Loader

Genre Original Indonesia?

Started by Discomfort, 13/12/09, 11:36

Previous topic - Next topic
Quote from: NEUROLAB on 28/12/09, 21:15
@djshissy

kalo soal solusi:

kan gw dah kasih sdikit pandangan di tulisan diatas yg seblumnya ..explore patern etnik traditional dr tiap provinsi di indonesia tuh masih banyak yg lom ter xpose / terolah...

explore patern itu = beat ..rhytm..grove dsbna include kalo mo pake sample sound aslinya boleh aja, ga juga pake sound asli juga ga masalah

sample sound yg gw maksud tuh kan ga melulu yg di keplak pake telapak tangan instrumen nya...

knapa susah nyarinya? yah jelas ga umum karena kalo dah ada sih pasti paket BUNDLE sound pack kali ada yg jualan dan di googling di internet....itu teknis nya ...kalo ga nemu ya solusinya ya perlu nyampling sendiri/i kalo mo lebih original....anggaplah kali lagi ada tema visit indonesia year .....biar orang bule/ turis / wisatawan yg doyan klubing misalkan lg berkunjung di jakarta ngrasain nuansa lagi di wilayah indonesia walau dia ga lagi berwisata di bali atow lagi di irian atow lagi di sulawesi.....

ya bagus jg kalo suatu saat di forum ini ada trading sample pack intrument local indonesia

cheers:D








naaah, klo gini kan manis bahasanya..... top deh..  *bgs*

salam kenal aja ya bro n sukses selalu buat lo *bgs* *bgs*.....
Shissy Bvlgary
BB Pin : 28c02366
www.twitter.com/shissybvlgary
www.bvlgarymanagement.com

29/12/09, 23:21 #76 Last Edit: 29/12/09, 23:27 by djallenheads
mau di combine ma budaya lokal kita udah bisa nerima blom ?

soal ciri khas karakter producer kita sendiri sih sebetulnya kalo mau di liat ada benang merahnya dikit :

(sempet gw bahas ma mas romy waktu itu)

1.rata2 producer terutama yang masi baru pasti bikin lagu beatnya jeb ajeb ajeb (you know what i mean)

2.Breaks juga banyak n karakter breakbeat kita beda ma luar (cenderung down tempo funkot style)

sdikit doang sih pendapat gw ,

yang pasti bawa asik aja ga usah pusing2 harus pegimane2 jalanin aja lah ...................




Echa45 (sorry gw lupa pass ravelex gw :p)

30/12/09, 00:36 #77 Last Edit: 30/12/09, 00:52 by erwiengroovy
EH INTERMEZO BENTAR..... *bgs*

;D ;D ;D ;D ;D kek gini kale ya???? *piss* *piss* *piss* *piss*

mantebbbb manggg ;D



karaokean yukkkk *piss* *piss*

hallo sayang
apakah kabarmu...
yang lama tak ketemu
kini jumpa lagi

pa kabar denganmu,
rindukah kau padaku
eh kok ketemu lagi
apa aku ini mimpi

kalau boleh jujur padamu
ingin pelukan terus buka2an
tapi aku takut bokapmu
yang sangarnya kayak preman

pengennya sih buka- bukaan
tapi sekarang jangan buka - bukaan
kalo kamu sudah ga tahan
kita kawin bulan depan

30/12/09, 00:44 #78 Last Edit: 30/12/09, 00:48 by Ijash
^^^^^^
INI DIA NIH ORIGINAL!
ORIGINAL ABIS PLAGIATNYA!
KACAAAAUUUU.. HAHAHAHAHHAH..!

Good share bro wince! lumayan buat intermezzo yg bikin ngakak..

HAhaHAhaHAhaHA!!!


HAHAHAHAHA..Wince gokil euuyy!!! thx bro...
"Enourmous Uplift"

bayar royalti kagak ya neh orang................
sumpah mules perut gwww.....

