Ravelex

Nokia Comes With Music, 3 juta lagu gratis dan legal

Gober · 3 · 1851

Offline Gober

  • Administrator
  • GOLD MEMBER
  • *****
    • Posts: 5.208
    • View Profile
    • www.ravelex.net
32446-0
Nokia meluncurkan sebuah layanan bernama Nokia Comes With Music, yaitu sebuah layanan download kurang lebih 3 juta koleksi lagu yang ada di Ovi Music (dulunya disebut Nokia Music Store) secara gratis, sebagai bonus layanan untuk pembelian handphone yang dibundle dengan Comes With Music.

Nokia Comes With music menyediakan 3 juta lagu yang bisa dipilih secara gratis kepada pemilik account ini selama satu tahun penuh. Apabila satu tahun sudah berlalu, lagu yang kita download masih tetap bisa kita putar. Lagu - lagu itu dikelompokkan dalam berbagai genre yang memudahkan orang untuk memilih sesuai genre masing masing. Kabar baik untuk penggemar EDM, disediakan kategori tersendiri yaitu Dance / Elektronica. Koleksi di kategori elektronik ini lumayan banyak,  kebanyakan artis yang ada di koleksi ini adalah artis yang dikelola oleh major label, tidak seperti music store khusus EDM yang menyajikan lagu dari artis indie. Artis besar seperti Tiesto, David Guetta, Deadmau5, Steve Angelo, Basement Jaxx, Chemical Brothers dan lain lain. Menurut Widhi Asmoro, Music editor dari Nokia Indonesia, List ini akan terus diupdate oleh Nokia Indonesia, jadi koleksi yang ada saat ini bisa terus berkembang. Bahkan ada rencana dari Nokia indonesia untuk menambahkan koleksi dari musisi indie tanah air. Mudah mudahan terlaksana di kemudian hari. Apabila hal ini terjadi, tentunya sangat menggembirakan, karena musisi EDM yang kebanyakan tidak bergabung di major lagel punya medium baru untuk memasarkan musiknya.

32448-1
Layanan terbaru ini dapat diakses dengan sebuah program bernama Nokia Ovi Player, sebuah program pemutar lagu di komputer yang juga menyediakan layanan online music store, seperti ITunes store untuk pemakai Iphone. Akses donwload lagu ini bisa dilakukan dengan menginstall Ovi Player ke komputer kamu. Program ini berbasiskan windows media player, jadi file instalasi tidak begitu besar. Dengan player ini pengguna bisa mendownload, memutar, mengelola dan mentransfer lagu-lagu koleksinya ke perangkat yang mendukung Nokia Ovi Player ini. Program ini bisa didownload gratis di website resminya. Program ini bisa diinstall di Windows XP sampai ke Windows 7 tanpa hambatan, tapi sayang sekali tidak dapat diinstall di komputer apple.

Lagu yang ada di koleksi Nokia Ovi Music diproteksi dengan sistim DRM (digital rights management). Sistim DRM ini sendiri berbeda beda dari satu lagu ke lagu lain, gunanya untuk membatasi pengguna untuk mengcopy ke perangkat lain. Hal ini dilakukan untuk mengatasi pembajakan tentunya. Hanya perangkat yang didaftarkan ke sistim ini yang bisa membaca / memutar lagu yang terproteksi. Sebelum mendownload, kita diharusnya mendaftarkan PC dan Handphone  yang akan kita pakai ke dalam sistim DRM ini. Sistim ini bisa dipindahkan dari satu perangkat ke perangkat lain dengan mengulang pendaftaran perangkatnya. Apabila kita memindahkan account kita ke komputer lain, maka komputer awal kita tidak dapat memutar lagu yang sudah di download. Program ini juga mempunyai fasilitas Burn ke CD. Tetapi hal ini bisa dilakukan hanya untuk lagu yang memperbolehkan kita Burn ke CD. Jadi cek dahulu hak DRM dari masing masing lagu.

