Loader
Menu

Show posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.

Show posts Menu

Messages - mahesautara

#76
Quote from: egha on 21/01/10, 01:37
mantap abis ini . . !! keren bgt studionya om sumantri  *bgs*

dangerous summing sama pre joemeek itu lho yg ga tahan . .  *piss*

Jgn lupa CREDITSny.. Banyak gilaaaa
#77
Jakarta Events / Re: BEATFEST
20/01/10, 01:06
Quote from: dedoSixteen on 19/01/10, 22:13
menemukan sedikit jawaban apa bedanya 2manydjs and Soulwax..intinya event besok should not be missed lads..setnya diplo and 2manydjs bakalan gokil..td mas anton juga bilang bakal banyak surprise..ketemu disana yah besok..

C u tommorow! :)
#79
Kenapa harus buat wadah2 lagi? Ravelex udh ok bgt kok, kan wadahnya disini udah ada, di bagian Producer.. Yang tinggal dibenahin itu harusnya ada moderator yg bener2 kuat (Kayak dulu marcel di bagian ableton) dan "MAU" ngebimbing dan "KONSISTEN" monitor terus perkembangan forum dan anak2nya..

Buat topic yang bener2 bermutu, ga melulu soal promosiin releasan diri sendiri, tp ad tips2 or bahas trend musik luar tuh arahnya kemana, dll (memang ada tp blm rame bgt)..

Mulai berani kritik dan dikritik, kalo tiap posting lagu dan jawabannya cm "izin sedot", ato "sip2" dll. kapan kita bs maju?

1 lagi, Lucu aja sih menurut gw, kalo mau maju bareng2 tapi mau join aja mesti bayar..
#80
EDM is merely a medium for me.. A tool to express ourself, just like any other form of art.. What makes EDM special is ourself.. Jadi gw yakin yg angger maksud itu, sombong = statement.. Make your statement with your music.. Cuma salah paham istilah aja.. :)
#81
Jadi kesimpulannya gausa render dulu ya.. :) Thx semuanya! Soal ngejar punch lwat eq, compressor dll.. Mungkin buka topic baru aja..
#82
Quote from: djrandom on 04/01/10, 20:04
Quote from: mahesautara on 04/01/10, 19:46
Stuju bgt, tp masalahnya gw compressnya (setau gw ya) justru settingan untuk nambah punch kok dan gw jg ngasi seperlunya, ga di semua elemen (slow attack about > 25 ms , fast release 1ms, dan bukan untuk ngeratain dinamik, fast attack, med - long release).. Trus tresholdnya jg diset supaya ngompressnya minimal bgt (paling gede 1 or 2 db).. dan emang ga semua gw compress, eq pun seperlunya (misalnya hi pass aja)..

Kemungkinan bsar emang mungkin gw tanpa sadar over process kyknya, mungkin pas di mastering, soalnya mixing gw light2 aja.. Coba gw cek lg dulu.. :) masukan berarti bgt buat gw..

Tp gw ga setuju kalo kompressor gunanya cuma untuk ngeratain dinamik aja..


Balik lagi, lu compress sbg syarat aja ato memang perlu? Inget bahwa kita ga wajib untuk compress semuanya. Kadang kalo kebetulan samplenya semua udah pas bahkan no compressor is needed.

Justru EQ itu yang paling penting dan sebisa mungkjin untuk cutting frequency aja, bukan boosting (tp bukan berarti ga boleh krn kadang justru memang kita malah ngejar coloring dari boosting certain frequency, tapi ini topik lain lagi)


MMm.. sbnernya pasti gw denger lg perlu dicompress ato ga.. kyk belakangan, gw br dapet sample thomas penton, itu punchny gila2an.. Dan ga perlu gw compress.. tp berhubung gw dulu pake sample vengeance electro smua, qualitynya emang agak kurang, jadi compress dulu itu udh prosedur standar gw (jadi kebiasaan.. hehehehe)

But, great point you have there.. Gw blm pernah nyoba juga sih, ngejar punch pake eq, I'll try that! :)
#83
Oh iya.. Gw emang penganut aliran destruktif sbenerny.. Tp soal compress emang gw agak hati2, tapi kalo perlu gw bisa compress sampe parah bgt.. Pola gw tiap mixing selalu 'ancurin' dulu sampe gw dpt yg gw mau (misal compress sampe punchnya dapet bgt, or extrim eq) baru di'bangun' lg.. (misalnya kalo vokal, gw bisa tega bgt kasi deesser spy bs di eq mid hi sm hi gila2an, supaya suaranya di depan bgt)

