Loader

Regenerasi

Started by restydinta, 06/09/10, 11:30

Previous topic - Next topic
hey teman-teman....
just want to ask a simple question ( ptanyaan santai n tdk ada maksud provokasi or niat jelek :) )

Menurut kalian semua (All Entertainers in EDM Indonesia ), Regenerasi di EDM Indo tuk taun ini perkembangan nya seperti apa? and tuk DJs di Indo regenerasi na sudah dlm tahap yg gmana?

*efek insomnia,jdii bm nanyaa... :D *

Lots of respect for all your answers,critics and advices!
Cheers :) :)

DJ Resty
DJ RESTY ( M1/43)

FOR BOOKING INFO/ CONTACT PERSON PLEASE CALL :

EDNA :       +6285695860586


:: DARE TO BE DIFFERENT ::


www.escadedjs.net
http://djresty.podomatic.com
www.myspace.com/djresty

06/09/10, 13:48 #1 Last Edit: 06/09/10, 13:59 by AdaGio
Regenerasi ya? Hmmm... Klo gw bilang sih mati..

Yang udah "dinosaurus" ya bakal tetep jalan, especially kalo mereka emg hang on full hidupnya di industri ini.. En mereka masi ada napas en image value lah ngelawan gempuran market EFDIJEH saat ini..
Sehingga masi bisa survive walau rent cardnya ga segokil 3 tahun lalu pas jualan.. Pasti pada korting harga semua..

Yang sedihnya dimata gue, ya yang loe coba maksud itu, para generasi2 dibawah mereka, yg starting stepnya dah mw menapak 10 tahun, yg 2-3 tahun yg lalu namanya cukup noticeable, sukses, yg tadinya punya crowd awareness tinggi en market yg idup, en especially gw perhatiin para mereka2 inilah yg masi merhatiin QUALITY en TASTE. Tapi pada kemana sekarang?? Yg survive en persistent bertahan disini asli cuma segelintir dr nama2 yg idup 3-4 tahun lalu pas scene kita lagi bagus bagusnya.. Mostly yg gw liat ya pada NYERAH ato angot angot an..

I don't blame the seniors 4 not wanna steping down for now. Gw suka kog market competitiveness yg ada bbrp tahun yg lalu, ya bersaing di market DJ sebagai seorang DJ, upstand and compete in your MUSICALITY and TASTE..!!  NOT LIKE NOW..

Jd loe tanya regenerasi, kesimpulan gw ya gw jawab, antara NONE to GONE, atau ya bakal ada gap panjang generasi angkatan entertainer EDM kita..

For the newbie, gw dah pernah bilang di thread lain ( klo ga salah echa juga deh ), if u turn out to be a boy, and u don't have money, ur not a SUPER SOCIAL party animal, and especially u don't play so sexy.. Go to bangkok lah.. Hehehe..
Otherwise paling timbul tenggelam juga ngeliat OVER QUANTITY sekarang..

Coba diliat aja lah sekarang siapa aja yg ngikut banting setir 920 derajat jadi EFDIJEH :
artis turun pamor : check
Artis ga kunjung kondang : check
Jandanya artis : check
Bintang porno : check
Model : check
Model modelan : check
Escort : check
BULE nyangkut di indo : check

Cukupkah kegilaan ini? Belom.. Here's upcoming :
Anggota DPR : TBC
Sinta en jojo : SOON!
TKW yg dideportasi dr malaysia : bntar lagi paling..

U think I'm being sarcastic?? Check again.. Seriously.. Check again.. See if I'm lying or just a whinny guy..

SAVE OUR EDM..
@live_giovanni

gua juga bingung apa yg terjadi dengan edm / musik secara keseluruhan. gua sebenernya pengen ngeliat muka muka baru bisa muncul di balik dominasi 1st generation (DJ 90-2000) yang mulai udah melengser, dan 2nd gen (2000-2005)  yang masih megang. untuk 2 generasi itu, sepertinya regenerasi udah cukup berjalan. Nah tidak seperti 2nd gen, yang dulu punya banyak muka yang bisa dibilang calon bintang, seperti dade, marquee, bone, debon dll, dan akhirnya merekalah sekarang yang menjadi 1st liner. sekarang gua ngeliat sedikit kekosongan di generasi baru. (calon2) bintang bintangnya pada kemana nih?

mungkin kendalanya adalah :
1. Club tidak memberikan akses main kepada mereka.
sebagai dj baru, gua rasa hal ini penting bgt, jam terbang adalah portfolio yg harus terus dibangun.

2. Tingkat kreatifitas menurun, ga bisa bikin ide event yang baru.
modal bikin event sekarang cuma mengandalkan ngumpulin orang dan bikin flyer bagus, terus kirim sebanyak2nya ke orang orang. esensi eventnya sendiri kadang tidak dipikirin. karena mungkin semua ide udah dipakai atau malas membuat ide baru.

3. perang harga
perang harga yang menyebabkan turunnya harga di tingkat atas, akan menyebabkan tertekannya harga di level bawah. sehingga membuat orang mikir, is it worth it? kalau dari bawah aja udah mikir duit, ya susah berkembangnya.

