Loader

[POLL] Apa sebenarnya yg diinginkan EDM crowd?

Started by Discomfort, 30/06/12, 14:49

Previous topic - Next topic

Apa yang membuat lo dateng ke party?

DJ yang main
6 (18.8%)
Musiknya
17 (53.1%)
Venue yang unik
0 (0%)
Gimmick (konsep acara, dekorasi, teknologi)
6 (18.8%)
SEXXX (cari cewe / liat sexy dj)
3 (9.4%)

Total Members Voted: 32

JB yah ang..

Sebenernya bukan masalah Dj and Genre sih gw liat niang mau bahas, tp lebih ke sebenernya maunya apa sih nih crowd. bener juga kata paman @gober Dj yang udah maen 3-4 kali dalam waktu berdekatan tetep rame2 aja dateng.

Gw pernah ngobrol sama anak2 dulu jaman2nya kampus masih ada lantai 36 buat, line up keren, music keren tapi kok yah sepi terus ga pernah rame. jawaban temen gw yang sekarang jadi resident di salah satu club yang punya kualitas music bagus di kemang, dia bilang "Music kita itu terlalu mikir do, orang Indonesia terutama orang Jakarta ga bisa dateng ke club trus di suruh mikir. Mereka udah cape kerja, kena macet, di omelin atasan trus dateng ke club denger lagu suruh mikir, Kenapa tettet toet laku yah karena tuh music ga mikir, kena alkohol lgsg seru"

Sama fenomena LAGU KENCENG sih yang kemaren baru aja gw alamin, definisi LAGU KENCENG tuh apa tuh gw ga tau, apakah aviici, david guetta itu lagu kenceng, kemaren gw lagi main di suruh turun gara2 lagu gw kurang KENCENG.

gw percaya lah anak2 di ravelex mah know how to party, sebenernya gw pengen ke crowd awam nih pertanyaan ini di tanya..

klo gw di tanya sebagai crowd bukan masalah mengkotak-kotakan genre, jujur kuping masing2 beda..and sorry bukannya sombong tapi gw sih sayang kuping lah kalo harus denger WE FOUND LOVE IN A HOPELESS PLACE. sekali lagi kalo taste itu ga bisa di beli lah mau di apain juga klo ga doyan yah ga doyan.

segitu aja ah dulu takut ga nyambung..mudah2an yang baca ini juga bisa nyambungin ke threadnya how to make a good party deh.

*piss*
For every Skrillex, there is a J:Kenzo

www.soundcloud.com/dedosixteen

02/07/12, 10:49 #26 Last Edit: 02/07/12, 12:15 by nandi_binus
Bener juga apa yg dibilang dedo diatas..gw nambahin dikit ya..

Orang yg dateng ke club ga semuanya tujuannya dateng buat enjoy music..ada yg cuma mau minum,cari cewe/cowo buat one night stand,hacep dll..that's why crowd sini kalo denger musik yg ga umum dikit itu malah dipikirin bukannya coba dinikmatin..in my opinion

Menurut gw crowd itu ada segmennya sendiri2. Mungkin crowd yg less mature (ABG baru cukup umur buat dugem,Mahasiswa/i tingkat awal misalkan) lebih prefer ke club yg tipenya big room dengan musik yg cenderung komersil/top 40 dan tempo yg cenderung kenceng buat party hura2..Di sisi lain ada juga crowd yg udah mature (mahasiswa/i tingkat akhir,working class people,sosialita misalnya) yg udah capek ke club yg big room tp lebih prefer ke bar/lounge yg small room buat duduk2 dan minum aja sambil ngobrol..crowd yg seperti ini tentu punya kecendrungan untuk dikasih musik yg berbeda dibandingkan dgn yg di big room..sebagai contoh analogi (maaf sebut nama) main deep house,soulful house atau nu disco tentu lebih cocok di 365 eco bar daripada di X2 yg notabene crowdnya suka prog/trance atau Prive yg crowdnya suka Rnb/Mashup..

