LA Indie Remix 2010 Winner : Rangga Electroscope



Rangga Oktavian, atau biasa dipanggil Rangga Electroscope adalah seorang DJ / Produser yang sejak 2007 memulai terjun kedalam dunia musik EDM dengan mengusung aliran Trance dan Progressive. Keahlian bermusiknya berawal sejak dia bergabung di sebuah Band bernama Palette pada tahun 2006. Sejak vakum dari band itu, Rangga mulai mengeksplorasi minatnya ke musik lain yang dia suka, elektronik. Walau masih bisa dibilang muda, dia udah punya segudang lagu yang dia buat sendiri. Tahun 2009 dia mencoba Indie Remix dan sempat masuk sebagai salah satu finalis. Pada kompetisi tahun ini Rangga sukses mengukir sejarah sebagai salah satu pemenang Remix lagu 1/2 Jiwa dari LARS Band. Selain itu dia juga dipilih oleh pengunjung microsite LA Lights Indie Remix 2010 sebagai pemenang favorit.

Berikut ini adalah interview kita dengan Rangga :

RVLX : Coba ceritakan kenapa lo tertarik ikutan LA Lights Indie Remix? Udah berapa kali ikut LA Lights Indie Remix?

Pada awalnya gw cuman seorang mahasiswa  anak Band yang emang seneng banget producing lagu. Dan gw tau banget bahwa bikin musik electronic emang gak semudah yang kita bayangin sebelumnya. jadi gw gak pernah bilang bahwa bikin musik itu gampang. Sebelum gw tau apa itu Indie Remix, dulu gw pernah liat Billboard gede Indie Remix sewaktu gw pulang dari kuliah. trus gw nanya sama temen2 gw, "indie Remix itu apaan ya sob?" .ada yg bilang acara DJ Battle, ada yg bilang cuma bikin2 lagu indie kayak indie fest pokoknya apapun itu jawaban dari temen2 gw gak pernah bisa bikin gw puas. akhirnya gw cari sendiri. dan setelah gw tau bahwa Indie Remix ini adalah wadah untuk memajukan producer2 lokal, baru lah gw memantapkan hati dan pikiran gw untuk mengikuti event ini.

Gw ikut dua kali. Tahun 2009 sama yg tahun ini (2010). Tahun 2009 akhirnya gw memutuskan untuk ikut event LA indie Remix. dan Alhamdulillah, lagu gw masuk jadi Finalist (Morning Blue-I Don't Care (Rangga Electroscope Remix), bukan main Seneng banget rasanya. Tapi karena saat itu rejeki bukan berpihak ke gw. tapi gw udah mencoba yang terbaik saat itu. dan gw pun bangga . selain itu LA indie Remix 2009 bisa bikin gw kenal sama  beberapa producer lokal yg jago2 yang waktu itu pun menyandang sebagai Finalist, kayak Maradiorama, Ijash, Angger Dimas, Jovadi dll. Gw sempat merasa minder juga ,merasa musik gw gak sebanding sama musik mereka. dan hikmahnya adalah,Setidaknya pada Tahun itu pula gw sempat merilis EP gw worldwide karena gw senang bermusik dan mencintai musik. Alhamdulillah, menjadi Finalis L.A indie Remix pula.



RVLX : Udah Berapa lama lo produksi musik EDM? Coba deskripsikan musik yang biasa lo bikin?

Gw dah produksi EDM itu sejak semester 3 kuliah, tahun 2007. pertama kali gw dikenalin software bikin musik sama teman se-Band gw, It's Totally Awesome!, gw mau kepengen bisa bikin musik digital gitu. I think it's time to change music forever. dan sekarang gw berbicara tentang Genre, jauh sebelum itu sejak tahun 1998-2002 gw dah menikmati musik Trance. itu gw masih SD-SMP dan gw sama sekali gak tau kalo itu namanya musik Trance. Gw penasaran banget, mereka bikinnya pake apa?, kok mereka bisa bikin kayak gini, sound2nya megah banget. dari situ gw seneng banget sama musik Trance khususnya Uplifting Trance karena sound2nya Spektakuler dan Megah.

