke personal masing.. yg penting kan balik ke crowd, toh yg di denger ama mreka sama, dustekdustek :p

    "Kedapannya trend ini mungkin membuat banyak DJ bisa mengurangi pengeluaran rutin pergi ke tempat pijet."
    -quote ini saya tidak setuju om dion.. karena ini kebutuhan primer, lain dengan dj yg bisa di categorikan sekunder :p cc : ECHA
  • echaaaa  on 10/09/11, 16:39


    "Kedapannya trend ini mungkin membuat banyak DJ bisa mengurangi pengeluaran rutin pergi ke tempat pijet."
    -quote ini saya tidak setuju om dion.. karena ini kebutuhan primer, lain dengan dj yg bisa di categorikan sekunder :p cc : ECHA

    bangke knapa di tag ini ke gw T_T gw dah tobat wooooy ...... hahahahaha
  • echaaaa  on 10/09/11, 16:44
    Sori pertanyaan awam dj, emang bisa segitu simpelnya kah dengan traktor orang terus lo colokin harddisk. Bukannya harus bikin playlist dulu ya? Apa setup free?

    Kalo serato fitur analyzenya di save di track , jadi misalnya kita bikin playlist/folder di flasdisk (lengkap dgn analyze file,waveform,cuepoints,loops,preset scene fx) pas kita colokin flasdisk kita di komputer manapun yang ad program serato (ITCH,ScratchLive) dia bakal autodetect and playlist kita kebaca lengkap dengan smua tetek bengeknya


  • bless the child  on 10/09/11, 18:10
    hauahuahuauhua echa...bdn udah gede masih suka pegel2 ya mas.
  • Rian_TJ  on 13/09/11, 15:44
    lalu muncullah yang ini..

    "bro, harga lo segitu yah, padahal kan lo "GAK DIGITAL" .."

    temen gw ini dj juga, dy tajir mampus, beli ini beli itu, sementara gw pake CD dan Flashdisk
    (utk catatan, gw sendiri bisa traktor, belajar pake Mac temen)..
    itu gw gedek parah..
  • ^rustyman^  on 13/09/11, 16:27
    setujuhh, mediumnya udah ada n tersedia.. tinggal balik ke personal masing.. yg penting kan balik ke crowd, toh yg di denger ama mreka sama, dustekdustek :p

    "Kedapannya trend ini mungkin membuat banyak DJ bisa mengurangi pengeluaran rutin pergi ke tempat pijet."
    -quote ini saya tidak setuju om dion.. karena ini kebutuhan primer, lain dengan dj yg bisa di categorikan sekunder :p cc : ECHA

    Gober lagi ngomongin bless the child itu :P

    @topic : gw sih suka sama dua duanya.. tapi duit di kantong belum cukup buat beli laptop baru + controller + sound card :'(
  • Marcell  on 15/09/11, 12:05
    Sampe sekarang gw masih main cd :D
    Ngeri liat temen gw main di club pake ableton trus laptopnya crash pas lagi happening......halah happening
    Lagian mau main pake laptop juga ga mampu beli programnya....boro2 beli program, beli laptop aja yang kebeli cuman netbook :D
    Makin serem pas ada temen ikutan lomba, trus cdjnya baca usbnya lelet
    USB sih gw bawa2 buat back up, but mainly gw masih main cd


    Sekedar ocehan nubie :D
  • becktie  on 18/11/11, 23:50
    menurut w sih pake usb itu sangat membantu skali , lebih bagusnya cara lama tetap digunakan karena cirikhas seorang dj ialah,,dimana ia bisa memutar lagu yang ada di cd case mereka,,its a trade mark yg sangat asli walaupun agak ribet tapi its chance a dj to be the best,,, *bgs* *bgs*
  • Thomas.Hendri  on 20/11/11, 15:25
    menurut gw Usb tuh ngebantu bgt kalo urgent, gw selalu bawa kemana" Usb beserta koleksi bebeapa genre..
    sedikit pengalaman' gw pernah maen dadakan di acara kampus gw wkt ada event dr salah 1 produk rokok, dan Usb menjadi alat bantu yg penting, ampe skrng gw msh prepare Usb kmna".. tapi gw masih maen Cd ampe skrng, krna menimbang resiko" krusial pake alat yg lain..
  • Villa72  on 16/01/12, 10:58
     ;D *tepuktangan* terserah nge dj pake apaan... mau pake vinyl silakan, cdj monggo, traktor go ahead, usb do it, ableton ayo..... jgn repot seh.... dj perannya bangun crowd biar ke dance floor dansa ato godek2.... terserah caranya gimana asal jangan puter mixtaped..... uhuuuy.......
  • adhi_f  on 16/01/12, 16:48
    Saya pernah ngalamin sekali selama maen usb stick + rekordbox + cdj 2000 (firmware dll latest) tiba" mati.  (?)
  • echaaaa  on 16/01/12, 17:38
    Saya pernah ngalamin sekali selama maen usb stick + rekordbox + cdj 2000 (firmware dll latest) tiba" mati.  (?)