Gw bukan bermaksud mengotakkan topic ini jd ke genre..tp menurut gw tiap club punya music policynya sendiri untuk membidik target market tertentu dgn demographic tertentu (Usia,Pekerjaan,tingkat penghasilan dll). Jadi untuk tau apa maunya crowd kita sebagai EO/DJ or whatever harus tau dulu segmen crowd seperti apa dan mereka maunya seperti apa..know your customer..

Kalo untuk soal konsep dan gimmick wah gw bukan orang kreatif..jd gw gabisa memberikan opini untuk itu. Tp menurut gw apapun acaranya untuk crowd musik harus jd menu utamanya..karena sebagai DJ tugasnya adalah meng-entertain sekaligus meng-educate di waktu yg bersamaan yg menurut gw kaya 2 kutub magnet yang berlawanan :p :p

Music itu cuma dibagi dua..good music or shit music.gabisa crowd yg suka shit music dipaksain suka good music..jadi kesimpulannya know your kind of crowd first. Second, try to find a venue with suitable music policy.Third, build a long term relationship with them through database and voila..you get regular crowd for your event (hopefully) hehehehe

Ps: hope this kid from yesterday afternoon help :p :p
I love all kinds of house, but i love that deep shit, the real shit, makes you bump your head..

Sebenernya pertanyaan niang ini ga bisa dilontarkan ke masyarakat ravelex, soalnya jawabannya udah ketauan, pasti ngelihat musiknya, karena masing masing udah punya selera, dan pengetahuan yang cukup tinggi terhadap yang dia cerna di sebuah event.

Tapi massa kebanyakan gak punya ilmu secanggih kita, mungkin mereka dateng ke party cuman pengen neken, mabok, atau xes / cari cewe. They don't care about the music. Yang penting tuh musik masuk kedalam kotak asiknya dia, misalnya house, trance atau progre (just to name a few), soal kualitas sih udah jauh dari pemikiran mereka.

Embel embel DJ nomer sekian, lagunya sering diputer di radio, itu adalah "magic"nya. Mungkin jargon2 itu gak mempan buat orang yang punya pengetahuan musik berlebih, tapi buat orang awam, it works.

contoh: Avicii, Dash Berlin, Emma Hewitt, Armin van Buuren, Gareth Amery dan yang gua saksikan kemarin Jerome Ismaae (tahun ini udah dateng 3 kali, di jakarta saja). Nama nama itu sepertinya jaminan orang bakal dateng.

Sorry kalo ada yang keberatan dengan pendapat gua, soalnya gua rasa sekarang event masih ngandelin lineup yang dikenal, kalo nggak sukur sukur orang orang pada cari tahu dulu (kayak gua) tentang DJnya di internet. Jadi gimmick, dekorasi dll adalah nomer sekian lah.

One cigarette costs 2 minutes of your life. One bottle of beer costs 4 minutes of your life. One working day costs 8 hours of your life.

Ravelex.net - Administrator
Email : Admin[at]rvlx.net
Phone : 021-9996-7859 (office hour)
fax.: 021-7

Quote from: David Tjin on 01/07/12, 15:14
i want more drugs!! MOARR!!


oh iya bir juga perlu.. biar gak cape joget2

HAHAHHAHA rite rite !!!! gak ada solip or intel dan kuntilanak hehehe

02/07/12, 13:53 #29 Last Edit: 02/07/12, 13:55 by Punkmoses
Gw pribadi sih sebenernya lebih suka ke ecobar daripada ke tempat2 lainnya. Nu disco, deep house, minimal, dll emang gw lagi dalemin juga, karena gw juga udah rada bosan dengan swedish / melodic house yg makin lama makin komersil di kuping gw. Tapi kalopun ada acara big room pun gw lebih prefer di outdoor, ga sesak mati kehabisan nafas bro  ;D

Gw ga begitu niat cari wanita buat one night stand juga kalo ke club / acara2 EDM, karena gw lebih cenderung sebagai "Penikmat Musik" ditemani segelas dua gelas vodka absolut pure. Dan lebih enak kalo sambil ngobrolin genre, offbeat, transisi, sama tebak2an lagu berikutnya sama temen2 gw.