QuotePosted by: djallenheads

mau di combine ma budaya lokal kita udah bisa nerima blom ?

soal ciri khas karakter producer kita sendiri sih sebetulnya kalo mau di liat ada benang merahnya dikit :

(sempet gw bahas ma mas romy waktu itu)

1.rata2 producer terutama yang masi baru pasti bikin lagu beatnya jeb ajeb ajeb (you know what i mean)

2.Breaks juga banyak n karakter breakbeat kita beda ma luar (cenderung down tempo funkot style)

sdikit doang sih pendapat gw ,

yang pasti bawa asik aja ga usah pusing2 harus pegimane2 jalanin aja lah ...................




Echa45 (sorry gw lupa pass ravelex gw :p)

Heheh, kayaknya gak monopoli produser baru aja kok yg lagunya jeb ajeb ajeb doang. Lagian definisi jeb ajeb doang itu agak rancu sih kl kata gw.

Tapi ya intinya bukan maen salah2 an kok. Yang mau buat lagu / genre sendiri ya buat, yang mau pusing2 (sebelum kecolongan bule lagi) ya silahkan pusing, yg pengen bikin jeb ajeb ya bikin aja jeb ajeb, yang enggak juga gak papa. Gak ada hubungannya sih kalo kata gue. Yg mungkin jadi masalah adalah, entah kenapa masih ada di antara kita yang bisa dengan gampang nyela2 karya orang sambil dia sendiri juga gak bikin apa2. Just for the sake of nyela gitu. Yang ada hal2 yg sebenernya punya potensi utk maju akhirnya tenggelem lagi. Mestinya kalau kita tau apa yang norak, ya bikin lah yang menurut mereka keren.. seperti gw bilang di atas, nyela sih gampang gila..  ;D Yang susah tuh bikin, makanya gw salut ama orang2 kyk lo dll Cha, yg masih mau bikin lagu sendiri walau tau gak bakalan jadi duit juga  *bgs*

Soal breaks, kalo ngeliat edm indonesia, ya memang cuma funkot yg muncul. Tapi kalau ngeliat musik asli Indonesia secara luas, nggak juga. Masing2 suku bangsa di Indonesia punya musik tradisional sendiri2.  Gw rasa kita punya cukup banyak library utk cari referensi breaks dari situ Cha. Nilainya pun jadi lebih karena ada roots nya yg jelas dari budaya bangsa sendiri. Balik lagi ke producer2nya gimana mau mengolahnya. CMIIW ya brod?
Anarchy. Now

"Gak ada hubungannya sih kalo kata gue. Yg mungkin jadi masalah adalah, entah kenapa masih ada di antara kita yang bisa dengan gampang nyela2 karya orang sambil dia sendiri juga gak bikin apa2. Just for the sake of nyela gitu. Yang ada hal2 yg sebenernya punya potensi utk maju akhirnya tenggelem lagi. Mestinya kalau kita tau apa yang norak, ya bikin lah yang menurut mereka keren.. seperti gw bilang di atas, nyela sih gampang gila..   Yang susah tuh bikin, makanya gw salut ama orang2 kyk lo dll Cha, yg masih mau bikin lagu sendiri walau tau gak bakalan jadi duit juga  "

@Discomfort

NICE WORDS!!
"Enourmous Uplift"

pertama2 gw mau mengucapkan horeeeee ! akhirnya gw inget pass ravelex gw :P

gw setuju ma niang,emang kita sebagai bangsa yang notabene bisa di sebut salah satu negara asia yang perkembangan scene edmnya maju belum bisa punya karakter or ciri khas sendiri yang bisa kita tunjukkin ke dunia luar


ga muna gw , gw pun bikin lagu masi terinfluence and ke bawa karakter londo2 , gimana caranya kita bisa punya ciri khas yang ngebedain musik kita ma musik lain? gw jawab ....... meneketehe

