Loader

Realita, cinta, dan EDM; A retrospective

Started by Discomfort, 14/08/09, 01:32

Previous topic - Next topic
14/08/09, 01:32 Last Edit: 21/08/09, 17:15 by Discomfort
Sebagai pengantar aja sebelum bali summer ya..

Sorry nih, cuman ngingetin aja ama temen2 promotor event yg geda2..  ada apa sih dengan selalu membawa talent luar ke dalem? Bukan gak appreciate dan ungrateful loh ya, cuman ngomong talent lokal nih.. emang jelek2 amat ya sampe musti SELALUUU aja talent lokal di underdog-in ama talent luar? Kebayang gak sih dengan duit sedemikian banyak kita bisa bikin apa dengan talent2 lokal yg sumpah gak kalah keren juga gitu? Mana community buildingnya? Apa kita musti dicekokin talent luar mulu ya? Trus "eksklusif" nya di mana kalau  sebulan 3-4 kali (bahkan lebih) talent luar berbondong2 maen ke sini? Kasian gw asli..

Dan kayaknya gak usah deh ya gw bicara soal treatment yg jomplang bgt dalam menghandle talent luar dan dalem.. ngalamin bgt kok gw.. sementara talent luar ada liaison offier yg bolak balik ngurusin makan minum etc, kita dapet makan, dapet minum aja kagak..emang sih gak selalu ya kejadian separah ini, tp kerasa kok segimana jomplangnya treatment yg kita terima (ini baru treatment ya, belum ngomong fee) Plis bapak2 dan ibu2 sponsor dan label2 besar yg terhormat.. Kalo gini mulu, ini namanya penjajahan kultural. Gw tau subject ini udh pernah di bahas dulu kala, tapi kok ya beneran gak ada kemajuannya ya? Malah makin parah deh perasaan. Trus kapan kita majunya kalau support yg mustinya diterima talent lokal malah diabisin bwt talent luar mulu? Sedih asli gw ngeliatnya..

Udah gitu mahal2 bawa talent luar, jebret maen, pulang.. minggu depan yg baru lagi nongol.. asli kok jadi kayak nonton dvd ya? gak berasa juga jadinya kan? Keuntungan bwt komunitas lokalnya apa? Belajar? Iya sih, tp gak sejauh sampe kalo bikin workshop atau project kolaborasi serius juga toh? Lantas kenapa enggak? Kan bisa jadi promosi yg keren juga kalau misalnya ada sebuah brand yg mensponsori proyek kolaborasi luar dalem dan hasilnya canggih.. beuhh.. global coverage asli.. tapi kok gak ada ya? Paling dulu 360 sempet bikin yg workshop / ngobrol2 itu. sama JADE yg dulu itu paling..Abis itu ada lagi gak sih? jgn2 gw yg miss..

Sekali lagi mohon maaf sebesar2nya, gw cuman pingin membuka pintu dialog aja. Soalnya asli gw penasaran nih.. kenapa ya? Jelek? Kurang bergengsi? Kurang gaya kalau gak bawa talent luar? Apa?  

Anarchy. Now

tanpa bermaksud bersikap sok tau, karena saya yakin di sini banyak yang lebih tau tentang scene ini..

IMHO secara jangka panjang terlalu membludaknya talent luar yang didatengin ke sini tanpa dibarengi dengan proses transfer ilmu atau pengalaman malah akan menghambat perkembangan scene ini sendiri.. dampak paling gampang dilihat adalah semakin berkurangnya kesempatan main bagi para dj lokal. diakui atau tidak saat ini kesempatan untuk bermain para dj lokal itu sendiri tidak berimbang dengan perkembangan jumlah dj yang ada.. kalo ga buat event sendiri susah dapet tawaran main dari club..

sementara crowd sendiri akhirnya menjadi "manja", pengennya dateng ke event yang ada talent internasionalnya aja.. supportnya untuk local scene ke mana?

talent internasional "menjajah" lokal, yang lokal "menjajah" daerah, trus yang daerah mau ke mana dong? ::)

just my 2 cents, no intention to offend anybody.. if somebody is offended, i apologize sincerely.. :)
audio  - video - disco
I hear - I see  - I learn