Itu aja sih yang gw cari, dan ga semua mahasiswa baru kayak gw suka-nya yg disebutin di atas aja yah *piss*

kalo gw sih yg penting musiknya (including sound systemnya) plus atmospherenya.


mau dikasih mabok kaya apa + cewe bejibun + apa juga kalo gw ga suka musiknya ya males (udh dicoba beberapa kali)

kebalikannya, mau tempatnya berlumpur ujan deres carut marut tapi musiknya keren gw pasti betah ga perlu alkohol drugs cewe atau apaan lah pelengkapnya. (lagian gw klo k semacam rave di mobil selalu bawa baju ganti, anduk, sepatu boot, sepatu biasa, sendal capit, jaket, dll, dll, siap tempur utk segala medan!)

kalo atmospherenya tuh maksudnya misalnya gw lebih suka party di tempat kecil ga jelas isi crowdnya cuman 20 orang tapi suasananya intimate dan crowd2 nya ngerti musik, dan tau cara seneng2 daripada dateng ke rave gede yang dateng 100000 orang tapi sebenernya mereka ga ngerti dengerin apaan dan mau ngapain. ga ngerti apa yg mrk expect dari si DJ.

lagian klo cuman sekedar mabok mending gw ke bar, lebih murah :p
kalo cuman nyari cewe mending gw k hotel2 daerah kota :D

it's not about the drugs,nor the alcohols, nor the girls, it's all about the music, and it always will be ;p
IF WE WERE SATAN THEN GOD IS THE DJ

Quote from: Gober on 02/07/12, 13:01
Sebenernya pertanyaan niang ini ga bisa dilontarkan ke masyarakat ravelex, soalnya jawabannya udah ketauan, pasti ngelihat musiknya, karena masing masing udah punya selera, dan pengetahuan yang cukup tinggi terhadap yang dia cerna di sebuah event.

itu dia yang gw maksud..percuma aja klo di omongin disini udah ketauan pasti..nah relatednya adalah ke kita nih pelaku2 EDM di sini. Udah tau crowd nya begitu mau di manjain terus apa ngga? tapi balik lagi sih klo urusannya udah duit yah susah.

Contoh deh dari scene dubstep : RAMANDANMAN a.k.a Pearson Sound ( The Best Dubstep DJ 2011 Dubstepforum awards ), Headhunter a.k.a Addison Groove, Cooly G, Shock One udah pernah kita bawa kesini hasilanya apa? Sepi. tapi giliran el hornet pendulum ramenya bukan maen walopun salah venue banget yah. Tetep nama juga ngejual seperti paman @Gober mentioned di atas. mungkin mereka udah punya kost2an kayak erlend oye & keith martin.

nambahin itu aja sih.. *piss*
For every Skrillex, there is a J:Kenzo

www.soundcloud.com/dedosixteen

kawan2 ravelex yang terhormat,gw pengen share view dan kenyataan tentang apa yang mayoritas crowd pengen kan


gw di sini tidak akan berbicara tentang crowd yang terdiri dari kalian,yang melek musik dan tau kualitas,karena crowd raveloex adalah crowd pinter yang sudah tau apa yang mereka mau,dan kalian sudah luar biasa,minggu lalu gw beruntung sempet ngerasain crowd seperti kalian ketika gw maen rave DIY di gili terawangan bareng sekitar 300 bule eropa yang melek musik,dan maen deep house ke techno tanpa lagu komersil itu nikmat banget


tapi sekarang lets talk about the average crowd indonesia,bukan cuma jakarta,surabaya or bandung tapi semua,yang sudah bisa gw tarik garis merahnya berdasarkan pengalaman gw yang cetek keliling2 indonesia,jadi mungkin pendapat gw ini sangat bisa di perdebatkan karena semua murni pendapat pribadi

apa yang mayoritas crowd awam ingin kan ? mereka pingin have fun dengan lagu2 yang familier dengan mereka,mereka pingin sing-a-long , sambil mabuk , intinya komersil ......