RVLX : Sebutkan 3 musisi yang menjadi inspirasi buat lo & kenapa?

Musisi yang menjadi Inspirasi gw sih sebenernya gak terpaku sama beberapa Musisi tertentu, kalo disini gw boleh sebutin lebih dari tiga sih gw malah seneng, soalnya gw lebih seneng mengkombinasikan sound2 antara Producer2 luar , Musisi dalam negeri dan Voila! menjadi karya orisinil gw.

pertama, gw seneng banget sama Erwien Gutawa. Karya2 beliau itu bikin gw lebih mudah mencerna suatu musik dan meng-Aransemen musik itu menjadi lebih Indah dan spektakuler. dan juga dikarenakan gw juga suka musik2 klasik dan seneng mendengarkan Scoring Theme/ Soundtrack film2 Hollywood yg keren2 seperti Hans Zimmer, John Powell, dll.

kedua, Musisi elektronik dan Trance Producer yang membangkitkan passion gw adalah Above & Beyond.
gw rasa mereka bukan orang2 sembarangan. Mereka adalah yg menjadi panutan gw dalam memproduksi musik Trance yang spektakuler. Penulis lagu yang lirik-liriknya menyayat dan mereka adalah DJ mampu menguasai Crowd dalam waktu singkat. Chord2 lagunya sangat orisinil, bikin merinding dan bikin perasaan kita tergugah.

Musisi yang terakhir, paling Legenda buat gw yaitu, David Foster. Dari kecil nyokap gw dah nyekokin gw sama lagu2nya dia. dan emang gw rasa lagu2nya Timeless dan everlasting. karena beliau inilah gw producing musik itu gak pernah maen2. gw rasa bikin Lagu yang abadi dan dikenang orang banyak lebih berharga daripada bikin lagu banyak tapi asal-asalan, bikin lagu kok cuma satu jam dua jam, sehari dua hari? bagi gw musik itu suatu hal yang sakral dan agung. lo perlu Brainstorming yang lama untuk membuat satu karya yg bagus dan gak sembarangan. dan juga diperlukan intuisi feeling dan passion dalam bermusik. so pasti hasilnya juga gak sembarangan. Trust me!



RVLX : Kalau produksi musik, biasanya pakai apa aja? Coba jelaskan perlengkapan perang lo?

Equipment gw dalam memproduksi lagu gak banyak kok sob, gw cuma memaximalkan yang ada aja. malah dulu gw cuma modal gitar ama komputer doank. tapi alhamdulillah untuk sekarang gw mencoba ke hal2 yang bisa dibilang "the Next Level" nya.

Software DAW yang gw pake buat producing yaitu Fruity Loops 8 XXL producer edition dan gw masih belajar2 produce pake Logic pro karena tahun 2009 lalu gw baru make Mac. kalo untuk synth dan Midi Controller gw make yang standar , Yamaha PSR E403 dan Evolution MK425, soundcard M AUDIO Fast Track Pro buat gw pake Recording Gitar dan Vokal. Gw juga punya banyak Plugin2 yang gak bisa gw sebutin disini satu2 karena pasti banyak banget. gw juga ada satu set alat Band di studio kecil gw. alhamdulillah muat. hahahahaha...


RVLX : Apakah lo bisa main alat musik lain? Kalau iya coba jabarkan, apakah skill musik lo membantu lo sebagai produser elektronik?

Iya, gw bisa main alat musik, malah hampir bisa semuanya walaupun gak Jago. Drum bisa, Gitar bisa, Piano bisa tapi gak jago, Bass bisa, nah klo yang Bass ini gw dulu juga sempet jadi anak Band juga. gw jadi Bassis. band gw itu dulu cuma Band kampus yang di Invite di event2 kampus aja. tapi hasilnya juga sampai sekarang memuaskan. peranan seorang Bassis itu sangat penting disatu band. bikin nada2/chord rendah yang bisa harmoni itu gw rasa kelebihan dari seorang Bassis. dan semuanya ini sangat membantu gw dalam memproduksi EDM gw.