14/08/09, 05:45 #2 Last Edit: 14/08/09, 14:38 by JakClubbers_Media
Well ... i'm not a DJ ..  jadi gw akan berpendapat  dari kacamata reporter clubbing ... (btw .. correct me if i'm wrong)  *piss*

gw sering seliweran kadang ngeliput international talent kadang  local talent kelas wahid  (label raksasa) ..    dan gw ngeliat treatment'nya hampir sama kok ... dapet Meja VIP , diurus dari minuman sampai makanan , anter jemput . dsb ..

jadi gw rada bingung maksud perbedaan treatment'nya dimana ?

emang sih keliatan jomplang  treatment antara talent local kelas A+ / international talent  sama yang talent yang pamor'nya enggak se-wahid  DJ - DJ Lokal Super Kondank atau  International talent tsb ..

well .. that's human physiology for ya ...   (treatment kalo ada seleb Hollywood sama seleb sinetron lokal udah pasti beda) <<== enggak tau kenapa tapi emang udah dari sana'nya pasti gitu .. psikologi manusia namanya..


Quote from: Discomfort on 14/08/09, 01:32
Soalnya asli gw penasaran nih.. kenapa ya? Jelek? Kurang bergengsi? Kurang gaya kalau gak bawa talent luar? Apa?  

indah'nya membayangkan dunia dimana semua seniman yang berbobot dihargai (dalam hal ini local talent yang memiliki kualitas dan komunitasnya)

well the problem is .. we live in a materialistic world .. its all about bling - bling & reputation ..  :-\

Dari sisi Promotor / Label ... mengundang International Talent udah pasti jadi suatu achievement tersendiri ...  hal ini menandakan bahwa label / promotor tersebut sudah memiliki kemampuan lebih dari segi financial & networking sehingga bisa sampai mengundang talent international yang mengeluarkan budget gila - gila'an .
Dengan demikian prestige label tersebut akan semakin naik dan makin mudah mendapatkan backup dari sponsor karena namanya sudah dikenal bonafid untuk dijadikan lahan branding ( + akses untuk buat gig di club2 besar jadi lebih dipermudah)

Kalo dari sisi Club ... terus terang gw bukan orang club jadi gw gak tau apakah dengan adanya DJ International yang udah dibayar mahal penjualan itu malem naek 300% atau gimana ... (gw pernah liat talent International maen tapi Club'nya sepi)

tapi yang pasti .. mo untung atau rugi penjualan ... Brand Image Club itu udah pasti naek .. (efek dari iklan + baliho jor-jor'an) dan pengaruhnya ke hari-hari lain ..  kalo Club punya brand-image bagus .. udah pasti orang - orang suka party di club itu .. (dengan kata lain pemasukan naik) $$$$

samething with the sponsors ... Brand Image / Impression / apalah istilah mereka orang ...  DJ International => Hype => Good Marketing => brand image => long term sales of product (bling - bling) $$$$

suka enggak suka .. tapi dari pengamatan gw kayaknya udah begitu dari dulu ... it's all about bling - bling & reputation ...  :-\


- Maaf cuman pendapat dari seorang reporter clubbing ... jika ada yang salah mohon dikoreksi dan mohon maaf bila ada pernyataan yang menyinggung -  :)

Memang sih motifnya uang, ini kan industri....

Kalau yg underground dan low budget sih gw pernah mengalaminya... even event ini melibatkan international talent...

Yah sebagai penyeimbang, event underground yg tak terekspos pun masih ada..

Quote from: walasok on 14/08/09, 03:34

talent internasional "menjajah" lokal, yang lokal "menjajah" daerah, trus yang daerah mau ke mana dong? ::)



Yang daerah ya tetap berjuang untuk eksis bro dan "menjajah" daerah yg lebih kecil lagi tentunya... hehehe... *piss*

Ga sih, menurut gw pada prinsipnya harus balance aj.... Gw mengaca dr tempat gw di sby, beberapa  tempat menurut gw masih cukup support dengan lokalnya sendiri ( dj lokal sby ) walaupun mgkn treatment & kontraprestasinya belum sekelas dj nasional... ( lokal jkt )... klo soal internasional talent ya balik lg soal image & bisnis td, prestige, dll...seperti yg udah dijelaskan oleh teman2 diatas...   ya cuman harapan gw suatu saat harus ad feedback juga buat dj2 qta... ya sebaliknya juga suatu saat dj2 qta bisa diundang maen juga di event2 internasional dr label2 dj internasional yg pernah qta undang ke indo gt...