ok sebelumnya gw mungkin perjelas kalo gw adalah bukan dj underground,dan gw tidak pernah mengklaim diri gw underground,dan gw punya respek yang tinggi kepada para pelaku edm underground,jadi gw ga masalah ketika di luar kota main lagunya adele dan jujur hampir SEMUA dj yang main di luar kota harus di hadapkan dengan kondisi ini ,terutama para DJ yang emang full cari makan dari dunia ini,yes komersialitas udah keburu menjamur seluruh indonesia ,gw bakal bicara tentang crowd mainstream

jujur aja susah untuk memaksakan maen soulful house atau deep tech ketika lo harus maen di sebuah club di lets say balikpapan or samarinda , tapi apa harus toet? apa komersialitas itu harus lagu kacangan yang asal manfaatin sound saw or 808 yang di paksa tereak nada tinggi ?? jawabannya


NO , ga harus toet..... ,di sinilah rata2 banyak DJ yang salah,terutama DJ baru or mostly perempuan yang baru setahun dua tahun ngeDJ , blom bisa explorasi sound dan brani bereksperimen maksain konsep toet itu komersil dan ngejejlin crowd dengan sound gitu ..... rusaklah crowd

kalo kalian semua complain kenapa scene indonesia mandek di toet,salahkan lah mereka,dj2 baru tanpa basic edukasi dance yang jelas,dan tanpa pengalaman mumpuni,yang cuma modal bodi bohay dan muka mulus,ga bisa ngebaca crowd dengan bener akhirnya karena pola pikirnya mandek di satu pikiran toet itu komersil ya cuma bisa maen lagu dutch house yang notabene udah basi coy

i know , sebagian dari kalian di sini tau gw termasuk beberapa pelopor sound dutch,but hey gw maen dutch ketika baru segelintir orang yang tau dutch itu apaan? ketika evolusi sound dutch dari baltimore baru berjalan ,blom sehancur dan semurahan sekarang ,but now ? seesh ketika gw harus maen dutch maksimal hanya 2-3 lagu di set gw dan itu hanya yang bener2 bagus

crowd ga perlu di kasi toet kok,cukup lagu yang familier buat mereka mereka udah enjoy,ga harus make beat eeeeeek eeeeeek eeeeeeek eeeeeeeek buat bikin mereka party habis2an,dan ga perlu harus pure lagu top 40 semua,kalo beatnya enak mereka bakal pecah kok, contoh Gregori Klosman Bounce atau Jaws cukup bikin crowd semainstream apapun goyang saat penempatan dan crowd reading lo bener,

komersil ga berarti kita ga educate kan? dan have some respect , seriously gw ga ngerti dj2 yang main i missu,broken angel atau lagu2 korea remix, what the hell where you thinking ??? segitu nyerahnya apa ga bisa mecahin crowd ,then you better quit your job and go back doing day jobs,dj is not a jukebox dan jangan pake alasan kalo crowd suka lagu itu coz i would say your an idiot,you are a DJ,its your job to light up the party so work hard,dont be a lazy ass yang succumbs to cheesy crappy song and then feel like a rockstar coz youre not

crowd itu sangat flexsibel ,tergantung DJnya , dan DJ juga tergantung crowdnya so if your in this world for the money,be god damn flexibel too,gw suka ngakak liat dj yang main di bali,di club dengan crowd yang notabene sophisticated yang bisa pecah sama good old underground house and tech house tapi ni malah maen toet , jujur gw beberapa kali liat ini and sometimes i just wanna go up to the booth, and slap that bitch out and say get off the decks ya moron !! tapi sayang separah2nya congor gw di internet di real life gw masi sangat sopan


and about dutch house,cmon guys that ship has sailed long ago,sound udah evolve sekian rupa hingga avicii aja udah termasuk komersil abis ,youre gonna keep on playing that sound and fool the masses? geeez you suck

blom lagi skrg tren "live PA" salah kaprah,yang nempelin artis yang entah bener bisa nyanyi atau cuma modal ngetop doang , seeesh , gw malah kasian liat dj kayak gitu,segitu ga bisa lakunya lo sebagai diri lo sendiri sampe harus nebeng ngetopnya orang lain buat main,damn yo ... ga ke itung job yang gw tolak karena pengen nempelin gw sama artis yang gw ga tau nyanyinya kayak gimana,im picky meski itu artis kalo gw blom pernah denger sendiri suaranya and liat performancenya gw mending ga ambil deh,daripada rusak set gw
unfortunately ga semuanya punya mindset begitu

