Loader

Render dulu baru mixing or not?

Started by mahesautara, 31/12/09, 05:56

Previous topic - Next topic
Gw baca2 old topic, adagio ngomong gini (sayang udh dilock, topicnya "mastering)

"wah thx.. ternyata si oom yang jawab...

satu lagi pertanyaan.. mang bener yah katanya hasil EQing itu beda antara klo formatnya masi mentah ( midi + vst instrument / rewire ) sama klo dah dirender jadi WAVEform?

klo iya kenapa tuh? kan spectrum sama sama ngebaca output suara bukan gambarnya??
apa jangan2 mang sequencer bajakan gw aja yang ndablek??? hehe....

nabung deh buat logic...."

Kalo lo gmana? apa lo render dulu? Ini pengalaman gw juga sih, lagu2 lama gw (masih pake sistem bego, sample didrag masuk ke project, jd gw bner2 kerja pake wav smua, kecuali soft synthnya, masih midi aja) kok abis gw denger, drumsnya clarity ny lbh bagus, punch lbh ada, dll.. jauh bgt dh sm lagu2 gw yg trakhir..

How come? ad yg bisa jelasin? Ato vst gw yg ga gtu bgus (kyknya ga mungkin dh) gw pake battery 3 buat drums..

Kalau yang suka pakai sample loop2an sih render dulu baru mixing..

Kalau aku sih kalau emang ada yang perlu di render duluan ya oke aja... tergantung kebutuhan...

satu lagi pertanyaan.. mang bener yah katanya hasil EQing itu beda antara klo formatnya masi mentah ( midi + vst instrument / rewire ) sama klo dah dirender jadi WAVEform?

emang beda suaranya, karena menurutku sample hasil render itu terproses kembali ketika masuk ke DAW, makanya harus di EQ lagi (IMO)

Enaknya logic ada analyser di EQ nya jadi secara visual kelihatan selain itu kita mendengar suara dari speaker udah enak apa belum..

loop render-an emang biasanya bersuara lebih kenceng dari pada hasil dari sequencer DAW. Alasannya kenapa aku juga ngga bisa jelasinnya ;D *piss*

Btw sorry ya kalau sok tau, it's just my opinion, peralatanku juga masih apa adanya..

nice topic bro.

Ayo dilanjut siapa yang mau bahas lagi..

Oh ya ada tambahan, terutama buat pengguna FL ;D

Kalau bekerja tanpa loop sample (wav, mp3, etc) bolehlah pakai limiter default. Suaranya bisa di gain, jadi terdengar kenceng, tapi ingat kontrol level di Mixernya, harus balance..

Kalau bekerja dengan menggunakan loop sample semua, non aktifkan aja Limiternya. Soalnya nanti suaranya kenceng2. Ngga enak... pakai limiternya nanti di mastering nya aja. Kalau aku pakai T-Racks. Suaranya jadi enak. Ini sih berdasarkan pengalamanku sih ;D

yeah..

02/01/10, 01:05 #3 Last Edit: 02/01/10, 01:10 by sense
Dgn asumsi lagunya udah jadi, kalo komp gw kuat pasti gw render dulu.

Yg gw tau di FL playback & render interpolationnya bisa disetting, semakin tinggi interpolationnya makin akurat & bagus outputnya, masalahnya klo pake interpolation tinggi buat playback jadi boros CPU.

Ini kutipan dari help filenya FL
"64, 128, 256, 512-point Sinc methods provide, increasingly, the highest quality interpolation, but they are also very cpu intensive. Anything above 6-point Hermite is not suitable for live-playback (perhaps one day when we have 32-core 10 GHz CPUs). So why are these methods available? So that if someone requires the highest quality live interpolation they can have it...and so you can believe us, turn on 256-point sync and watch your PC grind to a stuttering halt next time you transpose a sample...don't say we didn't warn you!"

Ditambah lagi, emang ada beberapa vst yg klo dirender kualitasnya naik. Tapi klo battery gw kurang tau ya.

CMIIW
Past. Present. Esok

Gw br nyoba brusan.. drum dr battery gw render dan hasilnya = sama aja.. Masih menang wav filenya gw drag langsung.. Kick dgn output sama tau2 lbh tembus yg wav drpd hasil render.. Weirdd.. Apa vst drum blm ada yg perfect ya?