4. crowd jenuh.
untuk yg ini kita semua harus cari jalan keluarnya...

thanks resty for this topic...
One cigarette costs 2 minutes of your life. One bottle of beer costs 4 minutes of your life. One working day costs 8 hours of your life.

Ravelex.net - Administrator
Email : Admin[at]rvlx.net
Phone : 021-9996-7859 (office hour)
fax.: 021-7

saya SETUJU!

no hard feeling tp sebagian org melihat hanya dr 'chasing luar' tanpa melihat talenta yg real di bidang music...
apa skrg regenerasi itu sama aja spt persaingan kah? somehow i don't get it...
jujur sbg dj, gw pena di cancel di salah satu event hanya krn gw tdk mw dress-up yg sexy or (maav) a bit minimalist... krn menurut gw dj itu musisi, jdii dj itu gampang. Tp, taste music and kreativitas itu priceless. selama gw jdii dj, gw melihat makin ksini ruang lingkup dj makin sempit.

Ptama : sgt susaaah tuk educate kuping crowd indo dgn genre" yg variatif. pengalaman pribadi... jdi gw pernah maen di salah satu club di jkt, stlh gw kelar maen ada salah satu crowd nyamperin gw n ngotot bgt kalo genre gw electro... hehehehehe...

kdua : for all newbie... please bgt... lbh appreciate music.. jdi dj itu bkn trend. (maav bkn bearti sok tua+dj senior) .

kalo di biarin terus"an spt ini,lama-kelamaan EDM indo bs keilangan 'jati diri and ciri khas '

@adagio : sarcastic? no... all of your words are 100% correct! thank u mate for your critics+wise advice.

@paman gober : 'Mau dibawa kemana EDM kita??' ahahahahaha... Armada.... pzzzzzttt... -___-
qta dsini sama" saling bantu and support tuk kemajuan EDM supaya lbh baik dr sblmna...
Guys,if you truly care with our EDM, please be creative.. :)
DJ RESTY ( M1/43)

FOR BOOKING INFO/ CONTACT PERSON PLEASE CALL :

EDNA :       +6285695860586


:: DARE TO BE DIFFERENT ::


www.escadedjs.net
http://djresty.podomatic.com
www.myspace.com/djresty

ironis sih ini menurut gw, karena everybody wants to be a dj right now.. artinya harusnya regenerasi jalan terus dong kan.. tapi sayangnya mereka ga memperhatikan kualitas mereka sendiri.. dj itu bukan operator musik.. mengutip perkataan seorang dj yang cukup lama berkecimpung di edm (mulai dari jaman kaset ;D ), if you can beatmatch, it doesn't mean you're a dj..

sering kita ngeliat, ngedengerin set seorang dj waktu main kaya terkesan dia punyanya lagu apa aja, dimainin semua.. kaya asik sendiri main, ga ngeliat dance floor keisi apa ga, crowd pada enjoy apa ga..  jadinya tanpa ada journey; soulless.. :( mungkin ini akan kembali ke niat awal dia jadi dj itu apa, i don't know..

di sisi lain crowd pasti juga lama-lama eneg kalo dikasih performance yang kaya gitu terus.. sehingga (mungkin) mereka kembali ke taste awal mereka, musik yang disuguhi oleh dj-dj yang sudah mereka kenal..

di sisi lain lagi being a dj right now is not easy.. selain emang punya passion tinggi thd musik ini sendiri, punya taste bagus terhadap musik, juga harus punya marketing strategy yang bagus.. mungkin itu alesan kenapa beberapa dj yang oke secara kualitas & taste ada yang menghilang kena hukum rimba.. ga ada gunanya punya produk bagus tapi ga ada yang mau beli kan?-kasarannya seperti itu lah.. :)

so to sum up.. perlu sesuatu yang fresh in terms of the performers, event concept, dan apapun itu.. supaya mungkin menginspirasi para dj baru atau para calon dj bahwa scene ini lebih kreatif dari yang mungkin selama ini mereka tau.. that you can be more creative than just as a music operator.. ;)

sekian dari saya.. bila ada salah-salah kata, saya mohon maaf.. jika ada sumur di ladang bolehlah kita menumpang mandi, jika ada masih ada kesempatan bolehlah kita bertemu lagi..
audio  - video - disco
I hear - I see  - I learn

Quote from: Gober on 06/09/10, 14:14
gua juga bingung apa yg terjadi dengan edm / musik secara keseluruhan. gua sebenernya pengen ngeliat muka muka baru bisa muncul di balik dominasi 1st generation (DJ 90-2000) yang mulai udah melengser, dan 2nd gen (2000-2005)  yang masih megang. untuk 2 generasi itu, sepertinya regenerasi udah cukup berjalan. Nah tidak seperti 2nd gen, yang dulu punya banyak muka yang bisa dibilang calon bintang, seperti dade, marquee, bone, debon dll, dan akhirnya merekalah sekarang yang menjadi 1st liner. sekarang gua ngeliat sedikit kekosongan di generasi baru. (calon2) bintang bintangnya pada kemana nih?

mungkin kendalanya adalah :
1. Club tidak memberikan akses main kepada mereka.
sebagai dj baru, gua rasa hal ini penting bgt, jam terbang adalah portfolio yg harus terus dibangun.