32450-2
Bagaimana dengan DJ? Sayang sekali sampai saat ini perangkat pemutar untuk DJ yang mendukung DRM masih sangat jarang. Perangkat keras (hardware) seperti CDJ masih belum ada yang bisa memutar file DRM, tapi untuk software DJ baru satu yaitu PCDJ yang sudah mendukung. Masih menjadi pertanyaan apakah para developer perangkat Hardware dan software DJ akan mendukung sistim proteksi ini atau tidak. Tetapi dengan semakin diakuinya sistem ini dalam menjaga hak cipta musisi, sepertinya dukungan itu mau tidak mau harus dilakukan. Jadi untuk sementara, kita bisa menikmati koleksi lagu kita di komputer dan handset Nokia Music.

Untuk saat ini di Indonesia Nokia Comes With Music baru bisa dinikmati oleh pemakai Nokia X6, ponsel terbaru Nokia yang dioptimalkan untuk penggemar musik. Ponsel ini memiliki kelebihan yaitu memori internal sebesar 16GB (versi 32 GB akan segera diluncurkan) dan dengan interface layar sentuh yang berteknologi capacitive touchscreen bisa dioperasikan dengan baik hanya dengan sentuhan jari, jadi tidak perlu stylus lagi. Selain itu untuk mengabadikan moment berharga kamu, ponsel ini dilengkapi dengan kamera 5 megapixel dengan autofocus, lensa Carl Zeiss dan dual LED light. Untuk koneksi, tersedia Wifi dan modem 3.5G dengan kecepatan maksimum 3.6 Mbps, tentunya kecepatan ini tergantung dari jaringan GSM yang kamu pakai. Supaya tidak kesasar, ada fasilitas Nokia Ovi Maps yang mendukung GPS. Dan sebagai ponsel musik, tersedia jack audio standart 3.5 mm yang bisa dipakai dengan headphone yang sudah kamu punya sekarang, support juga headphone DJ. Apabila headphone tidak ada, ponsel ini tetap bisa memutar lagu dengan internal speaker stereonya yang cukup baik suaranya.

Info lebih lanjut tentang Nokia Comes With Music  http://nokia.co.id/play

review tentang album atau artis yang sedang tren atau video musik dan konser live streaming eksklusif http://nowplaying.nokia.com/id/

Alamat situs bursa music ovi dimana kamu bisa mendengar preview lagu : http://www.music.ovi.com/id
« Last Edit: 28/05/10, 13:16 by Gober »
One cigarette costs 2 minutes of your life. One bottle of beer costs 4 minutes of your life. One working day costs 8 hours of your life.

Ravelex.net - Administrator
Email : Admin[at]rvlx.net
Phone : 021-9996-7859 (office hour)
fax.: 021-7


Offline olis

  • GOLD MEMBER
  • *
    • Posts: 4.263
    • View Profile

Offline Gober

  • Administrator
  • GOLD MEMBER
  • *****
    • Posts: 5.208
    • View Profile
    • www.ravelex.net
Rencananya Nokia mau menggandeng label2 kecil seperti Spinach Rec dan 1945 MF. Tapi itu baru rencana, kita lihat aja nanti...

Kalau memang mereka mau menampung label2 kecil, bagus sekali langkah itu...
One cigarette costs 2 minutes of your life. One bottle of beer costs 4 minutes of your life. One working day costs 8 hours of your life.

Ravelex.net - Administrator
Email : Admin[at]rvlx.net
Phone : 021-9996-7859 (office hour)
fax.: 021-7


 

Templates: 3: index (SunRise20), Portal (default), Display (SunRise20).
Sub templates: 8: init, html_above, body_above, portal_above, main, portal_below, body_below, html_below.
Language files: 3: SPortal.english (SunRise20), index+Modifications.english (SunRise20), ThemeStrings.english (SunRise20).
Style sheets: 1: portal (default).
Files included: 17 - 940KB. (show)
Queries used: 27.

[Show Queries]
SimplePortal 2.3.7 © 2008-2021, SimplePortal