kira2 gt opini / sudut pandang dr gw, no offense ya...

cheers

Quote from: joey_30 on 14/08/09, 10:21
Quote from: walasok on 14/08/09, 03:34

talent internasional "menjajah" lokal, yang lokal "menjajah" daerah, trus yang daerah mau ke mana dong? ::)



Yang daerah ya tetap berjuang untuk eksis bro dan "menjajah" daerah yg lebih kecil lagi tentunya... hehehe... *piss*

Ga sih, menurut gw pada prinsipnya harus balance aj.... Gw mengaca dr tempat gw di sby, beberapa  tempat menurut gw masih cukup support dengan lokalnya sendiri ( dj lokal sby ) walaupun mgkn treatment & kontraprestasinya belum sekelas dj nasional... ( lokal jkt )... klo soal internasional talent ya balik lg soal image & bisnis td, prestige, dll...seperti yg udah dijelaskan oleh teman2 diatas...   ya cuman harapan gw suatu saat harus ad feedback juga buat dj2 qta... ya sebaliknya juga suatu saat dj2 qta bisa diundang maen juga di event2 internasional dr label2 dj internasional yg pernah qta undang ke indo gt...

kira2 gt opini / sudut pandang dr gw, no offense ya...

cheers
Yang kecil menjadi DJ kamar aja ;D *piss*

BTW kalo promotor lokal nya emang lum tertarik gt narik talent lokal tuk maen di event/scenes club di UK / club2 di luar negri??

who knows kan xporting talent lokal to play trus join work ama club di negara laen kalo ngitung cost incomenya bisa better drpada ngimport talent luar negri

networkin maybe hehe


IMHO, sekarang udah kelewatan malah ngedatengin DJ-DJ luar.. kalo gw prihatin nya malah sama EO2 besar.. kenapa mereka ga coba buat merangkul nu-breed dan juga DJ Lokal lainnya, bikin rave atau event di club yang diperuntukkan buat kita semua.. crowd jadi manja betul banget, dan kesempatan main buat nu-breed juga makin sedikit, sedangkan club yang buat dimainin juga makin menipis

dari rvlx sendiri udah buat yang namanya REDMA buat naikin status dan penghargaan buat DJ Lokal.. tapi kalo kesempatan maen nya udah makin tipis, apa yang mau dinilai :-\ :-\ :'( :'(

Quote from: JakClubbers_Media on 14/08/09, 05:45

well .. that's human physiology for ya ...   (treatment kalo ada seleb Hollywood sama seleb sinetron lokal udah pasti beda) <<== enggak tau kenapa tapi emang udah dari sana'nya pasti gitu .. psikologi manusia namanya..


I call that human incompetence and an un-professional attitude, if not discrimination. Talents are talents be they come from hollywood or jogja. Is it human nature to be discriminative? and uh, Psychology? The human psyche CAN be altered through conditioning (thus, the term hype). Question is, do we want this condition ( I refer to my previous statement about the discriminative treatment received by local TALENTS, be them DJ's, VJ's, Bands, Live PA, etc) to remain until "The death of us all"? Gak kan?

Lantas siapa yang bisa "mempengaruhi" human psyche itu sendiri? Salah satunya ya media seperti anda. Sayangnya pembahasan tentang situasi yang, setidaknya menurut gue ya, memprihatinkan ini, cukup minim. CMIIW, tapi seinget gue, ini gak pernah di bahas di media manapun juga. Baik media secara umum ( yang tidak menganggap EDM talents sebagai seniman) atau pun media yg mengkhususkan diri dalam subject matter tersebut. Belum creator dari event2 itu sendiri yg selalu aja "latah" berlomba2 bawa talent luar ke sini. Impact dari yg satu ini gede bgt. Contoh simple nya, kalau "karya" (dalam hal ini event) yang hanya melibatkan talent local kelasnya sinetron terus, gimana masyarakat kita sendiri bisa respect sama talent2 local tersebut? Padahal talent2 local ini sendiri juga bukannya gak mampu kok. Disisi laen, berapa kali kita menjadi saksi kenyataan bahwa, DJ2 internasional yg katanya "Wah" pun, maennya gak bagus2 amat ketika diundang ke sini?