    direct atau link bro ? kalo link biasanya problem di koneksi lan cablenya  , rada ga perfect kabel lan bawaan pionernya suka copot ndiri kalo kena getaran kadang2 ganti pake high end versian (mending niat bawa sendiri jangan andelin kabel dr club)

    kalo direct dari usb bisa mati antara usbnya trobel or ur just having a shitty luck brow hahahahaha
  • lazydog | rico  on 18/01/12, 12:29
    Saya pernah ngalamin sekali selama maen usb stick + rekordbox + cdj 2000 (firmware dll latest) tiba" mati.  (?)

    direct atau link bro ? kalo link biasanya problem di koneksi lan cablenya  , rada ga perfect kabel lan bawaan pionernya suka copot ndiri kalo kena getaran kadang2 ganti pake high end versian (mending niat bawa sendiri jangan andelin kabel dr club)

    kalo direct dari usb bisa mati antara usbnya trobel or ur just having a shitty luck brow hahahahaha

    makannya pake 2 USB dii hahaha..
    masi takut pake 1 usb+link.. di samping link / cable trouble issue, blum lagi skip, Usb yang mana cdj yg mana.. hampir kmarin kejadian salah cabut USB.. padaha lagi link ke cdj yg tanpa USB.. dan uda sering kejadian juga salah copot.. pake 2 usb paling safe la.. tinggal cloning copy paste smua isinya :)
  • nikofendi  on 12/12/12, 16:25
    cus saya masih newbie, gw pilih cd dengan format audio buat main...usb selalu dibawa dengan folder per genre...
    cus kadang-kadang ketemu cdj 100 atau 200
  • iaz_holic  on 12/12/12, 18:41
    so far enak sih kalo main pake 2 usb gt secara kita gag akan takut kalo" cdj nya gag connect antara deck A dan deck B ...
    cuma emang pernah sih latian di alat temen pake cdj 900 trus tiba" mati .. nah itu juga sebenernya kasus yang serupa kalo" cd lo baret dan skip" pas di maenin di cdj ...

    ya apapun bentuk nya, entah itu menggunakan cd,usb, or traktor and serato(another software) yang jelas balik ke selera sama gimana kita main..
    pernah denger dan liat sendiri di salah satu klub di kemang,pake traktor dan macbook 15" .. main masih juga grabak grubuk beat nya .. gag tau apa dia ga mapping dulu atau emang dia yg masih belum nguasain sepenuhnya traktor ..

    yang jelas balik ke masing" orangnya gimana mengakomodir teknologi yang ada..
  • eend10  on 12/12/12, 22:36
    pengalaman gw (iseng-iseng) main pake 1 usb flashdisk terus dilink ,eh pas mau perpindahan dari usb ke cd (cd dimasukkan ke cdj yang gak dicolok fdisk ,eh cdnya malah gak kebaca .ntu cdj masih terus ngelink walau tombol cd udah dipencet)  :-\

    kapok dah pake 1 usb terus dilink ,aman make 2 fdisk .
    dan emang enakan main pake cd deh (menurut gw) ,usb flashdisk isinya cuman lagu yang beluman sempat diburn :D
  • nandi  on 12/12/12, 23:54
    so far enak sih kalo main pake 2 usb gt secara kita gag akan takut kalo" cdj nya gag connect antara deck A dan deck B ...
    cuma emang pernah sih latian di alat temen pake cdj 900 trus tiba" mati .. nah itu juga sebenernya kasus yang serupa kalo" cd lo baret dan skip" pas di maenin di cdj ...

    ya apapun bentuk nya, entah itu menggunakan cd,usb, or traktor and serato(another software) yang jelas balik ke selera sama gimana kita main..
    pernah denger dan liat sendiri di salah satu klub di kemang,pake traktor dan macbook 15" .. main masih juga grabak grubuk beat nya .. gag tau apa dia ga mapping dulu atau emang dia yg masih belum nguasain sepenuhnya traktor ..

    yang jelas balik ke masing" orangnya gimana mengako
    modir teknologi yang ada..

    Coba sebelum main pake usb di scan dulu tracknya pake rekordbox iaz..gue sih main pake usb sejauh ini belum pernah sampe mati begitu..kalo merk usb yg aman buat nge-dj gue percaya kingston,transcend sama san disk..ga gampang crash katanya..

