Loader

PILAH MANA MAJOR ATAU INDIE

Started by Jam Andi Mosbee, 13/11/06, 17:47

Previous topic - Next topic
assalamualikum...

sebelumnya makasih uda mau buka topik ini

ok...tanpa banyak basa basi ...sedikit gw pengen sharing sama kalian semua...

apakah major terima musik bernuansa electro dan "sebangsanya"....

kalo  emang iya apa mekanismenya sulit.....atau memang dipersulit

atau apakh musik elektro dan "sebangsanya" di INDONESIA mempunyai label sendiri...kalo iya apa...???

trus menurut kalian kalo indie itu mubazir gak....???
karena dari satu sisi pasti kita ingin royalty....n masalah distribusi pastinya akan lebih sulit (indie)
sedangkan pembajakan aja belum bisa diatasi.....

kalo menurut kalian....

KALIAN PILIH MAJOR ATAU INDIE

please gw minta pemasukan dari kalian semua...
sesingkat apapun, pemasukan kalian akan sangat berharga.....
karena album gw insya Allah 2007 kelar....(Insya Allah kalo lancar)

salam and respect
thnx...wass


jam andi -

hmmm bang " jam andi ".... kebeneran gw sempet bener bener berada dalam dilema itu!!! indie or major...kalo liat ketenaran jelas mending major lahhh....karena major sudah punya sistem promosi dan sistem building image dari sebuah " artist " but balik lagi, untuk musik kayak kita gini alias electro dan sebangsanya....memang agak susah. banyak kendala yang mesti dihadapin oleh pemusik jenis ini antara lain :

Pertama     : musik kita ini tentu saja ga mudah didengar bagi banyak pihak, otomatis kurang komersil...secara hampir 70% dari total masyarakat indonesia asli, suka dangdut, sisanya pop, rock, etc....mana ada major label mauuu bos, kalo community kita cuma 10% dari total populasi indonesia ( dikit dong untungnya ) coba peterpan.........Radja.....inul daratista..., hebohhhh gilaaaaa

Kedua        : kalo diliat dari perkembangannya, secara musik digital semakin hari semakin gila, otomatis para seniman di dunia musik ini bakal dituntut untuk terus belii alat baruuuu, nambah lagi, nambah terusss...sedangkan pemasukan kurang!!! ( kok curhat ??? ) berat juga kan....

Ketiga        : acara2 EDM sekarang mulai berkurang banget, sampe sampe banyak yang ga kebagian job ( contoh nya dakuwww !!! hiks ) alesannya sih reasonable secara dunia malam sekarang lagi gencar2 nya diawasin sama pak tanto...duh yaaaa.....ga mungkin kan kalo denger musik ajeb ajeb ajeb tapi di kamer ajaaa ndirian tanpa adanya kerlap kerlip lampu disko yang aduhayyy. pemilihan artists nya sendiri bener2 kudu yang komersil toh??? EO juga bener2 profit oriented kan???

jadi sih mending indie........kita jadi bisa bebas ber eksperimen tanpa berharap banyak dari keuntungan...ada yang mau denger aja udah untung banget....itu menurut dakuwww sihhh dan yang pasti terus berkaryaaaa....( duh semoga ada yang kesian ma gw !! ) heheheh

( * cerita diatas diambil dari pengalaman pribadi - ORIENTAL FLUX with flux inc. record
big respect to y' all guys

major dong...hehheee
2 the point....!!!!!
rj rj rj...

yah bener...

jujur apalagi gw masih awam tentang  dunia sepak terjang EDM...gw berangkat dari dunia hip hop dan gw lebih tau akarakar  hiphopindo....