Ok, anda bilang perlakuan dari label dan sponsor sudah cukup adil, tapi coba kita lihat saja di hal2 seperti publikasi event2 pada umumnya. BIG LETTERS for international talents dan huruf kecil2 buat "supporting" talents yg selalu talents local (kalau ditulis itu juga, ada loh sponsor yang gak mau menuliskan talent local di publikasi eventnya). Ironis ketika toh nyata2nya yang bawa talents2 luar itu orang Indonesia juga. Yang artinya talent2 luar itu yang tamu, bukan sebaliknya talent2 local yang "ditamukan" di event local sendiri.  Sering kejadian talents local "dibuang" ke  stage kecil yang penanganannya juga seadanya. Di bali kemaren bahkan ada DJ local yg ditolak masuk ke venue event yang dia juga ikut terlibat utk perform, dengan alasan "namanya gak ada di guest list". Mungkin lo musti melihat lebih jauh lagi dari sekedar penyediaan table VIP, anter jemput, dan makan. Coba tanya deh ama talent2 local yang pernah terlibat di event2 "gede" ini (and lets not talk big names, as in talents that are the owners of the labels that created the events.. kalo ini ya jelas2 di service abissss wong juragannya kok)..

Hype? Hype itu diciptakan my friend. So if we didn't create the hype that our own local talents were as good as other nation's talents, the hype wouldn't exist. Rules of thumb dari hype adalah, ketika hype tersebut terlalu di push, dia akan mati. It happened to Disco on the 70's, it happened to ska in indonesia on the  90's, it happened to grunge, and many2 over - exploited subcultures around us. Tanda2 nya di scene EDM ini sendiri juga udh ada kok. Salah satunya anda sendiri udh bilang;

Quote..gw pernah liat talent International maen tapi Club'nya sepi..

Kenapa ini bisa kejadian? Ya karena kejor jorannya bawa talent luar itu tadi! Face it, people r bored of this so called international talents!

Intinya gini, kalau gak media local, venues, label2 local dan sponsor ini yang memposisikan talent2 local sebagai tuan rumah di eventnya sendiri, lantas siapa? Coba kita balikin, Talent2 luar yg geda2 itu sendiri jadi gedenya di mana? Negeri orang lain? Gak toh? Ya di negerinya sendiri lah! 

cheers!
Anarchy. Now

nice nice.. :)

hal ini udah menjadi pemikiran dari 3-4 tahun lalu.. mas romy udah juga pernah ngingetin..
contoh yg paling dekat adalah singapore.. negara yg paling sering datengin DJ luar dan akhirnya local scenenya bisa dibilang 'mati':)

currently, we are here (soundscape records) running an international project.. :)
it will take time.. years maybe.. but we're starting it right now..
just pray for us.. :) all details will be announced soon :)

regards,
tito simon

coba kalo dari pihak EO nya lihat ini ya.. apa mereka benar peduli sama perkembangan EDM disini :)

kalo treatment nya gw ga bisa komen ya, karena belum ngalamin sendiri
peace

Quote from: ^rustyman^ on 20/08/09, 06:17
coba kalo dari pihak EO nya lihat ini ya.. apa mereka benar peduli sama perkembangan EDM disini :)


kayaknya sih gak mungkin ya.. kalo iya pun gw rasa mereka gak akan menjawab apa2.. ya gak papa sih, kalau gak mau dialog yo wis, yg penting kita sebagai "insan edm Indonesia"  ( ;D ) mau ngasih feedback, kadang2 soalnya produsennya juga gak tau bahwa keadaan lapangannya kayak gini gara2 kita2 juga mangut2 doang.
Anarchy. Now


Quote from: Discomfort on 19/08/09, 02:33
Quote from: JakClubbers_Media on 14/08/09, 05:45

well .. that's human physiology for ya ...   (treatment kalo ada seleb Hollywood sama seleb sinetron lokal udah pasti beda) <<== enggak tau kenapa tapi emang udah dari sana'nya pasti gitu .. psikologi manusia namanya..