Ini yg salah x ya? hehehehe..
#84
Quote from: djrandom on 04/01/10, 12:32
sebenernya masalah utama dari kebanyakan producer disini itu over processing. Gw menyadari belakangan ini kenapa lagu2 gw banyak yang lack punch n clarity. ternyata usut punya usut masalah ada di over processing. Memang kebanyakan kita selalu berpedoman bahwa sample itu mentah dan mesti kita process supaya jadi dan ga sekedar comot sana sini.

contoh, banyak diantara kita yang merasa bahwa supaya sample itu lebih punchy dan keras kita harus compress. padahal fungsi compressor yang sebenernya adalah untuk meratakan dynamic dari sebuah audio. artinya yang keras di turunin ke thrshold yang sudah kita tetapkan yang kecil dinaikkan. Jadi sebenernya compressor justru membuat audio lebih kecil secara keseluruhan. Memang pada prakteknya kalo kita di logic punya satu drum loop yg sebelum di compress level sudah ok kemudian kita compress jadi clipping, otomatis reaksi pertama kita adalah menurunkan fader dari track tsb.  Kalo kita turunkan supaya ga clip, track tsb sekarang justru ga punchy lagi karena dynamic dari loop itu udah dihilangkan. kasarnya sekarang si hihats dan dkick dan snare sama kerasnya, jadi si kick udah ga didepan lagi. Biasanya reaksi kita berikutnya adalah kita coba eq dengan misal boost di 80hz supaya kicknya lebih punch. Nah, sedikit tentang EQ, setiap kali kita boost eq, kita memberi sedikit warna baru (distorsi) ke audio tsb. Kalo kita tidak hati hati, kita justru membuat audio tersebut jadi muddy. Berarti sekarang kita sudah kehilangan punch dan clarity.

Nah, kasus diatas sebetulnya bisa diatasi dengan mudah yaitu dengan drag sample asli dan kalau mau process, cukup di beri substractive (pengurangan) EQ.

JAdi balik ke diskusi awal mengenai render sebelum mixing, menurut gw sih ga perlu. Kuncinya adalah justru jangan over process everything. Sample, terutama kalo dari CD sample itu udah jadi dan biasanya udah di process jadi kalo kita process lagi ya malah berantakan.

BTW ini berdasarkan pengalaman karena gw ga pernah sekolah audio engineering. Tapi temen2 gw yang sekolah kalo gw liat justru efectnya sangat minimal di track2 mereka. Intinya sih in msic production itu menurut gw "Less is More". Semoga ini sedikit membantu.


Stuju bgt, tp masalahnya gw compressnya (setau gw ya) justru settingan untuk nambah punch kok dan gw jg ngasi seperlunya, ga di semua elemen (slow attack about > 25 ms , fast release 1ms, dan bukan untuk ngeratain dinamik, fast attack, med - long release).. Trus tresholdnya jg diset supaya ngompressnya minimal bgt (paling gede 1 or 2 db).. dan emang ga semua gw compress, eq pun seperlunya (misalnya hi pass aja)..

Kemungkinan bsar emang mungkin gw tanpa sadar over process kyknya, mungkin pas di mastering, soalnya mixing gw light2 aja.. Coba gw cek lg dulu.. :) masukan berarti bgt buat gw..

Tp gw ga setuju kalo kompressor gunanya cuma untuk ngeratain dinamik aja..

@ opera zime, hahahaha.. no offense ya bro.. maksud gw ga ngatain kok.. Tp emang battery dll. ternyata bs buat kita lebih kreatif (krn gonta ganti sample dll jd gampang bgt) :) You should try it!
#85
Quote from: sense on 03/01/10, 22:33
Bikin loopnya di Nuendo, gabungin 22nya di FL. Tp emang, sample yg didrag volumenya lebih gede daripada battery, jadi gw turunin sampe headroomnya sama.

Outputnya beneran sama gak sih? Gw soalnya cuma dengerin pake speaker seadanya

Iya beneran sama.. hahahaha aneh.. Udh coba di lagu yg udh jadi? Buat output battery jadi tembus itu susah amat ya.. Kalo drag sample, ga perlu EQ ekstrim, compress biasa2 aja juga udah tembus..
#86
Quote from: sense on 03/01/10, 10:21
Ikutan nyobain, tapi hasilnya (kualitasnya) perasaan gw gak beda :-X
Ini samplenya, selang-seling tiap 4 bar, Battery 2 & Wav  :)
http://www.sendspace.com/file/uk931q


Pake DAW ap bro?
#87
Gw br nyoba brusan.. drum dr battery gw render dan hasilnya = sama aja.. Masih menang wav filenya gw drag langsung.. Kick dgn output sama tau2 lbh tembus yg wav drpd hasil render.. Weirdd.. Apa vst drum blm ada yg perfect ya?