2. Tingkat kreatifitas menurun, ga bisa bikin ide event yang baru.
modal bikin event sekarang cuma mengandalkan ngumpulin orang dan bikin flyer bagus, terus kirim sebanyak2nya ke orang orang. esensi eventnya sendiri kadang tidak dipikirin. karena mungkin semua ide udah dipakai atau malas membuat ide baru.

3. perang harga
perang harga yang menyebabkan turunnya harga di tingkat atas, akan menyebabkan tertekannya harga di level bawah. sehingga membuat orang mikir, is it worth it? kalau dari bawah aja udah mikir duit, ya susah berkembangnya.

4. crowd jenuh.
untuk yg ini kita semua harus cari jalan keluarnya...

thanks resty for this topic...

setuju..........uncle, khususnya buat kesempatan main dj baru dr club2 yang susah. :) ditambah lagi, emg tantangan juga utk dj baru nya agar lebih cepat dilirik scene..contoh nya angger dimas, mahesa..produce!!! mungkin kedepan ada yang live PA..atau inovasi apalagi yah biar cepet meroket. INTINYA : utk yang baru2....ga suah nungguin pamor dan job datang..kita yang naikin kelas dan pamor kita sendiri......dan buat inovasi baru :) amin

salam kenal resty

Quote from: AdaGio on 06/09/10, 13:48

Coba diliat aja lah sekarang siapa aja yg ngikut banting setir 920 derajat jadi EFDIJEH :
artis turun pamor : check
Artis ga kunjung kondang : check
Jandanya artis : check
Bintang porno : check
Model : check
Model modelan : check
Escort : check
BULE nyangkut di indo : check

Cukupkah kegilaan ini? Belom.. Here's upcoming :
Anggota DPR : TBC
Sinta en jojo : SOON!
TKW yg dideportasi dr malaysia : bntar lagi paling..


SERIUS LOOO??? siapa sih siapa sih?? bisikin dooooooooooooooonggg..

btw,
menurut gue regenerasi lumayan ada lah, melihat ada kompetisi-kompetisi DJ yang menelurkan DJ-DJ baru..
dan juga ada nama-nama baru yang menjadi nominasi rookie of the year REDMA setiap tahunnya..

Yang menurut gue agak disayangkan memang DJ-DJ baru ini akhirnya lebih banyak main di club seputaran kemang (CMIIW) atau malah di daerah. Di club-club besar di jakarta malah jarang (again, CMIIW). Gue ngga ngerti ya apa mungkin seharusnya seminggu sekali dibuat acara buat para rookie ini? Tapi gue ga bisa nyalahin club nya karena however mungkin susah juga buat mereka mengorbankan bisnis mereka demi kemajuan dj-dj baru ini. And I think it's just how the business works.

Mungkin butuh juga support dari EO-EO seperti kata mas walasok untuk menggodok konsep-konsep event yang baru dan lebih menyegarkan dengan nama-nama baru. Karena memang kalo gue jadi EO sih mungkin gue akan lebih memilih memakai DJ papan atas dibandingkan DJ pendatang baru yang sudah barang tentu akan mendatangkan crowd lebih banyak dan ujung-ujungnya menguntungkan bagi bisnis.

Well it's just my two cents.

Jadi solusinya bagaimana supaya regenerasi lebih terasa dan DJ-DJ baru bisa lebih unjuk gigi? Nah mari kita pikirkan bersama-sama. hahahahaha.
whatever people say i am, that's what i'm not

08/09/10, 10:26 #7 Last Edit: 08/09/10, 10:40 by Discomfort
saran saya, kalau sudah merasa menjadi ikan besar di kolam kecil, transmigrasi deh.. :)

Lebih dari itu, mungkin ada baiknya ditanyakan juga "scene" nya sendiri berkembang enggak? Kalo masih GGAN terus yg keluar pemaen2 lama melulu ya apa mo dikata ya? Wong "games" nya juga gitu2 aja kok. Menyalahkan pasar yang sudah sekian lama terbentuk tapi tetep stay di pasar itu sih buat saya agak konyol ya. Ya cari pasar laen lah, apa KELUAR dari pasar itu dan bikin pasar sendiri.. Think outside the box schaat.. gak perlu jadi DJ "saja" kok utk bisa dikenal n G4UL (kalau itu tujuannya, kalau enggak ya gak papa juga sih.. do stuff you like because you like it, the incentive wud follow fo'sho'! ) 

*piss*
Anarchy. Now

think outside the box, improve more in musicality and taste, throw your own party, build your own scene = insya allah sukses :D
I love all kinds of house, but i love that deep shit, the real shit, makes you bump your head..

08/09/10, 13:24 #9 Last Edit: 08/09/10, 13:49 by Discomfort
Beberapa saran biar lebih "fresh" (tidak hanya utk nubie, tapi juga buat yg katanya udh old crack):

-Mecun

Maaf, maksud saya bukan dagang daging di gang. Ini cuman bahasa kasarnya bwt marketing aja. Secara saya orangnya kasar..err.. Ya intinya jualan lah. Bikin blog, bikin account twitter, bikin group di facebook, bikin stunts, dan bikin sendiri. Jangan bergantung sama orang lain, nanti jatuh kamu nak. Apalagi sama akar, kamu kan bukan tarsan.. 

-Keluar dari "kolam" yang itu2 aja.