Intinya gini, kalau gak media local, venues, label2 local dan sponsor ini yang memposisikan talent2 local sebagai tuan rumah di eventnya sendiri, lantas siapa? Coba kita balikin, Talent2 luar yg geda2 itu sendiri jadi gedenya di mana? Negeri orang lain? Gak toh? Ya di negerinya sendiri lah! 

cheers!

klo soal psikologinya sederhananya gini kali, qta ini bangsa jajahan jd selalu melihat yg datang dari luar / barat itu  kelihatan lebih unggul.... belum lagi ni musik emang asal usulnya dari sana gt.... :)

ya itu dia kenapa qta selalu jadi supporting di negara qta sendiri ? klo ga jd dj opening ya closing... hehehe... ya sekali2 international dj itu yg jadi opening or closing qta gt... qta yg jadi main set-nya.... mudah2an bsa jd mimpi yg terwujud suatu saat nanti... :)

Gua coba menjawab dari kacamata EO:
DJ bule mendapatkan treatment istimewa, seperti LO yang nemenin kemana mana mungkin karena emang harus ada yang ngurusin kali ya. Berhubung orang asing, dia ga bisa dilepas begitu aja. Ya sama seperti DJ lokal yang main di luar kotanya. Seharusnya ada "pengawal". Kalo masalah harga, akomodasi, transportasi, mungkin tergantung negosiasi dari EO dengan artis. Jangan salahkan EO kalau ternyata ada artis lain yang dapet lebih, kalau merasa tidak adil, ya coba perbaiki kerjasama yang lebih menguntungkan kedua belah pihak.

Sekarang dari EOnya sendiri sebenernya bukan mau cari untung banyak dengan melakukan itu. Mereka dihadapkan dengan keterbatasan dana yang mereka punya. Karena sampai hari H biasanya dari sponsor hanya keluar 50% dana. Nah 50% nya lagi harus di talangin sendiri, dan biasanya jumlah yang bisa dikumpulkan ga sampai ke angka setengahnya, jadi jalan keluarnya adalah menekan cost atau reschedule pembayaran. Akomodasi & Transportasi mungkin akan disisihkan karena mengingat diluar kota, biaya yang dikeluarkan untuk 2 item itu mungkin bisa lebih besar dibanding fee dari si artis. Untuk artis yang sudah punya tiket pergi, biasanya dibayarin tiket pulangnya atau sebaliknya. Segala cara bisa digunakan untuk menekan harga. Nah sebagai artis juga harus jeli dengan kerjasama yang akan dibuat. You got to make sure kalau yang lo butuhin ada di kontrak, dan ga ada salahnya juga sih membantu mengurangi beban si EO apabila ternyata si artis udah punya tiket dari event lain.

Kalo soal DJ Luar, gua rasa masih budaya sini melihat orang bule better than ours, ga usah di dunia hiburan, di kantor2 aja, bule dengan level yang sama dengan pribumi bisa dapet gaji 5 kali lipat. padahal belum tentu tuh bule bisa kerja lebih baik dari orang pribumi. Emang mental kita masih mental dijajah, perlu semangat lebih untuk keluar dari pemikiran itu. Sekarang biar aja mereka berbondong2 ke negara kita, tapi gimana caranya kita bisa juga berbondong2 ke negara mereka. Ada beberapa DJ kita yang udah sukses menancapkan kaki di negara orang, seperti Abang, Romy, Osvaldo, Yansi, Milinka, Jessica Jetseven dll. Ini membuktikan kalau kita juga bisa main di luar.
One cigarette costs 2 minutes of your life. One bottle of beer costs 4 minutes of your life. One working day costs 8 hours of your life.

Ravelex.net - Administrator
Email : Admin[at]rvlx.net
Phone : 021-9996-7859 (office hour)
fax.: 021-7

mungkin perlakuan lebih itu ada karena mereka adalah tamu di rumah kita kali ya..

but that makes me wonder, apakah perlakuan yang sama terjadi waktu orang kita yang main ke rumah mereka? ::)
audio  - video - disco
I hear - I see  - I learn

Quote from: Gober on 20/08/09, 11:23
Kalo soal DJ Luar, gua rasa masih budaya sini melihat orang bule better than ours, ga usah di dunia hiburan, di kantor2 aja, bule dengan level yang sama dengan pribumi bisa dapet gaji 5 kali lipat. padahal belum tentu tuh bule bisa kerja lebih baik dari orang pribumi. Emang mental kita masih mental dijajah, perlu semangat lebih untuk keluar dari pemikiran itu.

its true.. kejadian di pekerjaan gue kalau Bule itu berasa lebih pintar lebih tau segalanya... padahal they dont know a shit...