seesh scene indonesia pada umumnya cuma bisa bikin gw geleng2 kepala,dan gw tau banyak kata2 gw di sini yang bakal menyinggung orang2,hey ga papalah,im spittin the truth,gw mau di benci silakan,toh gw di edm bukan sekedar nyari duit tapi gw juga bener2 cinta musik ini,so im doing my part in saving this scene by talking about stuff no one else masi mikir buat omongin ,love me or hate me

gw harap yang pada tersinggung dengan kata2 gw bisa mikir,dan berubah ke arah lebih baik,atau bisa musuhin gw dan coba menjegal job job gw , ga papa,toh rejeki tuhan yang ngatur,yang kenal gw personally tau kok gw gimana,im loved and hated by many ,but i wont sitback and do nothing while the scene turns to shit,komersialitas ga harus murahan,explore terus sound kalian,its about the songs not the sound


buat para dj2 underground salam hormat tertinggi gw untuk kalian,kalian adalah orang2 berani,di mana gw tidak senyali itu di banding kalian,gw cuma brani icip2 dan sekedar mencelupkan kaki di genre kalian,you guys are the real hero of the scene! dan gw sekedar orang yang cari makan di sini *kalo ada icon nyembah gw pake skrg*


Nice
Impossible is just a big word thrown around by a small men who find it easier to live in the world They've been given than to explore the power they have to change it. Impossible is not a fact. Its an opinion. Impossible is not a declaration. It's a dare



karena gw orang nya terkonsep, gw milih gimmick deh ;D

Sekedar illustrasi:

Pasar seni ITB  tahun '87, Oom gw iseng jualan2 (maaf) tokai2 an dari bahan resin. Bokap gw ngetawain, "lo udh gila ya, mana mau org beli tokai dari resin?" Padahal oom gw ini karyanya yg laen2 macem2 dari patung, grafis, smp lukisan dan keren2. Doi bikin sampe 100 pieces tuh tokai, buka stand pas diantara lapak yg jualan karya2 mahal dan bercita rasa tinggi. Dan apa yang terjadi sodara2? INDONESIA MASUK KE BABAK FIN..eh.. maksud saya, itu tokai2 semuanya terjual ludes! Apa komentar doi? "Percuma gue jual karya keren2 kalau orang ngerti juga kagak, mending gw jualan tokai.."

Moral of the story:

1. Gak ada namanya produk jelek, yg ada juga salah lokasi. Seperti kata guru2 marketing bersabda," Kunci penjualan yg sukses ada 3: 1. lokasi 2. lokasi 3.lokasi"

2. Jualah produk yg unik; ketika saingan kita jual lukisan, juallah tokai. Ketika saingan kita jualan tokai, juallah..pewangi ruangan? Ya ngerti lah maksudnya kemana..

3. Inovasi dan kreatifitas itu bukan sekedar tagline hampa.  Yang hampa itu hatiku.. #ehhh..

Nah, mari kita kembali ke leeeekboong.

Sekedar pengamatan aja sih ya. Munculnya trend2 kagetan kayak PSK bertopeng DJ ini, mungkin merupakan tanda2 dimana scene EDM sendiri ini mungkin sedang (atau boleh juga dibilang masih) berada di titik stagnan. Setelah masa2 keemasan super DJ lokal mulai meredup (ditandai dengan serbuan DJ2 dan performer EDM kelas dunia), nampaknya industri night life mulai kebingungan mau jualan apa, mengingat regenerasinya juga agak mandet. Ini juga berhubungan dengan serbuan import diatas tadi, dimana ketika DJ lokal kelas satu kemudian jadi pembuka untuk DJ kelas dunia, maka dengan sendirinya yg kelas dua turun ke kelas tiga, kelas tiga turun ke kelas empat, dan seterusnya. Ini berlaku utk event - event besar.