Kesimpulan gw sementara, output sample lewat vst, kualitasnya turun.. Hmmm hmmmm...
#88
Gw baca2 old topic, adagio ngomong gini (sayang udh dilock, topicnya "mastering)

"wah thx.. ternyata si oom yang jawab...

satu lagi pertanyaan.. mang bener yah katanya hasil EQing itu beda antara klo formatnya masi mentah ( midi + vst instrument / rewire ) sama klo dah dirender jadi WAVEform?

klo iya kenapa tuh? kan spectrum sama sama ngebaca output suara bukan gambarnya??
apa jangan2 mang sequencer bajakan gw aja yang ndablek??? hehe....

nabung deh buat logic...."

Kalo lo gmana? apa lo render dulu? Ini pengalaman gw juga sih, lagu2 lama gw (masih pake sistem bego, sample didrag masuk ke project, jd gw bner2 kerja pake wav smua, kecuali soft synthnya, masih midi aja) kok abis gw denger, drumsnya clarity ny lbh bagus, punch lbh ada, dll.. jauh bgt dh sm lagu2 gw yg trakhir..

How come? ad yg bisa jelasin? Ato vst gw yg ga gtu bgus (kyknya ga mungkin dh) gw pake battery 3 buat drums..
#89
AWW AWW.. Thx fo! :P ktemu dong, gw mau lunasin janji, ngasi pdf dll..
#90
Quote from: iaz_holic on 24/12/09, 02:41
2009...banyak hal" yg indah,nyenengin,sedih di penghujung taun dengan cobaan" dr allah...tapi tetep jalan lurus buat maju dan ga kenal lelah ( cieee....priwiitt...)

resolution 2010 = bokap gw bisa sembuh dr cancernya...amien...skripsi dan sidang serta lulus kuliah di umur 21th...amienn...buat karir step up terusss gag ada step down hhee...amienn...semua hal di hidup gw deh step up hhiii....

buat semua member rvlx di doain di tahun yg baru moga" sukses dunia sama akhirat...amiennn..

Amin yaz, trutama buat bokap lo..
#92
Quote from: NEUROLAB on 23/12/09, 07:05
@mahasautara

by the way gw ga bilang gw mo mroduksi musik dengan sample kendang duts....gw cuma tertariknya ama sample alat musik perkusi traditional dr suku pedalamen dayax terutama yg di pukul pake stick bukan yg ditabuh ...

cheers :D



Read carefully dude, gw bilang sample kendang dangdut aj banyak, means sample yg lain jg berarti ada.

Quote from: NEUROLAB on 23/12/09, 07:05
itu jg kalo lu ngerti bedanya suara alat musik yg dipukul pake stick dan yg ditabuh pake telapak tangan..

Gw SANGAT ngerti bedanya perkusi yg dipukul pake stik dan ditabuh pake telapak tangan krn aslinya gw perkusionis dn drummer for the past 9 years.

Baca pelan2 sblm posting bro.
#93
Quote from: NEUROLAB on 23/12/09, 00:14
@djnard:

owh gt yah....

tp gw sendiri jujur aja ga bgtu ngikutin sih scenes yg ber genre itu...apalagi club yg lu sebutin itu jg gw baru tau....

kalo secara alternatif sih musik traditional di indonesia yg full percusion gt sempet menarik perhatian gw jg cuma ya kendala teknis emang rada susah nyari sample sound nyah untuk direproduksi....beruntung banget kali kalo punya rejeki bisa beli tiket psawat trus nginep di pemukiman suku irian/dayak kalimantan trs lg ada ritual musik disana dan bisa nyampling/ngrecord musik perkusina hehe:D









Believe me, just google it.. Sample kendang dangdut aja banyak.. hehehe :)
#94
Hahahahaha.. Udah gw coba masukin, ga cocokk.. gausa pake vocal dh.. :) thx a lot sobb!!
#95
Thanks a lot sobbb!!! :) gw cek dulu ya..
#96
HAMPIRRR selesai, lg nyari south park, episod yg ad kalimat "You stupid ginger".. ad yg tau?

http://soundcloud.com/mahesautara/ginger-original-mix
#97
1 jam 30 lagu?? That's sick!
#99
LInknya udh di post ya.. kali aja ada yg ga liat.. eheheehe :)