My Mixtape on DEMOSTATION
Infinite Numbness Vol 03 and Vol 04
Click 2 Download

Quote from: Gober on 20/08/09, 11:23
Ada beberapa DJ kita yang udah sukses menancapkan kaki di negara orang, seperti Abang, Romy, Osvaldo, Yansi, Milinka, Jessica Jetseven dll. Ini membuktikan kalau kita juga bisa main di luar.

setuju sm paman Gober..
selama ini gua jauh2 d Beijing selalu mencoba membawa nama Indonesia di dunia international dan project utama gua adalah utk ngebawa semua dj2 kita utk maen di sana...memang nggak gampang..sangat2 susah dan perlu waktu..tp skr udah mulai banyak yg tau eksistensi team gua di scene local Beijing..
utk sekedar maen di sana gua bisa siapin gig..yg susah itu..nyari yg mau bayarin tiket jkt-beijing-jkt..kebetulan yg udah pernah sekalian berlibur dan gua siapin gig d sana seperti Adhe (spinach), Altuna , Cristo, Joey..jd kl ada yg kebetulan mau berlibur ke beijing dan mau sekalian ngeGig..silahkan contact gua...kita acak2 dancefloor beijing..hehehehe
eksistensi Dj2 Indonesia d scene international juga bs kita liat dgn banyakanya dj2 kita yg udah release lagu secara international..dan itu banyak bgt..kita hrs bangga akan itu...mind set kita hrs dirubah..kl ketemu org bule jgn terkagum kagum..sombongin aja..huekekeke..pisss ahh... *piss* *piss* *piss*



www.dj.beatport.com/osvaldonugroho

Quote from: osvaldo1945MF on 20/08/09, 16:21
Quote from: Gober on 20/08/09, 11:23
Ada beberapa DJ kita yang udah sukses menancapkan kaki di negara orang, seperti Abang, Romy, Osvaldo, Yansi, Milinka, Jessica Jetseven dll. Ini membuktikan kalau kita juga bisa main di luar.

setuju sm paman Gober..
selama ini gua jauh2 d Beijing selalu mencoba membawa nama Indonesia di dunia international dan project utama gua adalah utk ngebawa semua dj2 kita utk maen di sana...memang nggak gampang..sangat2 susah dan perlu waktu..tp skr udah mulai banyak yg tau eksistensi team gua di scene local Beijing..
utk sekedar maen di sana gua bisa siapin gig..yg susah itu..nyari yg mau bayarin tiket jkt-beijing-jkt..kebetulan yg udah pernah sekalian berlibur dan gua siapin gig d sana seperti Adhe (spinach), Altuna , Cristo, Joey..jd kl ada yg kebetulan mau berlibur ke beijing dan mau sekalian ngeGig..silahkan contact gua...kita acak2 dancefloor beijing..hehehehe
eksistensi Dj2 Indonesia d scene international juga bs kita liat dgn banyakanya dj2 kita yg udah release lagu secara international..dan itu banyak bgt..kita hrs bangga akan itu...mind set kita hrs dirubah..kl ketemu org bule jgn terkagum kagum..sombongin aja..huekekeke..pisss ahh... *piss* *piss* *piss*

kereennn om Ooooss..
kpn ya bsa liburan ksna?   ::) :-\

ikut menyimak aja ahh.. ;D *piss*
Visit : @djrangel

"It's not about what you use, it's how you use it.

Quote from: osvaldo1945MF on 20/08/09, 16:21
Quote from: Gober on 20/08/09, 11:23
Ada beberapa DJ kita yang udah sukses menancapkan kaki di negara orang, seperti Abang, Romy, Osvaldo, Yansi, Milinka, Jessica Jetseven dll. Ini membuktikan kalau kita juga bisa main di luar.