Kesimpulan gw sementara, output sample lewat vst, kualitasnya turun.. Hmmm hmmmm...

Ikutan nyobain, tapi hasilnya (kualitasnya) perasaan gw gak beda :-X
Ini samplenya, selang-seling tiap 4 bar, Battery 2 & Wav  :)
http://www.sendspace.com/file/uk931q
Past. Present. Esok

Quote from: sense on 03/01/10, 10:21
Ikutan nyobain, tapi hasilnya (kualitasnya) perasaan gw gak beda :-X
Ini samplenya, selang-seling tiap 4 bar, Battery 2 & Wav  :)
http://www.sendspace.com/file/uk931q


Pake DAW ap bro?

Bikin loopnya di Nuendo, gabungin 22nya di FL. Tp emang, sample yg didrag volumenya lebih gede daripada battery, jadi gw turunin sampe headroomnya sama.

Outputnya beneran sama gak sih? Gw soalnya cuma dengerin pake speaker seadanya
Past. Present. Esok

Quote from: sense on 03/01/10, 22:33
Bikin loopnya di Nuendo, gabungin 22nya di FL. Tp emang, sample yg didrag volumenya lebih gede daripada battery, jadi gw turunin sampe headroomnya sama.

Outputnya beneran sama gak sih? Gw soalnya cuma dengerin pake speaker seadanya

Iya beneran sama.. hahahaha aneh.. Udh coba di lagu yg udh jadi? Buat output battery jadi tembus itu susah amat ya.. Kalo drag sample, ga perlu EQ ekstrim, compress biasa2 aja juga udah tembus..

ijin menyimak...sambil mengais ilmu dari para master disini...

( brarti cara gw termasuk cara bego ya ??? ) :)
www.soundcloud.com/9march

www.soundcloud.com/simonprojects

Quote from: mahesautara on 03/01/10, 22:47
Iya beneran sama.. hahahaha aneh.. Udh coba di lagu yg udh jadi? Buat output battery jadi tembus itu susah amat ya.. Kalo drag sample, ga perlu EQ ekstrim, compress biasa2 aja juga udah tembus..
Klo di lagu yg udah jadi gw blom sempet nyoba. Sample di atas gw gak eq sama sekali, ntar gw coba bandingin lagi battery vs. wav kalo pake eq.
Past. Present. Esok

sebenernya masalah utama dari kebanyakan producer disini itu over processing. Gw menyadari belakangan ini kenapa lagu2 gw banyak yang lack punch n clarity. ternyata usut punya usut masalah ada di over processing. Memang kebanyakan kita selalu berpedoman bahwa sample itu mentah dan mesti kita process supaya jadi dan ga sekedar comot sana sini.

contoh, banyak diantara kita yang merasa bahwa supaya sample itu lebih punchy dan keras kita harus compress. padahal fungsi compressor yang sebenernya adalah untuk meratakan dynamic dari sebuah audio. artinya yang keras di turunin ke thrshold yang sudah kita tetapkan yang kecil dinaikkan. Jadi sebenernya compressor justru membuat audio lebih kecil secara keseluruhan. Memang pada prakteknya kalo kita di logic punya satu drum loop yg sebelum di compress level sudah ok kemudian kita compress jadi clipping, otomatis reaksi pertama kita adalah menurunkan fader dari track tsb.  Kalo kita turunkan supaya ga clip, track tsb sekarang justru ga punchy lagi karena dynamic dari loop itu udah dihilangkan. kasarnya sekarang si hihats dan dkick dan snare sama kerasnya, jadi si kick udah ga didepan lagi. Biasanya reaksi kita berikutnya adalah kita coba eq dengan misal boost di 80hz supaya kicknya lebih punch. Nah, sedikit tentang EQ, setiap kali kita boost eq, kita memberi sedikit warna baru (distorsi) ke audio tsb. Kalo kita tidak hati hati, kita justru membuat audio tersebut jadi muddy. Berarti sekarang kita sudah kehilangan punch dan clarity.

Nah, kasus diatas sebetulnya bisa diatasi dengan mudah yaitu dengan drag sample asli dan kalau mau process, cukup di beri substractive (pengurangan) EQ.

JAdi balik ke diskusi awal mengenai render sebelum mixing, menurut gw sih ga perlu. Kuncinya adalah justru jangan over process everything. Sample, terutama kalo dari CD sample itu udah jadi dan biasanya udah di process jadi kalo kita process lagi ya malah berantakan.