RVLX : Untuk LA Lights Indie Remix 2010, berapa lama waktu yang lo butuhin untuk bikin remix kemenangan lo ini? Dan apa inspirasi yang terlintas saat bikin remix itu?

Gw butuh waktu seminggu untuk memproduksi musik yang semuanya udah Including Inspirasi, Pemilihan materi yang akan gw remix, Sketching, Patterning, Mixing dan Mastering.Dan Inspirasi gw jatuh pada Keluarga dan Kekasih gw. gw gak berharap untuk kemenangan mutlak, selagi gw masih bisa memberikan karya terbaik gw kenapa tidak. that's it. :D

RVLX : Apakah lo percaya bahwa musik dari remix bisa lebih sukses dari musik aslinya?

Percaya... tapi tergantung Remixernya. baik buruknya sebuah lagu Remix pasti tanggung jawab Remixernya.


RVLX : Bagaimana pendapat lo tentang perkembangan musik indonesia saat ini?

Waduh klo perkembangan musik Mayoritas kita, gw sungguh prihatin. terlalu kebanyakan disuguhi lagu2 melayu. gw gak abis pikir kenapa Publisher dan Perusahaan Recording Indonesia kok mau cari keuntungan dari situ tanpa memikirkan kualitas dari musik itu sendiri. malah ada yg cuma Instant buat ngambil jalan sebagai musisi ya udah banyaklah contohnya dan gw paling sebel ngeliat dua cewe gila yang cuma lipsync bisa terkenal.....gw lebih baik ke Jaman2 nya GODBLESS,PADI, DEWA, dan SO7. mereka itulah pioneer musik Major kita saat itu. Kalo gw bicara tentang Musik Indie Indonesia emang sangat pesat banget dan banyak yang keren2. tapi sayangnya rata2 Konsep musik mereka masih kurang jelas, hanya memaximalkan penampilan dan performance yang unik tanpa tau lagu jenis apa yang mereka mainkan.

RVLX : Kira kira dalam waktu 5 tahun kedepan lo pengen ngapain? Apakah musik akan menjadi jalan hidup lo ataukah lo akan memilih profesi yang lebih menjanjikan?

Untuk 5 tahun kedepan, harapan gw yaitu gw bisa Fokus bermusik, Fokus juga dalam menjalani karir gw dibidang Graphic Designer. Dua hal ini sangat membantu dan gw bilang sangat erat dalam karir gw. Paling enggak ya, mudah2an gw bisa berkeluarga dan sukses dalam dua karir tersebut. Syukur-syukur kalo bisa sampe ke Manca negara. amiinnn..

RVLX : ada pesan yang mau disampaikan ke para produser lokal kita gak? terutama calon produser yang mungkin mau ikutan LA Lights Indieremix tahun depan?

Pesan gw buat para producer lokal ato calon producer yaitu:

"Banyak-banyak Berdoa, Jagalah kesehatan, Jangan menyerah dan Be Yourself"
motto penting yang bisa bikin gw terpacu untuk terus producing " Musik gue, Cara Gue"


So, gak usah peduliin kata orang2 disekitar lo. Jadi diri sendiri aja, itu yang lebih bisa bikin lo menghargai diri lo.




02/09/10, 01:37 by Gober , Viewed 2060 times.

Comments:

Pages: [1]

Write Comment

DJ Rangga_Electros   on 02/09/10, 14:32
makasih Paman...

Jhone   on 02/09/10, 17:21
waw  8) 8) nice   *bgs* *bgs*

 *tepuktangan*

oneglove   on 02/09/10, 17:39
MUSIK GW , CARA GW[/b]

djnard   on 02/09/10, 20:09
wow....sukses selalu untuk rangga :-D!!