Ada anggapan seakan2 kalo mau "tampil" di scene EDM artinya musti maen di klub2 ternama papan atas ibukota atau acara2 raksasa yang eksklusif. Salah besar. Dude, do your own thang please! Ini jamannya social network media. Make gigs on places that other might think impossible, record, upload, post. It's THAT simple. Ngedije di pasar sama abang2 dan mpok2 tukang sayur, trus maenin lagu2 yang nyambung ama mereka tapi di remix versi elo, misalnya. Sukses bagus gagal ya coba lagi. Tujuannya apa? Marketing stunts jelas, menarik market baru sudah pasti. Tapi intinya adalah, keluar dari lingkaran setan "kalo mau ngetop musti ganti kelamin". Be independent, be adventurous, try new things! Go!


-Produce

Maenin lagu orang is ok, maenin lagu sendiri is better. Maenin lagu orang VERSI SENDIRI is even better. Ada seorang teman yang bilang "kekurangan dj sini ya mereka gak produce sih, mana mau ngetop kalo maenin lagu seribu umat?".. DOR.

- kolaborasi

Tidak hanya dengan "usual suspects" ( DJ, Producer, Musician,VJ) tapi dengan orang2 di luar alam "EDM" itu sendiri; Arsitek, pelukis, software engineer, supir ojek, etc. Kenapa? Kolaborasi sudah jelas2 bagus utk marketing stunt. tapi di luar itu ya biar gak monoton dan self centered. Semakin banyak input yang masuk semakin menarik point of view nya dalam berkarya. Caranya? Be creative aja, teknologinya ada kok, yg penting mau pasti ada jalan. 

- Interaktifitas

Selama ini DJ dan pendengarnya sudah jelas posisinya; yg satu di blakang DJ booth yg satu di dance floor. Yg satu mixing yg satu nonton. Dari jaman Ali Topan sampai Pocong 3 settingnya masih sama. Gak bosen? Coba ulik teknologi. Mungkin sekarang bisa menggunakan gadget2 canggih itu untuk mengembed content dari yang dulunya penonton itu ke set sang DJ, via bluetooth apa network apa RFID kalo mau lebih niat lagi. Intinya, mungkin udh waktunya keterlibatan pemirsa sudah harus "lebih" dari sekedar jogedan saja. Diatur sudah pasti, biar gak jadi brantakan; toh udh jelas siapa yg pegang kendali ( ya "DJ" nya).

- Do something OUTSIDE the EDM ring.

Social stuff, yang tidak melibatkan minuman keras dan narkoba. DJ "ngamen" pake mobile soundsystem utk duitnya dibagi2in buat THR tukang sapu jalanan secara langsung, misalnya. Intinya, melakukan sesuatu yang ada gunanya utk orang2 yang gak tau soal EDM. Biar keliatan kalo DJ itu gak cuman tau glamar glamour mabok teler triping jedang jedung asosial gak guna.

-Reinvent

Pernah denger remix dong? Seru kan? Itu baru lagu, gimana kalau lo meremix market elo? Kenapa gak ngejer market yg family friendly? Kenapa gak kejer market under twenty? Kenapa gak kejer market pets (kucing emang gak punya duit. Tapi kucingnya, yg punya ya pasti punya). Itu yg aneh2, yang agak lebih "aman" juga ada loh. Maenin lagu2 yang gak umum, maenin lagu yang umum dalam versi gak umum, maenin pengumuman dalam bentuk lagu, etc etc etc..Intinya market yang lo arah itu punya berbagai sisi kok, secara manusia itu kompleks dan sisi nya banyak. Exploit angle2 yang gak dianggep org itu. Celah bos, jangkrik bos.  Itu bwt market, gimana dengan "image" elo? Daft Punk sukses tuh merubah image dari DJ biasa jadi manusia robot? David Bowie sukses kok jadi "alien" ? Remember, this is showbizz; Image matters. Tidak harus secara gamblang juga kok merubah image itu, bisa juga dari karakter lagu2 yg dimaenin atau cara maeninnya yg cuman lo aja yg bisa. Bikin konsep yang menarik ttg image lo dan combine dengan pemilihan lagu dan stage performance. Niscaya engkau akan populer dan di vote di REDMA tanpa harus bikin multiple account.

- stop bitching n complaining ALL THE TIME

Why? Because its BORING. Nobody want to hear you bitch like a 2 dollar whore on a period, period. It wouldn't get you nowhere. Ya dig? Emang industrinya brengsek, tapi kan punya industri ya mereka, bukan kita. Trus mau apa sekarang? Mewek? Nyolot? Ngambek? Grow up pls. Nobody likes a whiner, not even the whiner them self.

masih banyak SERIBU SATU IDE lainnya, kalian juga pasti ada. Cari, kejar, lakuin. Gagal gak masalah, coba lagi dan sempurnakan. Roma juga gak dibangun dalam 1 hari kok.  Yang penting jangan tergantung sama pihak2 yang lo tau tidak menguntungkan lo, rugi bos, buang2 waktu. Ayo nobita, kamu pasti bisa! Gambate!