BTW ini berdasarkan pengalaman karena gw ga pernah sekolah audio engineering. Tapi temen2 gw yang sekolah kalo gw liat justru efectnya sangat minimal di track2 mereka. Intinya sih in msic production itu menurut gw "Less is More". Semoga ini sedikit membantu.

Quote from: djrandom on 04/01/10, 12:32

contoh, banyak diantara kita yang merasa bahwa supaya sample itu lebih punchy dan keras kita harus compress. padahal fungsi compressor yang sebenernya adalah untuk meratakan dynamic dari sebuah audio.

Nah, kasus diatas sebetulnya bisa diatasi dengan mudah yaitu dengan drag sample asli dan kalau mau process, cukup di beri substractive (pengurangan) EQ.

Intinya sih in msic production itu menurut gw "Less is More". Semoga ini sedikit membantu.


+1
+1
+1
+1
+1
+1
@live_giovanni

setelah baca2 dari awal,gw setuju dengan pendapat Bung Random....

kualitas cd sample belakangan ini udah bagus-bagus...jadi ga perlu over processing yang kadang malah menurunkan kualitas sample itu sendiri.... :)
www.soundcloud.com/9march

www.soundcloud.com/simonprojects

Quote from: djrandom on 04/01/10, 12:32
sebenernya masalah utama dari kebanyakan producer disini itu over processing. Gw menyadari belakangan ini kenapa lagu2 gw banyak yang lack punch n clarity. ternyata usut punya usut masalah ada di over processing. Memang kebanyakan kita selalu berpedoman bahwa sample itu mentah dan mesti kita process supaya jadi dan ga sekedar comot sana sini.

contoh, banyak diantara kita yang merasa bahwa supaya sample itu lebih punchy dan keras kita harus compress. padahal fungsi compressor yang sebenernya adalah untuk meratakan dynamic dari sebuah audio. artinya yang keras di turunin ke thrshold yang sudah kita tetapkan yang kecil dinaikkan. Jadi sebenernya compressor justru membuat audio lebih kecil secara keseluruhan. Memang pada prakteknya kalo kita di logic punya satu drum loop yg sebelum di compress level sudah ok kemudian kita compress jadi clipping, otomatis reaksi pertama kita adalah menurunkan fader dari track tsb.  Kalo kita turunkan supaya ga clip, track tsb sekarang justru ga punchy lagi karena dynamic dari loop itu udah dihilangkan. kasarnya sekarang si hihats dan dkick dan snare sama kerasnya, jadi si kick udah ga didepan lagi. Biasanya reaksi kita berikutnya adalah kita coba eq dengan misal boost di 80hz supaya kicknya lebih punch. Nah, sedikit tentang EQ, setiap kali kita boost eq, kita memberi sedikit warna baru (distorsi) ke audio tsb. Kalo kita tidak hati hati, kita justru membuat audio tersebut jadi muddy. Berarti sekarang kita sudah kehilangan punch dan clarity.

Nah, kasus diatas sebetulnya bisa diatasi dengan mudah yaitu dengan drag sample asli dan kalau mau process, cukup di beri substractive (pengurangan) EQ.

JAdi balik ke diskusi awal mengenai render sebelum mixing, menurut gw sih ga perlu. Kuncinya adalah justru jangan over process everything. Sample, terutama kalo dari CD sample itu udah jadi dan biasanya udah di process jadi kalo kita process lagi ya malah berantakan.

BTW ini berdasarkan pengalaman karena gw ga pernah sekolah audio engineering. Tapi temen2 gw yang sekolah kalo gw liat justru efectnya sangat minimal di track2 mereka. Intinya sih in msic production itu menurut gw "Less is More". Semoga ini sedikit membantu.


Stuju bgt, tp masalahnya gw compressnya (setau gw ya) justru settingan untuk nambah punch kok dan gw jg ngasi seperlunya, ga di semua elemen (slow attack about > 25 ms , fast release 1ms, dan bukan untuk ngeratain dinamik, fast attack, med - long release).. Trus tresholdnya jg diset supaya ngompressnya minimal bgt (paling gede 1 or 2 db).. dan emang ga semua gw compress, eq pun seperlunya (misalnya hi pass aja)..