kalo kita mau sama ratain ciri or karakterisasiin sound para produser se indonesia sendiri menurut gw rada susah karena tiap orang punya ciri n karakter yang beda2 , so maybe bangsa kita sendiri belum cukup berani buat ciptain style sendiri , karena pola pikir kita masi menyerap,meniru dan menerapkan

dan meski berat buat kita akuin , musik elektronik yang asli indonesia ya menurut gw masi funkot , so suck up the truth , gw sendiri ga suka dan ga begitu dengerin , tapi bukan berarti kita bisa merendahkan , meski funkot buat gw masuk kategori sumber migren dengerin tempo 180 bpm with chipmunk speed up vokal,n cheesy sounds tapi biar bagaimanapun itu di bikin olah seseorang , buah pemikiran dan hasil kerja seseorang and i respect that (bikin lagu ga gampang loh so all you haters out there STFU )

ya skrg balik ke produser2 n kita2 juga , terus explore , terus mencoba , jangan kebentur masalah aaah gw dj genre anu bikin lagu musti anu , experiment ! karena dari berbagai macam experiment yang kita lakuin bakal ga sengaja ke serap n jadi style kita sendiri

udah aaaah sekian dulu , gw mau jadi siluman lagi merhatiin postingan2  dadaaaaaaaah

QuotePosted by: echaaaa

ya skrg balik ke produser2 n kita2 juga , terus explore , terus mencoba , jangan kebentur masalah aaah gw dj genre anu bikin lagu musti anu , experiment ! karena dari berbagai macam experiment yang kita lakuin bakal ga sengaja ke serap n jadi style kita sendiri

Exactly my point dude!!  *bgs*

Anarchy. Now

tai lah funkot..membuat awal 2010 gw suram !! fak lah segala jason mraz di remix...bisa yah orang pada dengerin begituan
For every Skrillex, there is a J:Kenzo

www.soundcloud.com/dedosixteen

alah lo godek juga kan akhirnya do? Bwahahahha
Anarchy. Now

kepaksa ang dari pada ngabretz dikamar sendiri mending i join them de aw
For every Skrillex, there is a J:Kenzo

www.soundcloud.com/dedosixteen

Quote from: erwiengroovy on 30/12/09, 00:49
bayar royalti kagak ya neh orang................
sumpah mules perut gwww.....
ga tau nih, tapi yg muterin TVRI gimana tuh?


Quote from: echaaaa on 31/12/09, 04:02
pertama2 gw mau mengucapkan horeeeee ! akhirnya gw inget pass ravelex gw :P

gw setuju ma niang,emang kita sebagai bangsa yang notabene bisa di sebut salah satu negara asia yang perkembangan scene edmnya maju belum bisa punya karakter or ciri khas sendiri yang bisa kita tunjukkin ke dunia luar


ga muna gw , gw pun bikin lagu masi terinfluence and ke bawa karakter londo2 , gimana caranya kita bisa punya ciri khas yang ngebedain musik kita ma musik lain? gw jawab ....... meneketehe

kalo kita mau sama ratain ciri or karakterisasiin sound para produser se indonesia sendiri menurut gw rada susah karena tiap orang punya ciri n karakter yang beda2 , so maybe bangsa kita sendiri belum cukup berani buat ciptain style sendiri , karena pola pikir kita masi menyerap,meniru dan menerapkan

dan meski berat buat kita akuin , musik elektronik yang asli indonesia ya menurut gw masi funkot , so suck up the truth , gw sendiri ga suka dan ga begitu dengerin , tapi bukan berarti kita bisa merendahkan , meski funkot buat gw masuk kategori sumber migren dengerin tempo 180 bpm with chipmunk speed up vokal,n cheesy sounds tapi biar bagaimanapun itu di bikin olah seseorang , buah pemikiran dan hasil kerja seseorang and i respect that (bikin lagu ga gampang loh so all you haters out there STFU )

ya skrg balik ke produser2 n kita2 juga , terus explore , terus mencoba , jangan kebentur masalah aaah gw dj genre anu bikin lagu musti anu , experiment ! karena dari berbagai macam experiment yang kita lakuin bakal ga sengaja ke serap n jadi style kita sendiri

udah aaaah sekian dulu , gw mau jadi siluman lagi merhatiin postingan2  dadaaaaaaaah

WORD !!!