EO profit oriented...maksudnya..

sori gw benerw gak ngerti

maksud dakuww....dengan kita ngeluarin album ( entah indie or major ) berarti kita mengharapkan satu bentuk penghargaan kan?? baik itu materi at least dikenal.....nah, hasil dalam bentuk materi didapat dari hasil penjualan album juga performance fee....betul?? namun para penyelenggara maupun penggagas event tentu lebih melihat suatu hasil karya dari segi komersil nya kan?? balik lagi ke kualitas komunitasnya, secara matematika bisa dikatakan sebuah komunitas itu berarti digit angka....itu mnrt ogut..:)

kalo menurut yang laen gimana??? seru nih berdiskusi....
big respect to y' all guys

wah lo dari oriental flux ...

bagi2 pengalaman dong...

gw angkat topi untuk siapapun yang dermawan dalam mentransfer ilmu

wadaawww elmu ape nehhh hehehhe, elmu pelet gw punya hahahah....gw sih cuma mau sharing pengalaman aja, kalo elmu sih gw ga punya makanya ORIENTAL flux STUCK hehehhe....mending kita bersatu padu mencari elmu bersama sama para senior di EDM eennnneeehhh.....gimana para seniorrr...mau berbagi kah, dengan kami kaum lemah yang teraniaya????.............hehehhehehhe

cerio
big respect to y' all guys

Hmm,, nice topic,

kalau menurut gw yaaah, ada baiknya kita belajar dari label indie dulu, soalnya kita disana bisa tau how to manage our music, specially how to get a market by the music we creted. Memang kendala yang dihadapi banyak banget, mulai dari pembajakan, dana untuk distribusi, perijinan, dsb.

Tapi, yang enaknya dari label indie, kita bebas bereksperimen (seperti yang udah di bilang sama millamailee), terus kita juga tau sebetulnya selera orang (masyarakat) yang mendengar itu seperti apa, terus kita juga pastinya dapet banyak pengalaman tentang promosi album.

Nah kalau major label, enaknya bisa lebih aman soal promosi, legalitas berupa perijinan dsb, tapi yang jeleknya kita hanya bisa nurut aja sama si director (pemegang label). Kalau dia maunya 'A' atau 'B' kita harus nurut,, so eksperimen juga jadi susah... Soalnya major label juga biasanya udah punya target market sendiri...So kita juga harus nurut sama manager label itu. Repot khan?!


Nah kalo label yang mau terima music electro, ada sie.. Aksara, coba aja ajuin kesana, maybe it will worked

dilema banget sumpah....

secara gw belajar dari demo demo rap gw....

gw kasih hanya ke beberapa org ternyata gak sampai satu bulan kesebar kemana mana

balik kepada orientasi elu mau kemana...

1. kalo lo mau punya nama doang...indie labe atau bawah tanah sangat membantu...justru pembajakan salah satunya menjadi soulsi...karena lo gak perlu capek2 distribusi ...tangan tangan jail uda inisiatif sendiri....

2 kalo orientasi lo uang....sumpah ./.....slah kasih tangan....berabe....kesebar n lo rugi....

balik gw kasih pengalaman gw....

temen gw uda punya album tapi indie....genrenya rap....
album dia sampai ketangan AIJ - AGUS IDWAR EX SNADA....

SEOARNG AGUS IDWAR DENGER DAN NYADUR ULANG BEBERAPA LAGU TEMEN GW....

well karena dia koneksinya luas dan duit kenceng...bikin album dan dapet hak cipte....

\lantas orang akan tau originalitas lahir dari agus idwar...

padahal  itu semua fake...palsu...dia ngambail beberapa materi dari temen gw....

kasus kedua dari EBITH beat a....mungkin lo uda pada denger lah...

please god...gw gak mau salah jalan lagi....karena orientasi gw uang...(buat modal sob).....

Pak, kalo lu liat dari segi pemilihan label doang salah juga, masih ada yg penting juga yaitu promosi dan manajemen artis.

Gimana promosi dan manajemen artis bisa naikin artis itu sehingga dari gig dan penjualan album dapet meningkat. Semuanya harus jalan bareng. Terus jgn pikir sekali album langsung nanjak, nggak lah, seribu satu yg bisa kaya gitu. Band - band pop aja banyak yg album ketiga ato keempat baru nanjak.

Mungkin yg harus lu kerjain pertama2 pilih manajemen yg bagus yg bisa ngurus sisi bisnis lu, jadi lu tetep fokus ke musik. Manajemen yg bisa fight biar nama lu naik.