Diluar itu, event - event underground, walau massa nya terus bertambah, sedikit sekali mendapat tempat di venue2 yg lebih besar. Artinya, tidak terjadi kenaikan peringkat. Akibatnya pertumbuhannya juga terhambat dan scene lokal secara keseluruhan pertumbuhannya juga seret. Ini bukan berarti tidak ada kemajuan yang membanggakan dari talent2 muda berbakat, yang berhasil maju bahkan sampai ke kancah per DJ'an dunia.Tetapi secara garis besar, scene lokalnya sendiri ya tetep (maaf mengulang istilah lama) GGAN. Di Jakarta mungkin enggak terlalu ya. Tapi coba liat di daerah lain.

Lantas, apa artinya ini salah importir talent luar? Apakah ini salah dj-dj topless (hiii lucu, seperti kastengel dalem topless), apakah ini salah dj - dj yg playlistnya seperti cd2 "megamix 2011 disko selatan"? Tidak juga, bagaimanapun juga, sekali lagi gw ingatkan, this is showbizz. Business is business and nothing personal. Pengusaha akan mengusahakan sebisa-bisanya biar dagangan laku. Yang penting dapur ngepul. Mo maenin lagu tuktaktungtung, cekecescekeces, e a e o, dagangan gw laku mo ngomong aposee? Yakaan chyiin?

Mungkin udah waktunya berenti salah-salahan. Face it, in the end its just another market. If our own so called quality item doesn't sell, then there must be a mistake in the way we sell it. Period. Kenapa? Karena pada dasarnya di dunia yang kapitalis ini, semua bisa dijual. Bahkan tai2 an resin.
Anarchy. Now


02/07/12, 22:14 #39 Last Edit: 02/07/12, 22:27 by danzadanzi
Quote from: Discomfort on 02/07/12, 21:45

Business is business and nothing personal. Pengusaha akan mengusahakan sebisa-bisanya biar dagangan laku. Yang penting dapur ngepul. Mo maenin lagu tuktaktungtung, cekecescekeces, e a e o, dagangan gw laku mo ngomong aposee? Yakaan chyiin?

Mungkin udah waktunya berenti salah-salahan. Face it, in the end its just another market. If our own so called quality item doesn't sell, then there must be a mistake in the way we sell it. Period. Kenapa? Karena pada dasarnya di dunia yang kapitalis ini, semua bisa dijual. Bahkan tai2 an resin.


VIVA ADAM SMITH .... chyiiiin !!!

pada dasarnya di dunia yang kapitalis ini, semua bisa dijual. Bahkan tai2 an resin ( mungkin kalo tai beneran nya marchel duchamp or warhol pun buat kolektor art yang  sinting bisa dibeli hahaha )

ini maaf gw agak ngelantur .. tp ini contoh link download yang bikin horny ( sebagai penikmat EDM senang d liat nya hahaha )

http://clublandmp3.com/minimal-techno/

aih foto foto cewe nya yumy  ;D

saya rasa cari musik yg familiar... klw asing pasti bubar

IMHO kalo kita bicara soal market, the masses, or whatever it is you want to call it, gw seneng banged ngutip kata mendiang om Steve Jobs : "Half of the time, people don't know what they want...."

Trus gimana donk ?? yah you gotta show it, push it, shove it, market it, whatever u want to call it....
Kalo mau jujur sama diri sendiri, scene jadi begini sekarang ya karena pelaku scenenya sendiri banyak yang tidak mau keluar dari comfort zone.....i.e. "main kayak gini kena banget nih, jajal aja terus, pasti laku terus"

Akhirnya apa ? ya crowd dibombardir dengan musik dan konsep yang itu-itu aja, dan tanpa sadar opini publik terbentuk deh, musik yang asik tu begini i.e. Guetta,SHM,Skrillex dkk.....sementara musik yang diluar itu e.g deep house,techno, DnB,etc. itu dianggep loyo,gak asik, susah, u name it lah......padahal blom tentu juga the so called masses udah denger sebenar2nya gimana sih musik yang loyo,gak,asik, susah,dll itu.......