setuju sm paman Gober..
selama ini gua jauh2 d Beijing selalu mencoba membawa nama Indonesia di dunia international dan project utama gua adalah utk ngebawa semua dj2 kita utk maen di sana...memang nggak gampang..sangat2 susah dan perlu waktu..tp skr udah mulai banyak yg tau eksistensi team gua di scene local Beijing..
utk sekedar maen di sana gua bisa siapin gig..yg susah itu..nyari yg mau bayarin tiket jkt-beijing-jkt..kebetulan yg udah pernah sekalian berlibur dan gua siapin gig d sana seperti Adhe (spinach), Altuna , Cristo, Joey..jd kl ada yg kebetulan mau berlibur ke beijing dan mau sekalian ngeGig..silahkan contact gua...kita acak2 dancefloor beijing..hehehehe
eksistensi Dj2 Indonesia d scene international juga bs kita liat dgn banyakanya dj2 kita yg udah release lagu secara international..dan itu banyak bgt..kita hrs bangga akan itu...mind set kita hrs dirubah..kl ketemu org bule jgn terkagum kagum..sombongin aja..huekekeke..pisss ahh... *piss* *piss* *piss*

siap bro!! *bgs*

sebenernya talent lokal kita baik yang senior atau yg new breeds gk kalah kok dgn talent2 yg interlokal eh maksudnya dj2 luar, cuma kok stiap ada talent lokal kita yang main di luar negeri sounding eventnya kurang bergema yaaa....???? jangankan di negara tempat mereka akan main, di negara kita sendiri pun kurang ter ekspos, kurang bergema dibanding dj luar yg akan main disini...
setiap dj luar yg akan mentas disini hampir semua media, sponsor dan sebagianya sibuk mengekspos dgn berita yg BESAR dan gambar yang BESAR pula....

pernah ada kejadian disaat salah satu dj senior kita dpt undangan utk hadir di world music confrence atau apalah namanya itu gw lupa di miami, beliau agak kesulitan krn biaya utk ksana cukup besar sekitar 50 jutaan mgk yaaa. beliau coba mencari sponsor atau bantuan pemerintah tapi hasilnya NOL BESAR. jgn kan pemerintah, pihak sponsor yg biasanya menggelontorkan dana besar utk event yg melibatkan dj luar pun susah bgt alias medit...

gw kira peran media dan forum seperti ravelex inilah yg mustinya bisa mengangkat gaung talent lokal yg emang mumpuni spy tidak kalah dgn dj luar yg mgk kuaitasnya setara atau bahkan di baawah talen lokal kita
Bukan Sembarang Pria, Pria Sembarangan....!!!!

Quote from: Gober on 20/08/09, 11:23
Gua coba menjawab dari kacamata EO:
DJ bule mendapatkan treatment istimewa, seperti LO yang nemenin kemana mana mungkin karena emang harus ada yang ngurusin kali ya.

Itu dia Yon, masalahnya seriing bgt talent local boro2 ditemenin, diurusin juga kagak.. gak usah deh utk urusan makan minum, kadang2 urusan yg berhubungan sama performance nya sendiri juga enggak diurus. Ini yang bikin gue heran, padahal kan kalo performnya jadi oke kan yg untung eventnya juga.. kan aneh.

Sebenernya gue bikin thread ini, selain menyuarakan agar talent lokal lebih dihargai ya.. benernya sih gw kangen aja ada event  yang talentnya lokal semua, tapi dengan penanganan yang maksimal. Gw yakin benernya kita mampu kok, cuman chances nya aja yg jarang sekali ada..  gitu loh
Anarchy. Now

asal balance aja siik.

tapi bagus juga kok kalo eo2 pada patungan gitu,
bikin real big festival yg pure local talents gitu..
seru2 aja siik,
kayak jaman2 dulu juga banyak kan..
asal packaging dari seluruh acara menarik dan jelas..
dan local talents nya juga jelas,

tapi mungkin masi pada gengsi kali ya eo2nya..
politics of dancing?
sampe sekarang jujur, ogut bingung politics of dancing tuh jenis makanan apasik?
hahaha..

gua sih setuju2 aja lah intinya,
bikin festival gede gak harus ada international talents kok
but still international talents dat come playing is give a big positive impact tho for our scene..

just 2 of my cents.
duh lg males komen banyak2.. ngantuk.