*piss*

PS: oh ya saya ngeh kok ada yg OOT sih sarannya. Tapi mending diomongin daripada lupa. Atau jadi jerawat
Anarchy. Now

@kotek setubuh gan......."its not how u do it but why u do it"

08/09/10, 17:28 #11 Last Edit: 08/09/10, 20:51 by 1945MF
Akhirnya ada juga yg buat thread qualiity,
Well Guys, listen...

Dulu 7 tahun lalu gue pernah bicara kl kebanyakan bawa dj asing akan buat dance scene jadi ga sehat. apalagi yg bertumpu pada DJ Mag top 100.. masih byk DJ2 yg ga masuk top 100 itu lebih berqualitas set nya. dan sorry ya apakah org sponsor itu (yg asalnya juga bukan dr org dance scene) tau jelas peta2 sebenernya who is who are best DJ and how to make dance scene healthy.

Gue juga pernah bicara kenapa sponsor buat rave di tempat yg itu2 saja yg notabene akan buat stagnan rave scene. Gue maybe bisa dibilang org pertama yg buat rave di indonesia (1994) dipuncak dan di anyer. merasa spirit of rave dah mati. Ga ada lagi rave2 exsotic di indonesia. dr mulai jkt to bali. dan lucunya rave itu makin mewah dan ga jelas. rave harusnya underground dan identic dgn tempat2 baru dan fresh.

DJ terlalu komersil akan buat dance floor jadi rusak, karena tidak mendidik crowd. Selama crowd di entertaint dgn lagu yg itu2 saja. nite by nite is the same nite. ga ada journey nya. what a rubbish situation. + harusnya DJ2 baru juga mensupport lagu2 Producer local yg skrg ini bagus2 bgt productionnya (eg Chris M,Angger Dimas,DJ Echa,Mahesa,Osvaldo,Altuna,DLL) sehingga lagu2 mereka menjadi trend di club2 seindonesia.

Soal F-DJ sebenernya sah2 aja. asal trend nya harus bisa di imbangi oleh Male yg harusnya bisa lebih kreatif lagi, maybe go producing,in self promotion,and album.gue liat selain gue, riri, innerlight, osvaldo,electronic groove (as i remember) blm ada lagi album2 dance lokal yg beredar.
Dan rata2 album yg beredar adalah keluar dr side yg itu2 aja. kemana DJ/Producer yg laen? 

Well gue as senior sangat setuju akan soal regenerasi yg harus bertumpu pada qualitty2 dr line2 yg akan jadi line1. Seperti gue bilang diatas menjadi 1st line ya kalian as 2nd line harus bisa ber kriteria as 1st line. (Well know nationwide exposure, Producing World wide, Self Album,Strong Leader and Kharismatic Image) plus bisa mensupport 2nd line dibawahnya untuk jadi 1st line nantinya. notabene terbukti punya underline yg bisa dibanggakan. and of course high skill musicality.

Just my thought,

DJ R

"THE ONE"

08/09/10, 18:11 #12 Last Edit: 08/09/10, 18:13 by DJ Rangga_Electros
Quote from: Discomfort on 08/09/10, 13:24



-Produce

Maenin lagu orang is ok, maenin lagu sendiri is better. Maenin lagu orang VERSI SENDIRI is even better. Ada seorang teman yang bilang "kekurangan dj sini ya mereka gak produce sih, mana mau ngetop kalo maenin lagu seribu umat?".. DOR.

- kolaborasi

Tidak hanya dengan "usual suspects" ( DJ, Producer, Musician,VJ) tapi dengan orang2 di luar alam "EDM" itu sendiri; Arsitek, pelukis, software engineer, supir ojek, etc. Kenapa? Kolaborasi sudah jelas2 bagus utk marketing stunt. tapi di luar itu ya biar gak monoton dan self centered. Semakin banyak input yang masuk semakin menarik point of view nya dalam berkarya. Caranya? Be creative aja, teknologinya ada kok, yg penting mau pasti ada jalan. 

- Interaktifitas

Selama ini DJ dan pendengarnya sudah jelas posisinya; yg satu di blakang DJ booth yg satu di dance floor. Yg satu mixing yg satu nonton. Dari jaman Ali Topan sampai Pocong 3 settingnya masih sama. Gak bosen? Coba ulik teknologi. Mungkin sekarang bisa menggunakan gadget2 canggih itu untuk mengembed content dari yang dulunya penonton itu ke set sang DJ, via bluetooth apa network apa RFID kalo mau lebih niat lagi. Intinya, mungkin udh waktunya keterlibatan pemirsa sudah harus "lebih" dari sekedar jogedan saja. Diatur sudah pasti, biar gak jadi brantakan; toh udh jelas siapa yg pegang kendali ( ya "DJ" nya).



@Discomfort: BEST ANSWER SO FAR! *bgs* *bgs*, terus nyimak di thread bagus.
"Enourmous Uplift"

abang niang emang oye...
One cigarette costs 2 minutes of your life. One bottle of beer costs 4 minutes of your life. One working day costs 8 hours of your life.