Major label, berat lah pak diarepin. Secara jelas2 orientasi mereka duit. Dan disana yg ngurus artis dikit, sedangkan artis yg diurusin banyak. Jadi mereka lebih banyak ngurus artis yg ngasilin duit banyak buat mereka, kalo lu ngasilin duit dikit ya dicuekin apalagi artis baru.

Kalo gw mending indie label tapi lu punya manajemen yg kuat. Itu lebih bagus.

@millamailee
Orientalflux ada beberapa lagu yg bagus, secara produksi lagu masih kurang maksimal ya, tapi potensi ada banget dari segi lagu dan performance ( 2 vokalis cantik dan seorang dj canggihnya ), keep up goodwork guys, jgn patah semangat.


 

setuju sama avidavi...

dan sekarang ada juga kok band/grup yang merilis albumnya tidak melalui label...tetapi melalui jalur distribusi..

emang siih, kita harus punya "modal" yang cukup untuk produksi album sendiri, tapi jalur distribusi itu sangat membantu untuk tampil di toko-toko musik ternama...

dan enaknya kita tetep ga diatur-atur.. hihihi...

itu baru mau gw omongin...

manajemen emang penting....coz ada beberapa pengalaman dari temen gw yang udah masuk label...gw gak bisa sebut namanya ...tapi dia dari SGK...well gw tau seberapa keras perjuangan mereka...tapi ekspektasi awal sama yang terjadi sekarang sangat jauh....

emang menurut gw penting juga menganalisis manajemen...atau "label lebel"...baik dari segi history maupun artis yang uda pernah dia manage sebelumnya...apakah ke blow up atau tidak....

masalah pendistribusian itu juga penting....
salah satu kuncinya musik lo harus terdiferensiasi dari yang lainnya.....
ini yang lagi gw usahain...tapi masih belum berani ????
gw pengen buat musik yang gak sarat dengan warna "kehedonisan kalangan jakarta" tapi universal dan ada "Pesan"....



tapi pasti akan terasa sulit dan amat akan terasa sulit....dan pasti gw akan menerima bebarapa suara vokal ataupun frontal dari beberapa pihak...

gw belum begitu tau banyak tentang dunia ini...tapi kalo hiphop....seberapa lo berani ngejual kontroversi atau suara vokal lo,,,,, pasti akan semakin  dicari....dan dinanti....

pastinya pendistribusian juga memerlukan network yang luas ...gw sangat awam tentang masalah ini...

nah sekarang gw pingin tanya...?????

SESUATU APA YANG BISA BIKIN MUSIK ELECTRONIC DAN SEBANGSANYA INI TERLIHAT BEDA>....Terlepas dari SKILL.

Karena yang gw tau musik musik seperti ini nyaris sama antara satu dengan yang lainnya baik dari segi mainstream atau warnanya.....


   
 


 


 
 



maksud gw naro gambar ga,mbar diatas gak ada motf lain....

gw cuma mau berbagi aja ...kalo gw dapet email seperti itu dan bener bener membuat gw....damn hari ini gw masih bisa seperti ini...

come on man...mencoba untuk lebih sederhana memang sulit tapi seenggaknya biarkan proses berjalan dan jangan sampai dipengaruhi oleh rasa apatis hingga lebih para menjadi skeptis...dan seenggaknya...

  KESADARAN ADALAH AWAL DARI SEBUAH INVESTASI...

dan
    SEBUAH KEBANGKITAN DIMUALI DARI RASA KESADARAN   

RESPECT


JAM ANDI A.k.a ANDI RUE

BANGKITLAH GENERASI HIJAU


abcd aduh booo capek dechh.....

Kayanya masalah lu bukan milih MAJOR atau INDIE LABEL deh, tapi lebih jadi IDEALIS apa ngikutin PASAR.

Kalo itu mah nggak ada yg bisa bantu, itu pilihan hidup lu sob.

Good Luck.