    Kalo yg pake traktor tapi grabak grubuk itu otaknya ga sync kali sama traktornya :p
  • Nuezzz  on 13/12/12, 00:13
    vinyl,cd,usb,traktor,etc  i'll taste it all... the main asal jackd nya asli aja deh and im on it... ;)
  • fartoodeep  on 13/12/12, 01:29
    Saya pernah ngalamin sekali selama maen usb stick + rekordbox + cdj 2000 (firmware dll latest) tiba" mati.  (?)

    direct atau link bro ? kalo link biasanya problem di koneksi lan cablenya  , rada ga perfect kabel lan bawaan pionernya suka copot ndiri kalo kena getaran kadang2 ganti pake high end versian (mending niat bawa sendiri jangan andelin kabel dr club)

    kalo direct dari usb bisa mati antara usbnya trobel or ur just having a shitty luck brow hahahahaha

    berbagi pengalaman Soal USB Stick
    1. Benar kabel LAN bawaan Pioneer sering copot sebaiknya di ganti
    2. USB sebaiknya diformat FAT32 agar readnya lebih cepat
    3. diusahakan Dalam USBnya dibuat sub folder (ngak perlu kalau udah di rekord Box)
    4. Pakai 2 USB Stick
    5. usahakan Pakai Rekord Box biar optimal
    6. beberapa USB memang ngak cocok IC nya dengan Pioneer
        Merek yang di Rekomendasi silahkan search diwebsite Pioneer

    have fun


    Ftd 
     
  • nikofendi  on 21/12/12, 12:49
    so far enak sih kalo main pake 2 usb gt secara kita gag akan takut kalo" cdj nya gag connect antara deck A dan deck B ...
    cuma emang pernah sih latian di alat temen pake cdj 900 trus tiba" mati .. nah itu juga sebenernya kasus yang serupa kalo" cd lo baret dan skip" pas di maenin di cdj ...

    ya apapun bentuk nya, entah itu menggunakan cd,usb, or traktor and serato(another software) yang jelas balik ke selera sama gimana kita main..
    pernah denger dan liat sendiri di salah satu klub di kemang,pake traktor dan macbook 15" .. main masih juga grabak grubuk beat nya .. gag tau apa dia ga mapping dulu atau emang dia yg masih belum nguasain sepenuhnya traktor ..

    yang jelas balik ke masing" orangnya gimana mengako
    modir teknologi yang ada..

    Coba sebelum main pake usb di scan dulu tracknya pake rekordbox iaz..gue sih main pake usb sejauh ini belum pernah sampe mati begitu..kalo merk usb yg aman buat nge-dj gue percaya kingston,transcend sama san disk..ga gampang crash katanya..

    Kalo yg pake traktor tapi grabak grubuk itu otaknya ga sync kali sama traktornya :p

    wah ilmu baru nich buat gw... aq gak pernah scan dulu usbnya di rekordbox
  • nikofendi  on 21/12/12, 12:53
    Saya pernah ngalamin sekali selama maen usb stick + rekordbox + cdj 2000 (firmware dll latest) tiba" mati.  (?)

    direct atau link bro ? kalo link biasanya problem di koneksi lan cablenya  , rada ga perfect kabel lan bawaan pionernya suka copot ndiri kalo kena getaran kadang2 ganti pake high end versian (mending niat bawa sendiri jangan andelin kabel dr club)

    kalo direct dari usb bisa mati antara usbnya trobel or ur just having a shitty luck brow hahahahaha

    berbagi pengalaman Soal USB Stick
    1. Benar kabel LAN bawaan Pioneer sering copot sebaiknya di ganti
    2. USB sebaiknya diformat FAT32 agar readnya lebih cepat
    3. diusahakan Dalam USBnya dibuat sub folder (ngak perlu kalau udah di rekord Box)
    4. Pakai 2 USB Stick
    5. usahakan Pakai Rekord Box biar optimal
    6. beberapa USB memang ngak cocok IC nya dengan Pioneer
        Merek yang di Rekomendasi silahkan search diwebsite Pioneer

    have fun


    Ftd

    ini juga ilmu baru, thank buat tips format usb nya...
  • eend10  on 22/12/12, 12:17
    so far enak sih kalo main pake 2 usb gt secara kita gag akan takut kalo" cdj nya gag connect antara deck A dan deck B ...
    cuma emang pernah sih latian di alat temen pake cdj 900 trus tiba" mati .. nah itu juga sebenernya kasus yang serupa kalo" cd lo baret dan skip" pas di maenin di cdj ...

    ya apapun bentuk nya, entah itu menggunakan cd,usb, or traktor and serato(another software) yang jelas balik ke selera sama gimana kita main..
    pernah denger dan liat sendiri di salah satu klub di kemang,pake traktor dan macbook 15" .. main masih juga grabak grubuk beat nya .. gag tau apa dia ga mapping dulu atau emang dia yg masih belum nguasain sepenuhnya traktor ..

    yang jelas balik ke masing" orangnya gimana mengako
    modir teknologi yang ada..

    Coba sebelum main pake usb di scan dulu tracknya pake rekordbox iaz..gue sih main pake usb sejauh ini belum pernah sampe mati begitu..kalo merk usb yg aman buat nge-dj gue percaya kingston,transcend sama san disk..ga gampang crash katanya..

    Kalo yg pake traktor tapi grabak grubuk itu otaknya ga sync kali sama traktornya :p

    RT  ;D