#pulsuprot via @chainsmoking_B

iya gua rasa event besar dengan dj lokal sekali kali perlu dijalanin. kalo gua liat bukan masalah gengsi2an politics of dancing kali ye, mungkin lebih dikarenakan kita udah ga pede lagi bikin event tanpa dj luar. Dulu gua ngeliat dj luar yang dateng udah kayak dewa, karena mungkin yang dateng bener2 dewa dan dewi. Sekarang unsur kedewaan itu makin lama makin blur, karena kebanyakan yg dtg, bahkan berulang2.

sekarang yang gua concern adalah regenerasi yang mandek. gua liat sih pemain liga junior kok susah naik ke major league. gua takutnya dalam 2-3 tahun lagi pemain lokal cuman duduk di banku cadangan.

missing destination one...
One cigarette costs 2 minutes of your life. One bottle of beer costs 4 minutes of your life. One working day costs 8 hours of your life.

Ravelex.net - Administrator
Email : Admin[at]rvlx.net
Phone : 021-9996-7859 (office hour)
fax.: 021-7

21/08/09, 01:59 #23 Last Edit: 21/08/09, 10:10 by Discomfort
Quote from: Gober on 21/08/09, 00:56

sekarang yang gua concern adalah regenerasi yang mandek. gua liat sih pemain liga junior kok susah naik ke major league. gua takutnya dalam 2-3 tahun lagi pemain lokal cuman duduk di banku cadangan.

missing destination one...

Gue gak tau apakah ini membantu apa enggak. cuman yg gw liat sih gini;

a. EO sekarang banyak yg udh sangat2 tergantung banget sama sponsorship. Nah, dari pihak sponsor tentunya maunya ya eventnya yg hype toh? Sayangnya dalam menentukan mana yg hype dan mana yang enggak kadang2 suka terlalu gampang sih..Instead of searching for new talents, cari aja yg paling populer. Akibatnya "liga junior" jarang kena spotlight (gimana mau kena spotlight kalo ngendon mulu di bangku cadangan?)..

b. Balik lagi ke kondisi invasi dj luar ke sini. Secara DJ yang udh populer aja di sini dijadiin opening dan closing set mulu, gimana yg baru2 ada chances utk masuk?

c. Menyerah. Disebabkan faktor2 di atas dan himpitan realita (atau orang tua / pasangan ), akhirnya banyak yg giving up on being an EDM talent. "Buat apa? susah2 gw ngumpulin plat / beli alat / bikin lagu / bikin footages? Dihargain juga kagak, diajak maen juga enggak, dibayar bener boro2. Mending gw balik lagi kuliah / kerja yg bener / etc".  

d. adanya perubahan trend dari EDM ke Band. Kalopun masi maen musik elektronik, larinya Live PA atau crossover antara live PA dengan Band.  Makanya banyak dari anak2 baru sekarang memilih utk ngeben dibandingin jadi DJ. Lagian scene band kayaknya lebih progressive (bukan genre musik) dibandingin scene EDM. Sementara DJ set nya GGAN dari jaman baheula, band modelnya udh ke mana2. Ok, bisa aja ada yg bilang,"ah gak juga kok, tuh buktinya genre musik yg dibawain DJ udh macem. Ada House techno trance progre electro Nu Disko DnB etc etc". Iya, tapi pada kenyataannya toh yg dimaenin di venue2 ya genre nya itu2 lagi. Yg laen dicap "gak menjual". Gak percaya? Tau gak kalau Alvin dan Indra7 di ban di sebuah club kesohor karena maen minimal? Atau scene DnB yang gak pernah dikasih kesempatan maen di venue gede karena musiknya "susah dibawa goyang".
Sementara gw rasa band sekarang udh gak terlalu maen genre sih ya, makanya evolusinya lebih cepet. Nah, kalau anak2 sekarang dikasih pilihan scene yg isinya GGAN sama yg progresive, kira2  pilihannya yg mana?


Anarchy. Now

tantangan buat kita untuk "meningkatkan" kualitas diri bukan?

dengan kata "kualitas" sendiri bukan hanya skill dalam nge-DJ doang, tapi skill komunikasi harus jalan. jalin networking bukan cuma dengan dateng party dan ngobrol sama big boss. rajin-rajin merambah forum-forum DJ / musik elektronik di luar negeri. ikut partisipasi dalam komunikasi sehari-hari mereka, sharing aja masalah-masalah di indonesia, sedikit-sedikit selipin postingan video / setlist lo. Tonton/ dengar juga hasil-hasil karya mereka. Curi ilmu.

Akhir kata, gimana kalo pertanyaannya gw balik : gimana caranya untuk meningkatkan kualitas diri sendiri supaya tidak dipandang sebelah mata oleh EO lokal? :D