PS :
Gw bisa bantu distribusiin CD ato kaset lu, kalo lu mau, PM gw aja sob.

waaaahhhhhhhhhhh seneng nihhh, jadi tambah seruuu!!! gw seneng nih yang kayak gini....heheheh thx buat yang buka topik inih!!! semua opini yang disini bener banget....dan semua udah pernah gw alamin, just for ur info Oriental Flux pernah masuk dalam sebuah album kompilasi ( labelnya ga bisa gw bilang, tapi salah satu artistnya PETERPAN ) di taun 2004, nama albumnya pilih 2004....nah, waktu itu sama sekali gw ga disentuh sama pihak label....( yang di garap cuman letto secara anaknye sapeee gitu....!!! ) hehehe.....sampe akhirnya lagu gw masuk ke NSP dan kami ga dapet konfirmasi dan ga dapet apapun.......:( malah sampe produksi 2x bo'.......dan CD bajakan pun merajalela heiuaheuhaiuhueia....


Tapi hal itu sama sekali ga bikin kita putus semangat, kami bangkit dan mencoba cari label lagi....sampe akhirnya dapet lahhhh salah satu label ( dan lagi lagi gw ga bisa sebut hehehhe yang pasti artis nya KERISPATIH )sampe akhirnya kami kontrak untuk 3 album ( can u imagine??? )....but u know everythings goes so slow.......seakan ga ada response, akhirnya kami putuskan utk akhiri kontrak....dan kami secepat kilat pake modal seadanya produksi sendiri, dengan new arrangement( daripada keburu dibajak bo', secara master udh dikasihin )...nah, ternyata sulitnya indie....hiks lagi lagi distribusi..........:( kami stuck!! hehehe
kalo emang bang AVIDAVI bisa bantu...mariiiii dengan senang hati kami menyambutnya hehehhe, n btw thx pujian atas beberapa lagu kami.........

soooo bang ANDI MOSBEE...maju terus pantang mundurrr...semua langkah pasti ada kendala mau INDIE OR MAJOR....dan pasti ada solusi kok!!! percaya deh....

cerio
big respect to y' all guys

Loh klo masalah pendistribusian bukan nya lu bisa kerja sam juga dengan pihak Major?? jadi lu yg bikin Master nya dan copy kemudian lu pendistibusian nya lewat jalur major gitu lohhh...setau gwe sieeh bisa dehh...

Klo gwe jadi lu mungkin lu harus bisa memilih dulu apakah lu ingin idealis apa komersil??

klo alasan lu adalah modal maka yg paling bener adalah lu harus jadi komersil dulu (numpulin duit dulu maksud nya) baru deh pas ke kumpul lagi duit nya lu tingal balik lgie deh ke dunia idealisan lu.. heheheheheh
>>> The World is a VAMPIRE.... <<<<

01/12/06, 09:25 #17 Last Edit: 01/12/06, 09:27 by avidavi
@Millamailee
Oriental Flux ntar coba gw diskusiin ama temen gw bag. distribusi dulu ya. Ntar dikabarinnya lewat wiwied. 

@Jimmy
Bisa juga strategi kaya itu jim.

Intinya bisnis musik itu unpredictable lah. Gamblingnya gede. Pasar nggak bisa ditebak. Ada yg nyontek grup musik luar banget banyak major label takut ngambil taunya sekarang sukses berat. Ada yg konsep musiknya biasa aja, nggak njlimet2 taunya sukses berat. Ada yg di indie label sukses trus dia pindah ke major jadinya jeblok di pasar.

Kalo gw bilang sih selama lu ngerasa FUN jalaninnya itu udah setengah jalan buat sukses. Selebihnya manajemen, distribusi, promosi, dll.

wah i dont know ...sekarang sumpah gw masih bingung apakah mau idealis atau kue kue...

ada positif negatrif untung rugi....label kadang kadang gak ngehargain kualitas yang penting uang...


distribusi  bareng label.....ada yah...boleh juga
'

sejenak lupakan major dan beralih dengan indie dan lo pingin manfaatin sponsor ...apakah bisa
KALO MISLAKAN LO MINTA SPONSOR GIMANA...(JATUHNYA DAN MEKANISMENYA....) biasanya dia nilai dari apanya....

SPONSOR ITU KAN BIASANYA ADA YANG RADIO, DAN YANG LAIN2
AMBIL  contohnya radio ...
dia ngasih kontribusi apa....Publikasi atau ada suntikan materi atau apa....

oriental flux...lo pernah dikecewaiin atau ditipu gak....