DJ Rangga_Electros   on 02/09/10, 21:45
waw  8) 8) nice   *bgs* *bgs*

 *tepuktangan*
thx banget Jhone... :D


MUSIK GW , CARA GW[/b]


The best banget nih kata2nya wan, T.O.P ;)

wow....sukses selalu untuk rangga :-D!!

Thx Broo.. Amiiinn... sukses juga bwt lo broder :D.

djnard   on 02/09/10, 22:15
sama-sama bro...

teruslah berkarya.....jgn seperti yg suka cuman cuap cuap aja...N.A.T.O :-p

full support :-D

Ijash   on 02/09/10, 22:30
MUSIK GW , CARA GW
C I H U U U Y Y ! ! ! ! ! ! ! *tepuktangan* *tepuktangan* *tepuktangan* *tepuktangan* *tepuktangan* *tepuktangan* *tepuktangan* *tepuktangan* *tepuktangan* *tepuktangan*


            ________
     _
_ /__|__|_\                       
   L(0)|_____L(0)|=   ````~~~Selamatbuat RANGGA!

DJ Rangga_Electros   on 02/09/10, 23:13
MUSIK GW , CARA GW
C I H U U U Y Y ! ! ! ! ! ! ! *tepuktangan* *tepuktangan* *tepuktangan* *tepuktangan* *tepuktangan* *tepuktangan* *tepuktangan* *tepuktangan* *tepuktangan* *tepuktangan*


            ________
     _
_ /__|__|_\                       
   L(0)|_____L(0)|=   ````~~~Selamatbuat RANGGA!

ALAMAKKK..Thx bgt Broderr, hahahaha keren punya mobil lo jash! nice ride..

muldi   on 20/09/10, 23:34
above and beyond nya sm sob  *piss*
klo yg indo kira2 sapa yah?
btw,congrat yah bro,telat gw.

DJ Rangga_Electros   on 21/09/10, 11:36
hehehe.. ;D thx bgt ya bro

bullebali   on 21/09/10, 19:25
RVLX : Bagaimana pendapat lo tentang perkembangan musik indonesia saat ini?

Waduh klo perkembangan musik Mayoritas kita, gw sungguh prihatin. terlalu kebanyakan disuguhi lagu2 melayu. gw gak abis pikir kenapa Publisher dan Perusahaan Recording Indonesia kok mau cari keuntungan dari situ tanpa memikirkan kualitas dari musik itu sendiri. malah ada yg cuma Instant buat ngambil jalan sebagai musisi ya udah banyaklah contohnya dan gw paling sebel ngeliat dua cewe gila yang cuma lipsync bisa terkenal.....gw lebih baik ke Jaman2 nya GODBLESS,PADI, DEWA, dan SO7. mereka itulah pioneer musik Major kita saat itu. Kalo gw bicara tentang Musik Indie Indonesia emang sangat pesat banget dan banyak yang keren2. tapi sayangnya rata2 Konsep musik mereka masih kurang jelas, hanya memaximalkan penampilan dan performance yang unik tanpa tau lagu jenis apa yang mereka mainkan.

 ;D ;D ;D

Agree !!! Industri Musik Indonesia makin parah aja  :'(

Denisa Septiawati   on 21/11/10, 22:41

Sukses selalu buat kakak gw yang satu ini (DJ.RANGGA)..
Hahahahahahahahaha.....  ;D

*Selesai bikin TA and Lulus kuliah,bikin party yach...  ;) *

zidenk   on 07/11/12, 23:20
salah satu golden boy indonesia

zidenk   on 07/11/12, 23:21
patennnn *bgs* *bgs* *bgs* *bgs*

dicka prasetya   on 03/12/12, 11:10
my fav artist!!!

formatted   on 25/10/13, 14:17
favorite ane nih.. abang rangga yang ramah dan baik hati <3
Pages: [1]

Write Comment