Quote from: B*A*R*U on 22/12/09, 18:20


Ini yg di sebut Happy Hard.....

Mirip funk kot? cuma BPMnya aja kali ya yg indentik... bass line and beat nya beda sih kalo menurut gw, maksud gw enga kedengeran ciri khas musik funk kot disini....

salute deh buat member dsini, br bbrp wktu lalu gue baca soal funkot yg di diskreditkan, skrg g tarik kesimpulan, masing2 member udh mulai menghargai genre 1 ini. Even suka atau ga suka, termasuk gue yg ga suka n bs gila dgr funkot ;D

ada nilai kemanusiaan yg baik di forum ini.. maju terus rvlx  *bgs*
Shissy Bvlgary
BB Pin : 28c02366
www.twitter.com/shissybvlgary
www.bvlgarymanagement.com

Quote from: djshissy on 06/01/10, 08:58
salute deh buat member dsini, br bbrp wktu lalu gue baca soal funkot yg di diskreditkan, skrg g tarik kesimpulan, masing2 member udh mulai menghargai genre 1 ini. Even suka atau ga suka, termasuk gue yg ga suka n bs gila dgr funkot ;D

ada nilai kemanusiaan yg baik di forum ini.. maju terus rvlx  *bgs*

Music is independent !!!

orang yg lebih menghargai proses akan belajar dripada orang yg tidak menghargai hasil nya. *piss*

Visit : @djrangel

"It's not about what you use, it's how you use it.

08/01/10, 13:01 #95 Last Edit: 08/01/10, 13:03 by djnard
Quote from: Dj R'AngeL on 08/01/10, 12:07
Quote from: djshissy on 06/01/10, 08:58
salute deh buat member dsini, br bbrp wktu lalu gue baca soal funkot yg di diskreditkan, skrg g tarik kesimpulan, masing2 member udh mulai menghargai genre 1 ini. Even suka atau ga suka, termasuk gue yg ga suka n bs gila dgr funkot ;D

ada nilai kemanusiaan yg baik di forum ini.. maju terus rvlx  *bgs*



Music is independent !!!

orang yg lebih menghargai proses akan belajar dripada orang yg tidak menghargai hasil nya. *piss*



GREAT WORDS INDEED !!

Nih, gue ringkas aja yah....

HOUSE
Constant 4/4 beat. Terbentuk oleh karena kebosanan para DJ akan aliran 80's Disco. Yang kemudian semakin colorful oleh masyarakat UK dengan menambahkan pop flavor ke dalam musik ini.

Sub-genre:
· Deep/Dark House – Heavy bass line, mysterious synth. Lebih ke Twisted-feel-audience. Menggunakan komponen Tribal. Exp : MMII - Digweed

· Progressive House – Paling popular dan paling berkembang di aliran ini. Hampir semua club muali dari New York sampe Ibiza memainkan musik ini. Tetap dengan khas 4/4, tetapi ciri khasnya adalah Opening/introduction menggunakan synth melody atau layered effect, sehingga kita dapat dengan spontan mengetahui lagu apa yg sedang dimainkan oleh sang DJ. Biasanya berdurasi panjang/long play Exp : GlobalUnderground series.

· Soulful House – Khas dengan vocalis perempuan, terutama yg "bersuara" afro-american. Tetap menggunakan 4/4 rhythm, tetapi ada penambahan unsure soul dan jazz. Exp : Body and Soul NYC, David Morales.