Ravelex.net - Administrator
Email : Admin[at]rvlx.net
Phone : 021-9996-7859 (office hour)
fax.: 021-7

niaaaaaaaaaaaaaang juaraaaaaaa (saya penyimak sajah ) *off to bangkok then

@ Bang Romi

Kayaknya sih udh gak ada oom yg namanya 1st liner 2nd liner.. udh sama2 kalah ama dj luar kok skrg.. :)
Anarchy. Now

rekan rekan dj yang lain mana nih? ga ada yang mau sharing pendapat atau pengalaman atau gimana gitu? :)

saya mau komentar tapi kok sepertinya saya kan cuma crowd biasa saja, ga bersinggungan banget secara langsung dengan isu ini ya.. *piss*
audio  - video - disco
I hear - I see  - I learn

Quote from: Discomfort on 08/09/10, 23:11
@ Bang Romi

Kayaknya sih udh gak ada oom yg namanya 1st liner 2nd liner.. udh sama2 kalah ama dj luar kok skrg.. :)

Ahahahaha... makanya.. tp santai aja lah kita yg kayak gue dah sampe ke Palopo,Palu,Kupang,Kendari.. tuh bule2 blm sampe sana... kita harus tetap percaya kalo indonesian DJ rules... gue selalu support local DJ.. acara2 gue lebih byk ke local line up..

Cheers,

DJ R
"THE ONE"

regenerasi? ga terlalu kelihatan regenerasi sekarang.. masih didominasi orang yg sama dan belum muncul orang baru yg sekiranya langsungg melesat cepat ke atas. hal lain yg buat regenerasi lamban karna sebagian dari orang yg jadi penggerak edm lokal malah lebih orientasikan supportnya bawa dj luar, terlalu banyak dan terlalu sering bawa dj luar untuk perform disini, lama2 scene lokal mati total, ini menurut gw yah walaupun gw udah jarang ke club karna sekarang sibuk di studio, dampak yang ditimbulkan cukup buruk.. well kalau mau regenerasi jalan lagi seperti 3-5 tahun lalu, jangan cuma asal bicara jargon SUPPORT LOCAL SCENE or whatever, tapi tunjukin lah bukti supportnya sampai mana sih, kalo mau support ya bangun local scene, trus yg terpenting mau buka pintu unt ajak siapapun main di event, ga susah kok bikin event yg line upnya dj lokal semua, di buat rutin, dan toh lebih menghemat cost, ga kalah gengsi dgn bawa dj luar. kenapa gw bilang ga kalah gengsi? karna dj lokal kita namanya udh banyak kedengaran di luar kok, so ngapain sih bawa dj luar melulu? eneg gue lihatnya lama2..

peace

09/09/10, 06:02 #19 Last Edit: 09/09/10, 06:19 by Discomfort
Quote from: Chris.M on 09/09/10, 02:33
so ngapain sih bawa dj luar melulu?


Coba tanyakan itu sama sponsor2. Gue rasa udah rahasia umum deh kalau sponsor selalu pengennya bawa DJ luar mulu. Kalo gak ada line up luar, event gak disubsidi. Kalau dalam konteks regenerasi ini, jelas2 ini membunuh bibit2 yg seharusnya tumbuh kembang menjadi ladang gan.. emhh.. maksud saya menjadi generasi penerus the so called scene EDM ini. Tapi jgn protes dulu, bisa jadi strategi ini sendiri dipilih oleh para sponsor karena bagi mereka secara konsep kok ya event tsb kalau gak pake talent luar ya gak kuat ya? Ya gue aja yg cuman bisa bacot liatnya gitu kok, apalagi mereke yg keluar dokat. Ya namanya orang keluar duit ya maunya beli barang bagus dong? Selain tuntutan sponsor, balik lagi ya tuntutan crowd nya juga sih ya? Sekarang buka deh page Events, liat reply nya sesama temen2 sendiri ttg kedatangan DJ2 internasional itu lagi. Bandingin sama reply ke event2 lokal yang bagi saya cukup adem ayem. Bukan berarti ngebelain/ngejelekin ya, cuman berusaha berpikir obyektif aja deh. Kita ini nuntut local talents bisa nananininananini dan support local scene acaucu sekarang local talentsnya bisa kasih breakthrough apa?Member2 dari scene localnya udh seperti apa dan sudah menyumbang apa ke scene nya sendiri?

Nah itu dia, gw yakin sih benernya local talents dan scene kita gak kalah keren dan produktif, sumpe deh. Cuman kekerenan ini ya sama aja ama kasus gue sebelum kawin (sorry girls, am taken ;) ); sebenernya gue ini ganteng, pinter, lucu, nggemesin, pengertian, ideal lah pokoknya. Tapi kok cewek2 gak ada yang tau ya? Belakangan gue sadar bahwa ketidak tahuan market yg gw arah ( ya minimal pernah maen film yg menang oscar 1 kali lah) adalah kurangnya promosi. Promosi tentu bukan sekedar promosi, tapi promosi yang efektif; promo ban radial tentunya tdk bisa dipakai untuk promo celana dalem, misalnya. Nah utk bisa melaksanakan sebuah campaign promosi yang efektif, kita perlu tau apa yang diinginkan oleh target market kita. Kalau gue tanya sekarang apa sih yang diinginkan oleh si target ( dalam hal ini ada 2, sponsor dan crowd) kira2 apa sih yg kepikiran sama teman2 DJ beserta kolega2 bisnis nya? Kalo menurut saya sih sbb (Yang umum aja dulu kali ya, tolong dikoreksi kalau salah) ; 

1. Menghibur
2. Unik dan berkarakter
3. menjadi representasi dari ideal2 yang diyakini oleh target crowd, atau/dan menjadi representasi dari produk yang dijual oleh sponsor tsb

Kalau 3 point ini saja sudah tercover, gue rasa sih mau jual inang2 tukang emas sbg superstar DJ juga gak masalah  ;D . Dan ini sebenarya BISA dilakukan dengan minimal effort & cost. Perlu publikasi? Ada FB, Twitter, Tumbler, blogspot, Youporn jg bisa kalo perlu. Perlu media partner? You're looking at one RIGHT NOW. Plus, majalah gratis juga banyak tuh. Perlu sponsor? G4UL. Tapi balik lagi core nya sih ya MORE EFFORT dari talen2 newbreed nya sendiri!