Kemungkinan bsar emang mungkin gw tanpa sadar over process kyknya, mungkin pas di mastering, soalnya mixing gw light2 aja.. Coba gw cek lg dulu.. :) masukan berarti bgt buat gw..

Tp gw ga setuju kalo kompressor gunanya cuma untuk ngeratain dinamik aja..

@ opera zime, hahahaha.. no offense ya bro.. maksud gw ga ngatain kok.. Tp emang battery dll. ternyata bs buat kita lebih kreatif (krn gonta ganti sample dll jd gampang bgt) :) You should try it!

04/01/10, 20:04 #15 Last Edit: 04/01/10, 20:12 by djrandom
Quote from: mahesautara on 04/01/10, 19:46
Stuju bgt, tp masalahnya gw compressnya (setau gw ya) justru settingan untuk nambah punch kok dan gw jg ngasi seperlunya, ga di semua elemen (slow attack about > 25 ms , fast release 1ms, dan bukan untuk ngeratain dinamik, fast attack, med - long release).. Trus tresholdnya jg diset supaya ngompressnya minimal bgt (paling gede 1 or 2 db).. dan emang ga semua gw compress, eq pun seperlunya (misalnya hi pass aja)..

Kemungkinan bsar emang mungkin gw tanpa sadar over process kyknya, mungkin pas di mastering, soalnya mixing gw light2 aja.. Coba gw cek lg dulu.. :) masukan berarti bgt buat gw..

Tp gw ga setuju kalo kompressor gunanya cuma untuk ngeratain dinamik aja..


Balik lagi, lu compress sbg syarat aja ato memang perlu? Inget bahwa kita ga wajib untuk compress semuanya. Kadang kalo kebetulan samplenya semua udah pas bahkan no compressor is needed.

Justru EQ itu yang paling penting dan sebisa mungkjin untuk cutting frequency aja, bukan boosting (tp bukan berarti ga boleh krn kadang justru memang kita malah ngejar coloring dari boosting certain frequency, tapi ini topik lain lagi)

MAksud gw td bilang compressor itu buat ngeratain dinamik adalah bahwa awalnya compressor dibuat untuk tujuan itu. Tp banyak banget aplikasi yang bisa kita pake secara creative ya. Contoh effect pumping dari sidechain itu kan justru malah bikin dnamic yang super ga rata. YA itu kan bukan tujuan utama dari knp compresor di buat tp kalo kita creative ya ada kegunaan lain. Semisal kita ngobrol sama old skool audio engineer sambil dengerin all those french house yang pumping sidechainnya berlebihan. Mereka pasti bakal bilang bahwa itungannya salah dan ga boleh seperti itu. Padahal justru pumpingnya itu yang di kejar untuk kasih that grooy feel and energy to the track. JAdi justru kuncinya experiment! Ga ada teorinya bro. if it sounds good then it sounds good! bodo amat caranya bener ato salah.

Oh iya.. Gw emang penganut aliran destruktif sbenerny.. Tp soal compress emang gw agak hati2, tapi kalo perlu gw bisa compress sampe parah bgt.. Pola gw tiap mixing selalu 'ancurin' dulu sampe gw dpt yg gw mau (misal compress sampe punchnya dapet bgt, or extrim eq) baru di'bangun' lg.. (misalnya kalo vokal, gw bisa tega bgt kasi deesser spy bs di eq mid hi sm hi gila2an, supaya suaranya di depan bgt)

Ini yg salah x ya? hehehehe..

Quote from: djrandom on 04/01/10, 20:04
Quote from: mahesautara on 04/01/10, 19:46
Stuju bgt, tp masalahnya gw compressnya (setau gw ya) justru settingan untuk nambah punch kok dan gw jg ngasi seperlunya, ga di semua elemen (slow attack about > 25 ms , fast release 1ms, dan bukan untuk ngeratain dinamik, fast attack, med - long release).. Trus tresholdnya jg diset supaya ngompressnya minimal bgt (paling gede 1 or 2 db).. dan emang ga semua gw compress, eq pun seperlunya (misalnya hi pass aja)..

Kemungkinan bsar emang mungkin gw tanpa sadar over process kyknya, mungkin pas di mastering, soalnya mixing gw light2 aja.. Coba gw cek lg dulu.. :) masukan berarti bgt buat gw..