· Tech House – Terbagi dua : UK dan Detroit style. Yg UK style lebih berani memainkan nadanya, sedangkan Detroit Style hampir menyerupai old-skool techno. Bahkan Tech house sering menjadi opening mood para DJ yg main Techno. Exp : Drop Music's Inland Knights, Kevin Fisher.

· Hard House – Distorted bass drums. Lebih kompleks dari Progressive House.

TRANCE
Berasal dari Techno dan kemudian dikembangkan menjadi lebih "kreatif". Dengan mengambil beat khas techno dan menggabungkannya dengan melody yg fast pacing. Sering di analogikan dengan commercialised Euro Dance. Termasuk yg paling banyak pengikutnya.
Sub-genre:
· Progressive Trance – Banyak yg bilang, ini adalah perubahan dari Progressive House, tetapi lebih banyak melody'nya, lebih banyak breakdown'nya dan biasanya lebih bersifat "puncak". Exp : Politiks Of Dance – Paul Van Dyk, Ayumix - Ayumi Hamasaki.

· Goa Trance – Hippie'nya Trance. Very fast, very spiritual and very complicated. Berasal dari India, tetapi dengan cepat menyebar ke Eropa. Exp : Singularity – Fly Rhino.

TECHNO
Salah satu aliran tertua yang pernah ada di dunia musik. Keluar dari para "jagoan" Funk, R&B, dan Disco, yang merasa musik2 mereka butuh nuansa "electronic".

Sub-genre:
· Detroit Techno – Paling popular di seluruh dunia. Funky, Twisted, dan upbeat, sehingga memudahkan kita mengenali aliran ini. Ada yg bilang kalai ini adalah salah satu bentuk termurni dari dance music. Boleh dibilang begitu karena sudah bertahan selama 2 dekade. Exp : Metropolis – Jeff Mills.

· Minimalist Techno – Kadang terdengar lebih complicated dari "saudaranya". Padahal kalau diperhatikan, aliran ini cukup straightforward dan lebih terpaku pada layout beat'nya. Terkenal di Australia, Swedia dan Jerman. Exp : Wetmusik Mixed Up.

BREAKS
Seringkali di salah artikan sebagai "musik yg bukan 4/4" ^_^. Akan tetapi lebih benar dikatakan kalau di aliran ini, irama dari drum dan perkusinya hampir "mendekati" irama 4/4. Hampir semua irama yg ada dialiran ini merupakan sampling dari musiknya James Brown. Istilahnya " Where a break is the beat within a break". Break music biasanya berkisar antara 80bpm( of hip hop ) sampai 160bpm ( drum and bass ).
Sub-genre:
· Break Beat – berawal dari DJ tahun 70'an, DJ Kool Herc, yg sering memainkan variasi drum solo diantara dua lagu funk, yang menghasilkan sebuah "breakdown" dan membuat para pengunjung jadi "gila". Sejak saat itu lahirlah istilah Break Beat. The Grandaddy of Hip-hop, Drum and Bass dan semua funky beat yg ada saat ini. Exp : Adam Freeland, Better Livin' Through Chemistry – Fatboy Slim.

· Drum and Bass – diasosiasikan dengan Jungle style, dimana sebuah lagu tiba2 hilang ( breaks ) menjadi hanya instrumen drum dan bass'nya saja. Really fast ( 140-170bpm ). Yang menjadi ciri khas, justru instrumen lain ( selain drum & bassnya ) serta penyanyinya, tetap menggunakan setengah dari irama drum&bass'nya. Mulai di London tahun 90'an. Exp : Roni Size/DJ Marky.

· Garage – Lahir dari sebuah club di New York yang bernama Paradise Garage, di jalan King Street. Dimana DJ'nya, Larry Levan, memainkan underground Black American disco ( ???? what ) dicampur dengan "white" music. Kemudian berkembang lagi menjadi Speed Garage – Garage dengan sentuhan House.

· US Garage – Hampir sama dengan yg diatas, tapi lebih banyak unsur live instrument dan lebih "white". Exp: Garage Anthem – Craig Steven.

