Loader

HOW TO MAKE A GOOD RAVE OR DANCE MUSIC EVENTS ?? (yukk berbagi ilmu)

Started by phuture89, 13/02/09, 21:38

Previous topic - Next topic
Hola,

gw buat thread ini niat nya tulus buat temen2 yang mungkin mau buat event atau belajar buat event, yah bisa di bilang PO a.k.a Party Organizer lah....(kalo gw sich nyebutnya PO, krn gw dan kawan2 gak pernah mau ditawarin sponsor bikin event music bukan dance music festival...hehehehehee)

Banyak bgt cara ngebuat event, mungkin temen2 standardnya udh tau..tp ini kita bagi2 ilmu aja, siapa tau bisa jadi acuan buat yang pertama kali bikin event, atau minimal bisa saling melengkapi ilmu masing-masing.

Okay, ini TIPS dari gw, dari sudut pandang gw yang saty dan buat event lokal di Provinsi Lampung, Sumatera.

Pertama, loe bikin dulu rencana REAL BUDGET (pengeluaran yang pasti harus mau gak mau loe keluarin) :

1. DJ/Talent                                                                             : Rp...................
2. *VJ/Talent                                                                            : Rp...................
3. *MC/Talent                                                                          : Rp...................
4. Tiket pesawat PP (buat dj tamu)                                         : Rp...................
5. Hotel (buat dj tamu)                                                            : Rp...................
6. Akomodasi (Makan,Ground Transport dj tamu                     : Rp...................
7. Perizinan                                                                              : Rp....................
   - kesbang linmas & dinas pariwisata (pemda setempat)
   - keramaian (polisi)
8. Promosi (spot radio, flyers,spanduk, BALIHO kalau bisa)     : Rp...................
9. Panitia (ya harus di budgetin juga)                                      : Rp...................
10. Cetak Tiket (kalau eventnya outdoor)                                : Rp..................
11. Sewa Sound System (kalau outdoor)                                  : Rp..................
12. Sewa Diesel (kalau outdoor)                                               : Rp...................
13. Sewa Stage/Panggung (kalau outdoor)                               : Rp...................
14. Sewa DJ Equipment (kalau outdoor)                                    : Rp...................
15. Sewa Lighting and Laser (kalau outdoor)                           : Rp....................
16. Keamanan (bukan izin, tp loe bayar polisi yang jaga)         : Rp.....................
     - Nah minta ke polisi cuma pengamanan luar aja, jadi gak
       usah harus banyak yang jaga utk menekan biaya.....plus
       minta pakai pakaian preman atau bebas
17. Beverage (minuman atau apa aja utk keperluan dj dan vj  : Rp....................
18. *Dancer                                                                               : Rp.....................
19. Dokumentasi (Videography or Photography)                        : Rp....................
      yang tampil, masa puasa gak mungkin kan) 

20. Sewa meja, Sofa, Tenda (buat VIP area, buka bar               : Rp....................
      kesehatan, chill out area)


TOTAL                                                                                           : Rp..................... (Target paling jelek sponsor
                                                                                                       utama kasih 40-50% dari total budget)


note.
- *berarti loe bisa siapkan atau tidak, LEBIH BAIK ADA :)
- untuk beberapa item diatas gak harus keluar uang, biasanya
  promosi, tenda/mini tend, tiket, baju panitia, ditanggung sponsor utama. (LOBI dunkkkk)
- pawang hujan kalo musim hujan, percaya GAK percaya sob :)
- ONE THING 4 SURE, jangan bikin event nekat dengan niat yang penting gw bikin event buat gaya2an, atau keren2an....sama aja loe bunuh diri (kecuali kebanyak uang gpapa, drpada stress uangnya dipegang mulu)
*atau transfer aja ke gw :)


Kalo ada yang kurang tambahin aja......SELAMAT MEMBUAT "UR OWN DANCE MUSIC FESTIVAL" ! *tepuktangan*
what we want what we believe

buat EO atau PO, atau club managem,ent yang udh berpengalaman, bagi2 ilmu lah..jangan pelit2 lah..hayya...cincai lah.......
what we want what we believe

buat EO besar, club management,.........ayo berbagi....rahasia ni?? jangan dunkkkkkk ahhhhh
what we want what we believe


 *bgs* *bgs* kren...

tambah yah..klo mo bawa DJ / TALENT luar jgn lupa tuh dimasukin biaya administrasi di imigrasi... *piss*
Dark is more deepest...
https://twitter.com/DitoxFebby

siap !! thx phetox!! word ! :)
what we want what we believe

ada lagi yg lanjutin??????? operator.......pls.....share ur great experience for indonesia next promoter ??
what we want what we believe

kaya'nya masi pada malu-malu berbagi ilmu ya...
- freak.culture -

 :D ayo-ayo kita share ilmu. . . . . . .

satu lg...biasanya & setau gw kita harus2 siapin budget tidak terduga (dan itu bisa mncapai 10 % dari total smua )


hee..maaf,klo sotoy mode:on  *piss*
Dark is more deepest...
https://twitter.com/DitoxFebby


ayo2....mana nih yg lain,bagi2 ilmu donk...biar gak ribet2 bgt.hee.... ;D

- oia...perijinan berbagai pihak (all about) mesti kudu jauh2 bulan (hee..pngalaman mncoba sih)hee...
Dark is more deepest...
https://twitter.com/DitoxFebby

ya gini ni negara kita pada pelit ilmu..tapi paman belum tau kali thox..kasih tau gi thread ini..paman pasti kasih banyak pengalamannya...:)

(mode berharap : on)
what we want what we believe

Tambahan :

-BUDGET BAR :

buat outdoor, kynya harus berdiri sendiri ni..
soalnya bingung mau buang modal berapa.. buang dikit takut kurang, buat banyak takut berlebih..

buat yg budget pas2an ... yg penting sediakan satu orang runner pake motor, yg standby lari pergi belanja, sapa tau persediaan mulai habis

buat yg budget berlebih, borong semuaa minuman... kalau berlebih ya buat event berikutnya, ato habis2in rame2 bersama teman-teman.. tajir geneee hihihi

Lanjutttt....