Kembali lagi kenapa seakan2 regenerasi DJ newbreed sekarang mentog? Ya jujur aja ya, menurut pendapat gw yang sok tau ini, ya kurang pro aktif juga sih gue rasa dalam mecun. Dikit2 nyalahin pasar, dikit2 bilang gak disupport. Nih ya, tuhan aja hanya akan membantu umatnya yang tidak hanya berdoa, namun juga berusaha. Apalagi crowd yang tengil2 dan sponsor yg itung2an. Coba gw tanya, DJ newbreeds skrg seberapa banyak sih yg punya website pribadi (minimal blogspot ya, kalo facebook group SAJA gw rasa kurang representatif secara tampilannya juga generik)? Berapa banyak sih yg rajin mengupload mixtape dan/atau remix nya? Berapa banyak yg bikin publicity stunts / gimmicks (tentunya yang smart ya, jgn yg norak kayak artis bikin kasus di acara gosip)? Terus kalau ini aja susah, ya jangan ngarep populer dong . Kecuali kalau populer nya = pokoknya pulang teler , ini mah gampang kaleeee, plis deh  :-\  Jelas nama2 lama bakal muncul terus kalau newbreed nya juga gak pro aktif, secara nama2 lama ini lah yg ngebentuk pasar yg ada sekarang.

Di sisi lain, dari segi scene memang harus diakui juga agak kurang sih supportnya. Ya gak salah juga, secara scene icons nya jg perlu makan. Haree genee booook, masa nolak duit. Gimana mo bantuin org kalo asep dapur kagak ngepul?  Tapi kalau memang sudah cukup makmur, dan ada itikad bersama utk memajukan scene, gue rasa ada beberapa step yg bisa diambil, misalnya:

1. Mengurangi sedikiit saja kadar ego pribadi/kelompok utk kepentingan bersama

2. Membentuk sebuah konsorsium / wadah yang berfungsi sebagai sebuah umbrella corporation, yang nantinya akan mendorong kemajuan scene  nya sendiri via:

a. Annual Event
b. Venue kolektif
c. Record Label

3. Memiliki sedikit Independensi dari kepentingan sponsor, setidaknya agar memiliki semacam bargaining power

4. Membangun sebuah network yang targetnya Internasional, supaya enggak jadi jago kandang

5. Melakukan cultural exchange via network internasional tadi

Ohe deh, sekian dulu nih bacotnya. Moga2 bermanfaat  dan mohon maaf kalau ada yang tersinggung. Kali2 aja emang gak sengaja  ;D

*piss*


Anarchy. Now

promosi is ok, tapi kalau yang masalah adalah crowdnya yang udah pasif? boro boro promosi, liat flyer di facebook aja cuma di accept2in doang, dibaca nggak, apalagi mau invest ke flyer cetak. harus diakui international dj bikin scene sini mokat. apa perlu kita cut aja bule bule itu? toh udah pada bosen kan liat mereka?

One cigarette costs 2 minutes of your life. One bottle of beer costs 4 minutes of your life. One working day costs 8 hours of your life.

Ravelex.net - Administrator
Email : Admin[at]rvlx.net
Phone : 021-9996-7859 (office hour)
fax.: 021-7

09/09/10, 07:39 #21 Last Edit: 09/09/10, 07:55 by Discomfort
ya cari crowd lain kali oom, masalahnya kt terlalu bergantung sama bentuk event yg gitu2 aja juga sih. Crowd party mah udh bosen kali event yg dj di depan crowd hore2. Coba dikawinin acaranya, kolaborasi ama bidang lain misalnya? Art scene crowds, Fashion scene crowds, software developer crowds, etc etc etc.. udah mah bawa crowds sendiri hasilnya juga lebih mateng. Dan ini kolaborasi serius ya? Yg pake latian dulu yg cukup, trus hype nya dibangun, kasi teaser etc.. bisa kali? Gak tau juga kan belum pernah di coba?