· UK Garage / 2 Step – Sedikit lebih pelan dari US garage dan banyak unsur repetasinya/rewinding. Aliran inilah yg paling sering dibuat oleh artis2 di Europe, terutama artis2 UK charts. Speed up Hip-hop beat. Menganut aliran Drum and Bass, kadang beatnya lebih cepat dari melodynya. Exp : Artful Dodger – ReRewind, Trusteppers.

· TripHop – Menakutkan! Mungkin itu kata yang tepat buat aliran ini. Gabungan antara Jungle style, reggae dan jazz, dengan sentuhan Hip-hop sebagai tulang punggungnya. Muncul pertama kali di Bristol, England di awal 80'an. Psychedelic Hip Hop, menjadi ciri khas Hip hop diluar daratan US. Exp : Massive Attack, Portished, Tricky.

· Acid Jazz – Funky Styler side of Jazz. Bener-bener jazz yang diluar kebiasaan jazz. Oleh karena itu, akar dari jazznya lebih sedikit daripada aliran jazz yang lain, tetapi aliran ini justru banyak menggabungkan banyak unsure 70's Jazz, Funk, Hip-hop and soul, bahkan Swing dan Groove. Bisa Live music, bisa sampling, dan bisa gabungan keduanya. Bisa Upbeat, bisa downtempo. Pokoknya ultra-flexible. Exp : Jamiroquai, Brand New Heavies.

HIP HOP
Satu kalimat – DJ Kool Herc. Kalau dia tidak mencipatakan "irama-irama" khasnya, nisacaya, music hip-hop tidak akan seperti sekarang. Dengan menggabungkan "back-and-forth" dua buah sampling music, dan taruh diatasnya lyric yang catchy, jadilah Hip-hop. Khas sekali dengan afro-american music.
Sub-Genre:
· Rap – "Rhymers spittin' lyrical flowz". Kadang disertai dengan "Strong Bass", seorang rapper akan mengeluarkan kata2 yg berirama diatasnya. Bouncing sounds of Pop dan kata2 kotor seakan menghiasi aliran ini. Lebih dari sekedar budaya afro-america dengan phat beats dan funky rhymes. Exp : N.W.A, Tupac, Snoop-Dog, Eminem.

· R&B – Rhythm & Blues sepertinya adalah bagian dari Hip-hop yg paling bisa dinikmati oleh penggemar non-Hip-hopers. Khas dengan balada diatas beat2 yang menyerupai "saudaranya", rap.Classic Motown style dari tahun 70'an. Tidak "keras" seperti rap, lebih ke arah flow feeling atau spiritual. Exp : Lauryn Hill, Kci & Jojo.


Gimana?
Ada yg kurang atau musti dibetulin?
Justru karena gue baca artikel ini, gue makin bingung....si "dia" masuk ke aliran mana? Apa iya, setiap DJ/artis punya kebebasan untuk memainkan berbagai macam aliran?

Misalnya, SafriDuo masuk aliran mana?
Hidup cuman perlu internet buat OL di rvlx !!
--------------------------------------------------------
http://soundcloud.com/jhone

Quote from: Dj jhone on 27/06/10, 16:32
Nih, gue ringkas aja yah....

HOUSE
Constant 4/4 beat. Terbentuk oleh karena kebosanan para DJ akan aliran 80's Disco. Yang kemudian semakin colorful oleh masyarakat UK dengan menambahkan pop flavor ke dalam musik ini.

Sub-genre:
· Deep/Dark House – Heavy bass line, mysterious synth. Lebih ke Twisted-feel-audience. Menggunakan komponen Tribal. Exp : MMII - Digweed

· Progressive House – Paling popular dan paling berkembang di aliran ini. Hampir semua club muali dari New York sampe Ibiza memainkan musik ini. Tetap dengan khas 4/4, tetapi ciri khasnya adalah Opening/introduction menggunakan synth melody atau layered effect, sehingga kita dapat dengan spontan mengetahui lagu apa yg sedang dimainkan oleh sang DJ. Biasanya berdurasi panjang/long play Exp : GlobalUnderground series.