You may think I'm wrong, tp try to remember how it all started here.....bagaimana dulu in late 90s and early millennium musik EDM ini di indonesia cuma, selingan untuk break live music.....gimana dulu our pioneers Achdiyat,Anton,Romi,Remy Irwan,1man,Naro,Pite,Rim dan mash banyak yang lain lagi yang blom gw sebut (salute to yous all), pushed EDM into the local masses yang waktu itu masih live music (i.e.band) minded....

Dan akhirnya booming tuh, ya salah satu landmarknya menurut Gatecrasher Ancol 2002.....thousands of people in ancol, all dancing to EDM, and mind you no commercial Avicci, Guetta Sounds.....(at least seinget gw gitu)....Kenapa bisa begitu ya ? apakah karena tiba2 the masses berubah jadi EDM freaks overnight, atau karena pioneers ini nge-push terus sound mereka ? Id like to think its the latter.....

Jd ya IMHO sih, its not always about what the crowd wants, the crowd sebagaimana layaknya publik, punya opini yang bisa dibentuk, sekarang tergantung aja sama pelaku EDMnya, punya guts dan kegigihan seperti pioneers2 dulu gak untuk nge-push new and fresher sounds.......ato memilih untuk play it safe and keep the dance scene BORING !!!  *piss*

Ini cuma pendapat aja ya, pliss dont take it to seriously, kalo lo pikir ada benernya ya syukurlah, kalo gak anggep aja orang mabok meracau  ;D ;D ;D
Play your heart out loud !!!

Quote from: Ucil on 03/07/12, 01:07

..thousands of people in ancol, all dancing to EDM, and mind you no commercial Avicci, Guetta Sounds.....(at least seinget gw gitu)....Kenapa bisa begitu ya ? apakah karena tiba2 the masses berubah jadi EDM freaks overnight, atau karena pioneers ini nge-push terus sound mereka ? Id like to think its the latter.....


Itu maksud gue, terus2an nyalahin market laen yg jualan pentilism gak guna sih, biarin aja, its just another market. Yg penting skrg bagaimana kita menciptakan market laen dengan treatment yg beda. Blaming doesn't change syit; yg katro ya katro, yg bagus ya bagus. Daripada terus2an maen blaming game, mending juga keep on keeping it on. In time org ngerti kok
Anarchy. Now

"Half of the time, people don't know what they want...."

Hahaha, sama kali ya ama pentilism, mungkin karena like most people never see dj ditelanjangin, why not show it to them?
One cigarette costs 2 minutes of your life. One bottle of beer costs 4 minutes of your life. One working day costs 8 hours of your life.

Ravelex.net - Administrator
Email : Admin[at]rvlx.net
Phone : 021-9996-7859 (office hour)
fax.: 021-7



gue sangat menggaris bawahi komen om ucil (kalimatnya pas om  :P ), "keluar dari comfort zone"... itu merupakan tantangan bagi semua dj untuk mengedukasi masyarakat...

gue rasa kita semua mau dan bermusik keluar dari top 40, iya kan?  *tepuktangan*  :P


Danzig : setuju sob, bukan berarti perjuangan membangun scene melemah yah. Tp masalah ini masalah edm dunia kok. Ya ibaratnya kalo menurut gue begini : dulu edm disenengin minoritas orang, skr ketika para senior edm berhasil mengangkat nama edm dan menyebarkan virusnya, semua orang jd suka dan dpt dikatakan mayoritas orang suka edm. Banyak anak baru dan masih bersenang senang, termasuk yg baru dan juga bertingkah bagai dia lahir dr awal spt yang paling akar rumput dan elit. Biasa lah itu.

Buat gue emg bener kata uchiel, ga usah terlalu serius. Pasar berjalan sebagaimana mestinya, nanti ada saatnya yang baru suka edm akan bosan dgn komersialisme, dan mencari sesuatu yang serius, berat, dan berbeda. Salut utk temen2 dj yang eksis dan stabil di jalur underground, tanpa mrk ga ada penyeimbang dan tolak ukur edm scene di dunia ini.

Peace.
what we want what we believe

huahh jadi kangen kampus...  no other venue like it...
Dark Sound , Deep Melody, Psy Rhythm, Techno Bassline