Satu lagi (dan ini problem klasik) kayaknya seringkali kita fokus sama performer doang. Begitu bagian yg laen nanggung. Setting misalnya. Di flyer design gimanaaa gitu, begitu dateng ya venue itu lagi kyk hari2. Trus dramaturginya gitu aja. DJ maen jedeg2 ganti jedang2 ganti lagi, trus sampe kelar. Gak ada usaha utk bikin ada ceritanya misalnya. Kali2 DJ nya gak ush ngetop2 amat, bagus tapi gak usah yg mahal2 bener lah, tapi penggarapan maksimal; Ada penuturan, ada kolaborasi yg "kawin" antara semua elemen pendukung. Ya semacem nonton opera lah. Seru kan tuh? Coba duit nya lari ke sana instead of bawa dj bule lagiii dj bule lagii.. gw rasa bisa lebih menarik juga..
Anarchy. Now

Quote from: Gober on 09/09/10, 06:27
promosi is ok, tapi kalau yang masalah adalah crowdnya yang udah pasif? boro boro promosi, liat flyer di facebook aja cuma di accept2in doang, dibaca nggak, apalagi mau invest ke flyer cetak. harus diakui international dj bikin scene sini mokat. apa perlu kita cut aja bule bule itu? toh udah pada bosen kan liat mereka?



agree.. ironis memang, udah waktunya lah sekarang kita2 ini lebih mempromosikan talent lokal dengan ga membawa proposal berisikan dj luar ke sponsor, terutama tugas yang jadi PR (Public Relation) dari event organiser juga harus kuat membangun image talent lokal, disini sifatnya buat festifal or annual event dimana yg main dj lokal semua, bayangin aja budget bawa dj luar cuma bisa satu atau dua orang, kalau itu dialokasikan untuk bikin event yg isinya talent lokal bisa masukin line banyak dan menurut gw lebih worth untuk disupport..

Jujur aja yah, gw lebih segan datang ke event yg isinya dj lokal semua seperti contoh event 777 di gunung geulis beberapa tahun lalu dibandingkan gw harus datang ke event yg isinya lebih mempromosikan dj luar di event tsb. dari situ regenerasi bisa berjalan lagi karna kebersamaan untuk maju bersama juga lebih kelihatan..

so think again kalo mau bikin event, apakah bawa dj luar selalu lebih baik dibanding kita bikin event yang isinya talent lokal semua?

Quote from: Discomfort on 09/09/10, 07:39
ya cari crowd lain kali oom, masalahnya kt terlalu bergantung sama bentuk event yg gitu2 aja juga sih. Crowd party mah udh bosen kali event yg dj di depan crowd hore2. Coba dikawinin acaranya, kolaborasi ama bidang lain misalnya? Art scene crowds, Fashion scene crowds, software developer crowds, etc etc etc.. udah mah bawa crowds sendiri hasilnya juga lebih mateng. Dan ini kolaborasi serius ya? Yg pake latian dulu yg cukup, trus hype nya dibangun, kasi teaser etc.. bisa kali? Gak tau juga kan belum pernah di coba?

Satu lagi (dan ini problem klasik) kayaknya seringkali kita fokus sama performer doang. Begitu bagian yg laen nanggung. Setting misalnya. Di flyer design gimanaaa gitu, begitu dateng ya venue itu lagi kyk hari2. Trus dramaturginya gitu aja. DJ maen jedeg2 ganti jedang2 ganti lagi, trus sampe kelar. Gak ada usaha utk bikin ada ceritanya misalnya. Kali2 DJ nya gak ush ngetop2 amat, bagus tapi gak usah yg mahal2 bener lah, tapi penggarapan maksimal; Ada penuturan, ada kolaborasi yg "kawin" antara semua elemen pendukung. Ya semacem nonton opera lah. Seru kan tuh? Coba duit nya lari ke sana instead of bawa dj bule lagiii dj bule lagii.. gw rasa bisa lebih menarik juga..

yup gw setuju pendapat ini nih, we need something new and fresh jadi crowd ga bosan dengan tema acara yang dibuat

Gua ga mau muna, tapi gua termasuk orang yang dateng ke event dan nanya dj bulenya siapa? hehehe... maap ya sekarang kok di acara besar, lokalnya kayak minoritas. asli. gua kangen tuh nama nama lokal kita jadi headline. scenenya udah terlalu terbrainwashed dengan image bule is good. ampe pihak EO pun "pede kalo pake bule" (bisa jadi jargon tuh).

soal kolaborasi penting juga sih. harus buat mindset out of the box, tapi pasti pada takut effort yang dikeluarkan tidak sesuai dengan hasil. im not talking about money, tapi at least yg dateng aja belum tentu banyak. udah kita keluar waktu banyak buat latihan. main dekor keren dan artsy, yg tentunya makan duit, pas di promoin ada yg nanya "dj bulenya siapa?". mau nangis ga kalo gitu?
One cigarette costs 2 minutes of your life. One bottle of beer costs 4 minutes of your life. One working day costs 8 hours of your life.

Ravelex.net - Administrator
Email : Admin[at]rvlx.net
Phone : 021-9996-7859 (office hour)
fax.: 021-7

btw dari pembahasan ini semua kurang lebih gw tau keadaan scene sekarang di indonesia..dan gw mau tanya perbandingannya sama negara lain gimana?? coba deh gausah jauh2 kaya negara asia dulu seperti singapore, malaysia dll..atau bagaimana dgn scene di eropa atau amerika yg jadi kiblat EDM disini..apakah pernah mengalami hal yg sama seperti disini sekarang atau mereka sudah sukses merubahnya?? siapa tau kita bisa belajar dan ambil hikmah dari apa yg terjadi di negara lain??

maaf ya kalo pertanyaan gw bodoh..gw masih new breed soalnya,, :)
I love all kinds of house, but i love that deep shit, the real shit, makes you bump your head..