· Soulful House – Khas dengan vocalis perempuan, terutama yg "bersuara" afro-american. Tetap menggunakan 4/4 rhythm, tetapi ada penambahan unsure soul dan jazz. Exp : Body and Soul NYC, David Morales.

· Tech House – Terbagi dua : UK dan Detroit style. Yg UK style lebih berani memainkan nadanya, sedangkan Detroit Style hampir menyerupai old-skool techno. Bahkan Tech house sering menjadi opening mood para DJ yg main Techno. Exp : Drop Music's Inland Knights, Kevin Fisher.

· Hard House – Distorted bass drums. Lebih kompleks dari Progressive House.

TRANCE
Berasal dari Techno dan kemudian dikembangkan menjadi lebih "kreatif". Dengan mengambil beat khas techno dan menggabungkannya dengan melody yg fast pacing. Sering di analogikan dengan commercialised Euro Dance. Termasuk yg paling banyak pengikutnya.
Sub-genre:
· Progressive Trance – Banyak yg bilang, ini adalah perubahan dari Progressive House, tetapi lebih banyak melody'nya, lebih banyak breakdown'nya dan biasanya lebih bersifat "puncak". Exp : Politiks Of Dance – Paul Van Dyk, Ayumix - Ayumi Hamasaki.

· Goa Trance – Hippie'nya Trance. Very fast, very spiritual and very complicated. Berasal dari India, tetapi dengan cepat menyebar ke Eropa. Exp : Singularity – Fly Rhino.

TECHNO
Salah satu aliran tertua yang pernah ada di dunia musik. Keluar dari para "jagoan" Funk, R&B, dan Disco, yang merasa musik2 mereka butuh nuansa "electronic".

Sub-genre:
· Detroit Techno – Paling popular di seluruh dunia. Funky, Twisted, dan upbeat, sehingga memudahkan kita mengenali aliran ini. Ada yg bilang kalai ini adalah salah satu bentuk termurni dari dance music. Boleh dibilang begitu karena sudah bertahan selama 2 dekade. Exp : Metropolis – Jeff Mills.

· Minimalist Techno – Kadang terdengar lebih complicated dari "saudaranya". Padahal kalau diperhatikan, aliran ini cukup straightforward dan lebih terpaku pada layout beat'nya. Terkenal di Australia, Swedia dan Jerman. Exp : Wetmusik Mixed Up.

BREAKS
Seringkali di salah artikan sebagai "musik yg bukan 4/4" ^_^. Akan tetapi lebih benar dikatakan kalau di aliran ini, irama dari drum dan perkusinya hampir "mendekati" irama 4/4. Hampir semua irama yg ada dialiran ini merupakan sampling dari musiknya James Brown. Istilahnya " Where a break is the beat within a break". Break music biasanya berkisar antara 80bpm( of hip hop ) sampai 160bpm ( drum and bass ).
Sub-genre:
· Break Beat – berawal dari DJ tahun 70'an, DJ Kool Herc, yg sering memainkan variasi drum solo diantara dua lagu funk, yang menghasilkan sebuah "breakdown" dan membuat para pengunjung jadi "gila". Sejak saat itu lahirlah istilah Break Beat. The Grandaddy of Hip-hop, Drum and Bass dan semua funky beat yg ada saat ini. Exp : Adam Freeland, Better Livin' Through Chemistry – Fatboy Slim.

· Drum and Bass – diasosiasikan dengan Jungle style, dimana sebuah lagu tiba2 hilang ( breaks ) menjadi hanya instrumen drum dan bass'nya saja. Really fast ( 140-170bpm ). Yang menjadi ciri khas, justru instrumen lain ( selain drum & bassnya ) serta penyanyinya, tetap menggunakan setengah dari irama drum&bass'nya. Mulai di London tahun 90'an. Exp : Roni Size/DJ Marky.