Tp gw ga setuju kalo kompressor gunanya cuma untuk ngeratain dinamik aja..


Balik lagi, lu compress sbg syarat aja ato memang perlu? Inget bahwa kita ga wajib untuk compress semuanya. Kadang kalo kebetulan samplenya semua udah pas bahkan no compressor is needed.

Justru EQ itu yang paling penting dan sebisa mungkjin untuk cutting frequency aja, bukan boosting (tp bukan berarti ga boleh krn kadang justru memang kita malah ngejar coloring dari boosting certain frequency, tapi ini topik lain lagi)


MMm.. sbnernya pasti gw denger lg perlu dicompress ato ga.. kyk belakangan, gw br dapet sample thomas penton, itu punchny gila2an.. Dan ga perlu gw compress.. tp berhubung gw dulu pake sample vengeance electro smua, qualitynya emang agak kurang, jadi compress dulu itu udh prosedur standar gw (jadi kebiasaan.. hehehehe)

But, great point you have there.. Gw blm pernah nyoba juga sih, ngejar punch pake eq, I'll try that! :)

Jadi kesimpulannya gausa render dulu ya.. :) Thx semuanya! Soal ngejar punch lwat eq, compressor dll.. Mungkin buka topic baru aja..

Halo semuanya. Numpang ngisi dikit sini ttg rendering. Nah, kalo saya berdasarkan pengalaman di midi programming, kadang suka pas di playback ada sample yg tonenya panjang. Tapi misalnya suara itu kita maenin ditengah2 suaranya, secara midi notes gak akan kedengeran. Nah, itu kadang yg bikin mood turun pas producing a track cuz suara tiba2 gak muncul ini itu, padahal midi notesnya ada. Yg biasa saya lakukan adalah begini basically:

1. Beresin arrangement music (programming drums, synthline, efx, samples dsb)
2. Untuk sound2 yg perlu ada efx permanen, misalnya vocals yg pake delay2, itu boleh dirender destructive kalo memang delay timenya dll gak akan diganti2 lagi
3. Untuk sound2 yg akan diproses, misalnya kick, hh, snare dsb, biasanya saya suka render tanpa eq, comp dsb ( jadi pas mixing wavnya yg diproses). Penting untuk sound2 utama kayak kick dan snare, kalo bisa (menurut saya sich) jgn diproses destructive soalnya pas mixing, apalagi kalo dance music ya, kick dan snare itu yg paling dan harus berwibawah. Setelah element2 laen di buka di arrangement lagu, pasti kick dan snare akan ada gangguan frequency. Contoh: bassline dan kick. Misalnya si kick berwibawah diantara 0-180hz. Tiba2 si bass ternyata juga berwibawah di situ. Nah...thats when you have frequency battle deh. Di sinilah mungkin kegunaan rendered ato gak soalnya kalo misalnya bass dan kick sudah render permanen, dua sounds itu mungkin dah oke kerjasamanya, tapi mungkin akan brantem sama yg laen2nya.

Well, hopefully tipsnya bisa membantu. Happy producing!

nice topic nih Hes!! *bgs*
thanks jg om Random & om Sumantri ;)

klo experiment gw simpel sih..
untuk rapihin arrangement nya, gw cari sound & freq yg cocok, klo kurang or kelebihan di tweak ny pk EQ, Comp dll..

dan buat final mix, di mixer gw cman di sisain beberapa EQ.

mastering cm final touch, yg berpengaruh besar nya pas final mix.
krna emank kualitas sampler skrg kbanyakan uda ga usa di apa2in lg.

Cheers.
Visit : @djrangel

"It's not about what you use, it's how you use it.

Quote from: opera_zime on 04/01/10, 07:23
ijin menyimak...sambil mengais ilmu dari para master disini...

( brarti cara gw termasuk cara bego ya ??? ) :)

gw ikt nyimak jg dh....
gw jg slma ini slh yah trnyta.. haha  ;D

Quote from: erickA on 31/01/10, 20:28
Quote from: opera_zime on 04/01/10, 07:23
ijin menyimak...sambil mengais ilmu dari para master disini...

( brarti cara gw termasuk cara bego ya ??? ) :)

gw ikt nyimak jg dh....
gw jg slma ini slh yah trnyta.. haha  ;D

Waduh jgn salah paham sob, maksud gw there's an easy way, and there's a hard way.. You choose.. gituu