· Garage – Lahir dari sebuah club di New York yang bernama Paradise Garage, di jalan King Street. Dimana DJ'nya, Larry Levan, memainkan underground Black American disco ( ???? what ) dicampur dengan "white" music. Kemudian berkembang lagi menjadi Speed Garage – Garage dengan sentuhan House.

· US Garage – Hampir sama dengan yg diatas, tapi lebih banyak unsur live instrument dan lebih "white". Exp: Garage Anthem – Craig Steven.

· UK Garage / 2 Step – Sedikit lebih pelan dari US garage dan banyak unsur repetasinya/rewinding. Aliran inilah yg paling sering dibuat oleh artis2 di Europe, terutama artis2 UK charts. Speed up Hip-hop beat. Menganut aliran Drum and Bass, kadang beatnya lebih cepat dari melodynya. Exp : Artful Dodger – ReRewind, Trusteppers.

· TripHop – Menakutkan! Mungkin itu kata yang tepat buat aliran ini. Gabungan antara Jungle style, reggae dan jazz, dengan sentuhan Hip-hop sebagai tulang punggungnya. Muncul pertama kali di Bristol, England di awal 80'an. Psychedelic Hip Hop, menjadi ciri khas Hip hop diluar daratan US. Exp : Massive Attack, Portished, Tricky.

· Acid Jazz – Funky Styler side of Jazz. Bener-bener jazz yang diluar kebiasaan jazz. Oleh karena itu, akar dari jazznya lebih sedikit daripada aliran jazz yang lain, tetapi aliran ini justru banyak menggabungkan banyak unsure 70's Jazz, Funk, Hip-hop and soul, bahkan Swing dan Groove. Bisa Live music, bisa sampling, dan bisa gabungan keduanya. Bisa Upbeat, bisa downtempo. Pokoknya ultra-flexible. Exp : Jamiroquai, Brand New Heavies.

HIP HOP
Satu kalimat – DJ Kool Herc. Kalau dia tidak mencipatakan "irama-irama" khasnya, nisacaya, music hip-hop tidak akan seperti sekarang. Dengan menggabungkan "back-and-forth" dua buah sampling music, dan taruh diatasnya lyric yang catchy, jadilah Hip-hop. Khas sekali dengan afro-american music.
Sub-Genre:
· Rap – "Rhymers spittin' lyrical flowz". Kadang disertai dengan "Strong Bass", seorang rapper akan mengeluarkan kata2 yg berirama diatasnya. Bouncing sounds of Pop dan kata2 kotor seakan menghiasi aliran ini. Lebih dari sekedar budaya afro-america dengan phat beats dan funky rhymes. Exp : N.W.A, Tupac, Snoop-Dog, Eminem.

· R&B – Rhythm & Blues sepertinya adalah bagian dari Hip-hop yg paling bisa dinikmati oleh penggemar non-Hip-hopers. Khas dengan balada diatas beat2 yang menyerupai "saudaranya", rap.Classic Motown style dari tahun 70'an. Tidak "keras" seperti rap, lebih ke arah flow feeling atau spiritual. Exp : Lauryn Hill, Kci & Jojo.


Gimana?
Ada yg kurang atau musti dibetulin?
Justru karena gue baca artikel ini, gue makin bingung....si "dia" masuk ke aliran mana? Apa iya, setiap DJ/artis punya kebebasan untuk memainkan berbagai macam aliran?

Misalnya, SafriDuo masuk aliran mana?

sangat berguna jon!!
yg td ny gw ga ngerti jd lebih tau..

;D

*bgs*
Visit : @djrangel

"It's not about what you use, it's how you use it.

^
^
^

gw juga oot :P
Hidup cuman perlu internet buat OL di rvlx !!
--------------------------------------------------------
http://soundcloud.com/jhone